Breaking News:
Saturday, 1 June 2019
Masih Bisa Kami Tangani Kiriman Melalui Pos Indonesia

JAKARTA - Pada saat peak season Lebaran Pos Indonesia, masyarakat meramaikannya dengan mengirimkan hadiah, uang dan kartu ucapan selamat Lebaran bagi keluarga dan kerabat lainnya. Pada momen ini, Pos Indonesia turut kebanjiran menangani kiriman-kiriman tersebut. 

"Peningkatan terjadi sejak awal Ramadhan dan hingga kini volumenya masih terus bertambah di Kantor Pos seluruh Indonesia. Dari segi produksi peningkatannya cukup signifikan. Berdasarkan tren Lebaran tahun 2018 dibandingkan bulan Mei tahun 2019, produksi mengalami pertumbuhan sebesar 66,30%. Sedangkan berdasarkan tren produksi bulan Maret, April dan Mei 2019, terdapat pertumbuhan produksi kiriman ritel sebesar 22,40%," ujar VP Pengembangan Bisnis Kurir dan Logistik PT Pos Indonesia (Persero) Djoko Suhartanto dalam keterangan tertulis, Jumat (31/5/2019). Selain itu terdapat peningkatan berat kiriman sebanyak 2.713 Kg dari bulan lalu yang sebesar 10.581 kg.

Kontribusi daerah terhadap peningkatan kiriman Pos berdasarkan peringkat terbesar berasal dari Regional 5 Jawa Barat dan Banten, Regional 7 Jawa Timur dan Regional 6 Jawa Tengah. Kenaikan jumlah produksi ini menurutnya tidak lepas dari meningkatnya volume kiriman e-commerce akibat banyaknya pesanan/transaksi. Di Regional 5 Jawa Barat, Kantor Pos Depok, Bandung, dan Sawangan merupakan kantor pos yang melayani transaksi e-commerce terbanyak.

Layanan Pos Indonesia yang digunakan masyarakat meliputi hampir semua jenis layanan, baik untuk pengiriman barang maupun jasa keuangan. Mendekati lebaran diprediksikan jumlah pengiriman akan terus mengalami peningkatan terutama pengiriman paket dan wesel, baik wesel dalam negeri maupun luar negeri.

Melihat kecenderungan masyarakat untuk bertransaksi yang terus meningkat maka untuk memberikan layanan terbaik kepada masyarakat pengguna jasa Pos Indonesia, manajemen mengeluarkan kebijakan untuk tetap membuka layanan di Kantor Pos hingga H-1 menjelang lebaran. Demikian pula dengan menambah titik-titik collecting yang dapat membantu mempermudah masyarakat dalam melakukan pengiriman melalui Pos, misalnya layanan oleh tim Orangers, agen pos, transaksi lewat android seperti PosGiro Mobile.

Pos Indonesia, tegas Djoko, berkomitmen memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dengan meningkatkan kualitas operasional dan terus mengawal pengantaran kiriman agar sesuai standar waktu pada setiap layanan," tegasnya.

Seiring dengan terus meningkatnya volume kiriman di setiap Kantor Pos, manajemen mengucapkan terimakasih atas kepercayaan masyarakat yang telah menggunakan jasa Pos Indonesia. Pos Indonesia bertekad untuk senantiasa memberikan layanan terbaik kepada masyarakat walaupun pada saat peak season," tandasnya. 

Melalui jaringan lebih dari 4.800 kantor pos (sebanyak 73% di antaranya berada di daerah termasuk rural/remote area), infrastruktur dan sumber daya manusia yang tersebar, Djoko berharap Pos Indonesia tetap menjadi pilhan utama pemudik untuk mengirimkan barang-barangnya. Djoko juga mengimbau para pemudik mengirimkan paket dan kiriman lainnya melalui Pos. "Kami berharap agar mudik Anda bebas repot dan silaturahmi menjadi semakin berarti," pungkasnya.

Author: DPar
GO Ina

Program yang diberi nama Dapur TIKI ini akan tayang setiap Kamis selama Bulan Ramadhan di Youtube Channel TIKI ID.

Details
March 25, 2024

TIKI memprediksi akan terjadi pertumbuhan volume kiriman antara 20-25 persen di Bulan Ramadhan 2024

Details
March 14, 2024

Melalui kerjasama sebagai pendukung logistik BBW tahun ini, diharapkan dapat menjadi solusi bagi para pecinta buku di Indonesia

Details
March 1, 2024

IAS memastikan seluruh logistik tiba dengan aman, menyambut tim dan para peserta dengan keramahtamahan khas Indonesia, hingga kebersihan area balap

Details
February 29, 2024

GENERAL NEWS