Breaking News:
Saturday, 8 June 2019
TERMINAL BARU BANDARA SYAMSUDIN NOOR DITARGETKAN BEROPERASI OKTOBER 2019

Banjarmasin 8/6/2019– Proyek pengembangan Bandar Udara Syamsudin Noor yang berlokasi di Landasan Ulin, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, ditargetkan beroperasi pada awal Oktober tahun ini. Terminal baru ini, diharapkan mampu memberikan pelayanan optimal bagi calon pengguna jasa angkutan udara. Demikian disampaikan Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana B Pramesti saat melakukan peninjauan pembangunan proyek pengembangan bandara, Jumat (7/6).

Dalam peninjauannya, Polana yang didampingi General Manager PT Angkasa Pura I, MMA Indah Preastuty, General Manager AirNav Indonesia cabang Banjarmasin, Anton Khrisna, menilai, kehadiran terminal baru dapat menigkatkan kapasitas daya tampung sehingga dapat mengimbangi lonjakan penumpang dari dan ke Banjarmasin.

Jika proyek pengembangan bandara ini selesai, untuk sisi darat  data tampung di terminal yang sebelumnya 1,5 juta penumpang menjadi sebanyak 7 juta penumpang. Sementara untuk sisi udara, perluasan apron menambah kapasistas parkir pesawat (parking stand) yang semula 16 menjadi 25 unit pesawat. 

“Diharapkan, dengan penambahan kapasitas ini, pelayanan bandar udara akan menjadi lebih baik lagi. Sebab di Bandara Syamsudin Noor merupakan embarkasi haji, selain itu, dalam peningkatan kapasitas nantinya banyak penumpang umroh terlayani,” jelas Polana. 

Terkait, laporan yang diberikan PT Angkasa Pura I tentang akses jalan, menurut Polana, jika terminal baru bandara selesai dibangun maka jalan akses di Jalan Lingkar Utara, Kota Banjarbaru harus selesai juga. Karena akses jalan masuk bandara merupakan hal penting. 

"Berdasarkan peninjauan, badan jalannya belum sempurna dan masih ada yang belum standar," katanya. Untuk mempercepat penyelesaian akses jalan masuk menuju terminal baru, Polana mengatakan akan mencoba mengkomunikasikan dengan Kementerian PUPR serta Pemrov Kalimantan Selatan. 

General Manager Bandara Syamsudin Noor MMA. Indah Preastuty, terminal baru Bandar Udara Syamsudin Noor akan menjadi bandara kebanggaan masyarakat Kalimantan Selatan pada umumnya dan masyarakat Banjarbaru pada khususnya. 

“Bandara representative ini akan menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Kalimantan Selatan yang  nantinya dapat meningkatkan perkembangan perekonomian. Memang butuh waktu untuk menyelesaikannya, tapi kami bersama Pemrov Kalimantan Selatan  optimis penyeselesaiannya bisa tercapai,” ujarnya. 

Masih di tempat yang sama, Pimpinan Project (Pimpro) proyek pengembangan Bandara Syamsudin Noor, Dadang Dian Hendiana mengatakan, pengembangan pembangunan terminal baru bandara dilakukan sebanyak dua paket. Paket pertama progressnya mencapai 65 persen, hal ini terlihat dari bentuk bangunan yang sudah jadi. Sementara untuk paket kedua mencapai 85 % terdiri dari insfrastruktur, bangunan penunjang, apron dan lain lain. 

“Tinggal finishing, dan akan dikejar hingga Oktober. Ada strategi dan treatment tertentu untuk menyelesaikannya,” kata Dadang. 

Dandang menambahkan, terminal baru memiliki banyak kunggulan dibandingkan terminal lama, selain dari segi daya tampung, berbagai fasilitas juga tersedia. Salah satunya kehadiran PT Angkasa Pura I akan mengimplementasikan pengoperasian Airport Operation Control Center (AOCC) sebagai wadah kaloborasi seluruh pemangku kepentingan di bandara yang terdiri dari berbagai unsur yakni Airport Operator, Airlines Operators, Air Navigation dan Authorities seperti bea cukai, imigrasi, karantina, kepolisian dan lain – lain. 

“AOCC yang ada nantinya sama seperti pengoperasian di Bandar Udara Soekarno – Hatta dan semuanya terintegrasi dengan berbagai stakeholder penerbangan,” katanya. 

Untuk diketahui, terminal baru tahap I Bandar Udara Syamsudin Noor memiliki luas 77.569 m2 dengan kapasitas 7 juta penumpang/tahun. Memiliki sebanyak 52 unit check – in counter, baggage conveyor 3 unit untuk kedatangan penerbangan domestik dan internasional. Bandara direncanakan memiliki 2 lantai. Lantai 1 sebagai area keberangkatan, komersil, airside dan area kedatangan, sedangkan lantai 2 sebagai area kantor sewa, hotel dan bording lounge. 

Author: DPar
GO Ina

Bea Cukai fasilitasi pengiriman 900 paket parasut untuk Air Drop bantuan kemanusiaan yang dilakukan TNI melalui pesawat TNI AU di Gaza, Palestina

Details
April 12, 2024

Monitoring juga memastikan untuk meningkatkan kualitas layanan pendukung yang diberikan kepada penumpang dan pengguna bandara secara keseluruhan.

Details
April 9, 2024

Menjelang buka puasa, anak-anak binaan Yayasan Kumala mengikuti sosialisasi pemilahan sampah yang kemudian dilombakan secara berkelompok

Details
April 5, 2024

TIKI siap menjadi mitra pengiriman yang andal bagi seluruh masyarakat Indonesia yang merayakan Hari Raya Idul Fitri

Details
April 4, 2024

GENERAL NEWS