Breaking News:
Friday, 14 February 2014
Garuda Hentikan Pengangkutan Produk Ikan Hiu
Sebagai wujud kepedulian dan komitmen untuk terus menjaga kelestarian alam dan lingkungan, Garuda Indonesia menghentikan pengiriman dan pengangkutan sirip ikan hiu serta produk hiu lainnya melalui jasa angkutan kargo. Kebijakan "Embargo On Shipment All Kind Shark Fin" tersebut mulai berlaku efektif sejak 8 Oktober 2013. Dengan diberlakukannya kebijakan tersebut, Garuda Indonesia bergabung dengan sejumlah maskapai penerbangan yang telah lebih dahulu menjalankan komitmen serupa. Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar mengatakan, penghentian pengiriman dan pengangkutan produk hiu tersebut dilaksanakan sebagai bentuk komitmen Garuda Indonesia terhadap kelestarian alam dan lingkungan, terutama untuk melindungi satwa langka dan menjaga keanekaragaman hayati. "Kebijakan ini merupakan wujud dari komitmen Garuda Indonesia untuk mendukung kampanye anti perdagangan hiu '#SOSharks' yang diinisiasi oleh WWF-Indonesia. Melalui kebijakan tersebut, Garuda Indonesia berupaya untuk berkontribusi dalam pengurangan perdagangan sirip ikan hiu di pasar global", katanya. Selain menghentikan pengiriman dan pengangkutan produk-produk hiu, dukungan terhadap kampanye anti perdagangan hiu diberikan dengan terpilihnya Emirsyah Satar sebagai Ambassador/Duta Kampanye '#SOSharks', bersama-sama dengan berbagai tokoh masyarakat lainnya, antara lain Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama. Penangkapan dan perdagangan hiu telah menjadi permasalahan global mengingat terdapat lebih dari 1 juta ton produk hiu diperdagangkan di dunia setiap tahunnya. Padahal hiu merupakan spesies yang populasinya terancam punah dan lambat bereproduksi. Penangkapan hiu dalam jumlah masif menjadi faktor pendorong melonjaknya jumlah permintaan sirip dan produk-produk hiu di dunia. Upaya Garuda Indonesia untuk terus melestarikan alam dan lingkungan juga dilaksanakan melalui pemberlakuan embargo terhadap pengangkutan satwa mamalia hidup seperti lumba-lumba dan harimau, serta hewan peliharaan (domestic pet) mamalia seperti anjing, kucing, dan lainnya, sebagai bagasi tercatat, kecuali untuk service animal, sejak 2012 lalu. Selain itu, komitmen Garuda Indonesia untuk menjaga kelestarian lingkungan juga diimplementasikan melalui program "One Passenger One Tree" di Taman Nasional Sebangau, Kalimantan Tengah. Garuda Indonesia bekerja sama dengan WWF Indonesia, Departemen Kehutanan, dan Pemerintah Daerah Kalimantan Tengah merehabilitasi hutan gambut yang bernilai ekologis tinggi di Taman Nasional Sebangau, Kalimantan Tengah. Rehabilitasi dilakukan dengan menanam hingga 100.000 pohon pada kawasan seluas 250 hektar.
Author:
GO Ina

Hasil penjualan didonasikan kepada penyandang disabilitas dan juga disumbangkan kepada 10 UMKM yang dimiliki oleh penyandang disabilitas.

Details
April 27, 2024

Bea Cukai fasilitasi pengiriman 900 paket parasut untuk Air Drop bantuan kemanusiaan yang dilakukan TNI melalui pesawat TNI AU di Gaza, Palestina

Details
April 12, 2024

Monitoring juga memastikan untuk meningkatkan kualitas layanan pendukung yang diberikan kepada penumpang dan pengguna bandara secara keseluruhan.

Details
April 9, 2024

Menjelang buka puasa, anak-anak binaan Yayasan Kumala mengikuti sosialisasi pemilahan sampah yang kemudian dilombakan secara berkelompok

Details
April 5, 2024

GENERAL NEWS