Monday, 6 May 2019
Water Salute untuk Terbang Perdana Citilink ke YIA

Jakarta, Senin 6 Mei 2019 - Maskapai berbiaya hemat (LCC) Citilink Indonesia melakukan penerbangan komersial perdana ke Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (6/5/2019). Penerbangan QG 132 menggunakan armada Airbus A320 (PK-GQR) dengan 96 penumpang ini berangkat dari Bandara Halim Perdanakusumah (HLP) pada pukul 11.30 WIB dan tiba di YIA pukul 12.15 WIB.

Setiba di YIA, pesawat disambut water salute oleh 2 armada Satuam Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK). Kemudian saat masuk terminal kedatangan, penumpang disambut tarian khas Kulon Progo  yaitu “Tari Angguk Sigrak” yang dipersembahkan oleh PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko.

"Penerbangan komersial perdana Citilink ini merupakan momen bersejarah bagi Angkasa Pura I dan Citilink sebagai maskapai penerbangan Indonesia pertama yang  beroperasi di Bandara Internasional Yogyakarta, Kulon Progo," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi.

“Diharapkan dengan dibukanya penerbangan Citilink Indonesia dari dan menuju YIA ini bisa menjadi rute alternatif bagi masyarakat yang ingin bepergian ke Yogyakarta," imbuh VP Corporate Secretary & CSR Citilink Indonesia Resty Kusandarina.

Penerbangan rute HLP-YIA ini menggantikan salah satu jadwal penerbangan Citilink Indonesia rute Bandara Internasional Halim Perdanakusuma (HLP) menuju Bandara Internasional Adisutjipto (JOG). Penerbangan rute HLP-YIA beroperasi setiap hari menggunakan pesawat Airbus A320 dengan kapasitas angkut sebanyak 180 penumpang.

Penerbangan ini dijadwalkan berangkat setiap hari dari Bandara Internasional Halim Perdanakusuma (HLP) pukul 11.30 WIB dan tiba di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) pukul 12.40 WIB dengan nomor penerbangan QG 132. Sedangkan penerbangan sebaliknya akan berangkat dari YIA pukul 13.10 WIB dan tiba di HLP pukul 14.15 WIB dengan nomor penerbangan QG 133.

Sebelumnya, Citilink telah melakukan proving flight (penerbangan uji coba) ke Bandara Internasional Yogyakarta pada Kamis (2/5/2019).

Resty menambahkan bahwa pembukaan rute baru ini merupakan bentuk komitmen Citilink Indonesia untuk memperluas jaringan penerbangan di Indonesia dan sebagai upaya untuk turut serta mendukung program pemerintah dalam memperluas akses konektivitas antar kota di Indonesia.

"Angkasa Pura I berharap dengan dibukanya Bandara Internasional Yogyakarta ini dapat meningkatkan konektivitas ke Yogyakarta dan Jawa Tengah, yang pada akhirnya dapat mengembangkan perekonomian Jawa bagian selatan dan sekitarnya. Kami mempersembahkan bandara ini bagi masyarakat untuk mendapatkan kenyamanan dalam melakukan perjalanan udara dari dan menuju Yogyakarta dan Jawa Tengah bagian selatan," tambah Faik Fahmi. 

Shuttle Gratis dari dan Menuju YIA 6-12 Mei 2019

Untuk mendukung aksesibilitas dari dan menuju YIA pada fase penerbangan komersial perdana ini, calon penumpang pesawat yang akan melalui YIA diberikan fasilitas shuttle bus gratis Damri dan Satelqu di beberapa titik pemberangkatan mulai 6 hingga 12 Mei 2019.

Adapun layanan shuttle bus Damri melayani rute pulang-pergi YIA menuju Bandara Adisutjipto, Wojo, Purworejo, dan Magelang. Sedangkan Satelqu melayani rute pulang-pergi YIA menuju Bandara Adisutjipto, Cilacap, Purwokerto.

Author: Eko Nugroho
GO Ina

Outlet ini adalah salah satu transpormasi bisnis APLog untuk menjangkau lebih luas masyarakat yang ingin kirim barang dengan penerbangan domestik atau internasional.

Details
September 17, 2019

“ Peringatan Harhubnas dimaknai sebagai momentum untuk merenungkan kembali terhadap kinerja kita, dan berbagai peristiwa yang terjadi di sektor Perhubungan serta menyatukan persepsi dan tekad kita untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat."ujar Menhub Budi.

Details
September 17, 2019

Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan raih sertifikasi manajemen ISO 9001 : 2015 yang diberikan oleh Badan Sertifikasi TÜV NORD Indonesia  dan diserahkan pada hari Selasa (17/9) di kantor Badan Litbang Perhubungan. 

Details
September 17, 2019

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan terus memantau dan berkoordinasi intens dengan sejumlah pihak terkait sebaran  asap yang berasal dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia. Akibat dari kondisi ini, beberapa layanan bandara ditutup dan maskapai mengalami penundaan bahkan dibatalkan. 

Details
September 17, 2019

GENERAL NEWS