Monday, 15 April 2019
Operasional Wings Air Penerbangan Rute Ternate – Morotai – Ternate

TERNATE, 15 April 2019 - Wings Air (kode penerbangan IW) member of Lion Air Group memberikan keterangan terbaru bahwa penerbangan yang melayani rute Bandar Udara Sultan Babullah, Ternate, Maluku Utara (TTE) ke Bandar Udara Leo Wattimena, Morotai, Maluku Utara (OTI) nomor IW-1172 dan Morotai ke Ternate bernomor IW-1171 mengalami pembatalan (cancel flight)

Keputusan tersebut dalam upaya memastikan keselamatan dan keamanan (safety first). Penutupan bandar udara untuk penerbangan sipil adalah dampak erupsi dan aktivitas Gunung Dukono (Dukono Volcanic Ash), di Desa Mamuya, Kecamatan Galela, Halmahera Utara bagian Utara, Maluku Utara. Sebagai informasi, material abu vulkanik (volcanic ash) dapat merusak pesawat, sehingga membahayakan penerbangan. 

Menurut pengumuman resmi dari otoritas bandar udara (notam) nomor C3210/19, operasional Bandar Udara Leo Wattimena ditutup mulai 15 April 2019 pukul 09.50 WIT hingga 11.00 WIT pada 16 April 2019. 

Wings Air sudah menginformasikan kepada seluruh pelanggan yang terganggu perjalanannya dan akan memperbarui sesuai perkembangan terkini.  

Sehubungan pembatalan penerbangan hari ini, Wings Air memberikan solusi kepada seluruh pelanggan yang terkena dampak, antara lain penjadwalan ulang keberangkatan di hari berikutnya (reschedule) dan melakukan pengembalian dana (refund) sesuai aturan yang berlaku. 

Wings Air selalu mengedepankan aspek safety sehingga dampak yang kemungkinan timbul dari kondisi tersebut dapat diminimalisir dan diantisipasi lebih awal (sedini mungkin).

Wings Air bekerja sama dan berkoordinasi dengan otoritas penerbangan, pengelola bandar udara dan pengatur lalu lintas udara setempat. Operasional Wings Air akan menyesuaikan keputusan otoritas bandar udara dan airport dinyatakan aman (safe for flight)

Kondisi terganggunya operasional dari akibat gunung meletus termasuk force majeure yaitu keadaan yang terjadi di luar kemampuan sumber daya manusia dan perusahaan.

Author: Eko Nugroho
GO Ina

Klarifikasi Lion Air terkait keterlambatan keberangkatan dikarenakan ada penanganan salah satu penumpang laki-laki berinisal MT (50 tahun) pada penerbangan JT-303 yang menyampaikan ada bom di dalam tas yang dibawa. Situasi ini terjadi saat MT masuk ke kabin pesawat, setelah salah satu awak kabin mengajukan pertanyaan dua kali tentang barang bawaan. Pertanyaan ini merupakan standar security question berdasarkan hasil pengamatan atau profiling.

Details
April 20, 2019

Terdapat empat penerbangan domestik Lion Air, tiga penerbangan internasional Lion Air, satu penerbangan 
domestik Wings Air, empat penerbangan domestik Batik Air, dua penerbangan internasional Malindo Air, 
satu penerbangan internasional Thai Lion Air 

Details
April 20, 2019

Stevie Award sendiri diakui sebagai penghargaan bisnis tertinggi di dunia. Pertama kali digelar pada 2002, Stevie Award kini menjadi salah satu hadiah paling didambakan di dunia. 

Details
April 20, 2019

"Simulasi ini untuk memastikan aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan menjelang dioperasikannya Bandara Internasional Yogyakarta. Hal ini mengingat tingginya trafik penerbangan di sekitar Yogyakarta dan Jawa Tengah,” kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi.

Details
April 20, 2019

GENERAL NEWS