Sunday, 16 June 2019
4,2 Juta Pergerakan Penumpang Selama Lebaran di AP 2

Jakarta – Jumlah penumpang pesawat selama angkutan lebaran 2019 (H-7 hingga H+7) di 16 bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II (Persero) mencapai 4,23 juta orang.

Dari jumlah tersebut, penumpang di rute domestik tercatat 3,39 juta orang dan di rute internasional mencapai 845.957 orang.   

Apabila diambil rata-rata maka jumlah penumpang per hari mencapai sekitar 265.000 orang per hari, di mana jumlah ini naik sekitar 10-20% dibandingkan dengan jumlah penumpang harian sebelum angkutan lebaran di tahun ini. 

Adapun pergerakan pesawat selama angkutan lebaran mencapai 32.056 pergerakan, terdiri dari 26.274 di rute domestik dan 5.782 rute internasional. 

President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan jumlah penumpang pesawat terus mengalami kenaikan sejak awal tahun hingga angkutan lebaran ini. 

“Jumlah penumpang tengah dalam tren naik, hingga pada angkutan lebaran ini mencapai sekitar 265.000 orang per hari. Dari angka tersebut, jumlah penumpang internasional juga cukup menggembirakan yakni mencapai 50.000 orang per hari.”

“Cukup tingginya jumlah penumpang di rute internasional merupakan dampak dari upaya kami mengoptimalkan kinerja bandara. Salah satu upaya untuk meningkatkan volume penerbangan internasional seperti misal dioperasikannya Terminal 2F Bandara Soekarno-Hatta sebagai international low-cost carrier terminal,” ujar Muhammad Awaluddin. 

Adapun selama angkutan lebaran ini jumlah penumpang internasional di Soekarno-Hatta mencapai 648.742, atau sekitar 76% dari total penumpang internasional saat angkutan lebaran.

AP II memang memproyeksikan Soekarno-Hatta sebagai hub penerbangan internasional supaya sektor penerbangan dapat optimal mendorong pertumbuhan perekonomian dan pariwisata. 

“Fokus kami adalah menjadikan Soekarno-Hatta sebagai hub internasional. Penumpang rute internasional begitu mendarat di Soekarno-Hatta kemudian memiliki berbagai pilihan penerbangan untuk menjangkau kota-kota lain di Indonesia,” jelas Muhammad Awaluddin. 

“Begitu juga sebaliknya, kami ingin  Soekarno-Hatta bisa terkoneksi  lebih banyak lagi dengan kota-kota di dunia. Target kami adalah penumpang dari Soekarno-Hatta memiliki beragam pilihan tujuan di dunia ini.”

Di samping Soekarno-Hatta, AP II juga dalam proses menjadikan Bandara Internasional Kualanamu di Deli Serdang, Sumatera Utara, sebagai hub internasional kedua atau secondary hub. 

Letak Kualanamu sangat strategis dan berdekatan dengan Bandara Changi di Singapura, sehingga sangat memungkinkan untuk menjadi hub di Asia Tenggara.

“Fokus pengembangan Soekarno-Hatta menjadi hub internasional dan Kualanamu sebagai secondary hub merupakan upaya AP II meningkatkan konektivitas penerbangan di Indonesia guna mengakselerasi pertumbuhan ekonomi dan tentunya pariwisata,” ujar Muhammad Awaluddin. 

Author: DPar
GO Ina

Dari survey tentang penggunaan dompet digital yang dilakukan terhadap 757 orang responden di keempat kota tersebut, jumlah pengguna dompet digital terbesar terdapat di Bandung (69,4%), diikuti Jakarta (65,996), Yogyakarta (63,8%), dan Surabaya (37,5%). Sementara dari 1.046 orang responden, jumlah pengguna layanan e-commerce terbesar ada di Bandung (85,9%), diikuti Jakarta (82,8%), Yogyakarta (81.3%), dan Surabaya (76,9%). 

Details
October 15, 2019

Bandar Udara Letung memiliki panjang landas pacu dengan dimensi 1400 x 30 meter, apron 70 x 125 meter dan taxiway 15 x 125 meter, sehingga mampu melayani pesawat sejenis ATR 72. Operasional penerbangan dilaksanakan oleh maskapai Wings Air dengan pesawat berjenis ATR 72 500/600 dengan rute Batam-Letung PP seminggu empat kali dan Tanjung Pinang-Letung PP seminggu sekali.

Details
October 15, 2019

VP Corporate Secretary Garuda Indonesia M. Ikhsan Rosan menyatakan bahwa "Garuda Indonesia telah melakukan pemeriksaan terhadap beberapa pesawat yang memiliki 30.000 siklus terbang (flight cycle). Adapun, mayoritas pesawat Boeing Seri NG yang dioperasikan Garuda Indonesia masih tergolong baru, sehingga banyak yang belum mencapai angka flight cycle tersebut. 

Details
October 15, 2019

"Kepulauan Anambas merupakan destinasi wisata yang sangat indah, dengan adanya Bandara Letung dapat menunjang potensi-potensi tersebut dengan mendatangkan banyak turis asing maupun lokal" ucap Menhub Budi Karya.

Details
October 15, 2019

GENERAL NEWS