Breaking News:
Thursday, 12 March 2020
Ajang iCIO Award 2020, Dirut BGR Logistics Raih The Most Inspiring CEO

(kiri) M. Kuncoro Wibowo, mendapatkan penghargaan sebagai "The Most Inspiring CEO" di ajang iCIO Award 2020 di Jakarta (dok.bgr)


Ajang iCIO Award 2020 yang diprakarsai oleh iCIO Community pada Rabu (11/03), memberikan penghargaan kepada Direktur Utama BGR Logistics, M. Kuncoro Wibowo, sebagai The Most Inspiring CEO.

Penghargaan diterima berdasarkan atas sejumlah inovasi dan transformasi yang dilakukan selama memimpin Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak sebagai penyedia jasa logistik tersebut.

iCIO Community adalah perkumpulan Chief Information Officer dan eksekutif dibidang teknologi IT dari perusahaan dan organisasi di Indonesia.

M. Kuncoro Wibowo, menyatakan bahwa, penghargaan yang diterima dalam ajang iCIO Award tersebut, merupakan pengakuan stakeholder atas transformasi digital yang dilakukan BGR Logistics. Selain itu, capaian tersebut, juga merupakan usaha bersama seluruh karyawan BGR Logistics untuk menghadapi era digital.

Lebih lanjut, Kuncoro menjelaskan bahwa persaingan bisnis logistik yang sangat ketat, membuat perlu dilakukannya diferensiasi layanan yang diberikan kepada pelanggan. Untuk itu, BGR Logistics memposisikan diri sebagai Digital Logistics Company, seiring dengan inovasi digital yang dilakukan untuk memperkuat bisnis.

Inovasi digital tersebut antara lain dengan telah dimilikinya sistem pergudangan yang disebut dengan Warehouse Integrated Application (WINA) dan sistem armada, Fleet Integrated and Order Monitoring Application (FIONA).

Lanjutnya, Dirut BGR Logistics itu mengungkapan bahwa dirinya juga melihat peluang bisnis logistik yang menyentuh pangsa pasar retail. Bisnis logistik tersebut dibangun dengan sebuah platform aplikasi yang dinamakan BGR Access, dimana aplikasi tersebut membantu masyarakat dalam hal membuang barang bekas elektronik yang sudah rusak maupun yang sudah tidak digunakan.

“Aplikasi ini juga tengah dikembangkan untuk layanan pembuangan minyak goreng bekas dan oli bekas. Proses logistik yang terjadi kita menyebutnya sebagai reverse logistics,” terang Kuncoro.

Selain itu, platform BGR Access ini juga akan dikembangkan untuk membantu pemerintah dalam proses logistik dalam hal kedaulatan pangan. Kolaborasi dengan stakeholder terkait dan BUMN di cluster pangan juga tengah dijajaki.

iCIO Awards merupakan ajang penghargaan kepada para IT leaders yang sukses mendorong dan mengeksekusi inisiatif transformasi bisnis melalui pemanfaatan IT secara lebih optimal dan telah terbukti mampu menghadirkan value terhadap kinerja bisnis.

Para pemenang dipilih oleh Dewan Juri yang merupakan para ahli dibidangnya, untuk mengevaluasi inisiatif strategisnya ini yang mencakup tantangan, kompleksitas, inovasi, dan dampaknya pada bisnis.


Author: Martin Jop
GO Ina

Bea Cukai fasilitasi pengiriman 900 paket parasut untuk Air Drop bantuan kemanusiaan yang dilakukan TNI melalui pesawat TNI AU di Gaza, Palestina

Details
April 12, 2024

Monitoring juga memastikan untuk meningkatkan kualitas layanan pendukung yang diberikan kepada penumpang dan pengguna bandara secara keseluruhan.

Details
April 9, 2024

Menjelang buka puasa, anak-anak binaan Yayasan Kumala mengikuti sosialisasi pemilahan sampah yang kemudian dilombakan secara berkelompok

Details
April 5, 2024

TIKI siap menjadi mitra pengiriman yang andal bagi seluruh masyarakat Indonesia yang merayakan Hari Raya Idul Fitri

Details
April 4, 2024

GENERAL NEWS