Breaking News:
Saturday, 4 November 2017
BIJB dan Mt. Fuji Shizuoka Airport Jajaki Kerjasama, Utamanya Potensi Kargo

Kargo area (seluas 3500 m2), yang berada di sebelah barat terminal penumpang Bandara Mount Fuji Shizuoka


Hal ini terungkap dalam pertemuan antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat, BIJB, dengan Otoritas Mount Fuji Shizuoka Airport (bandara Shizuoka) yang digelar di bandara yang menghadap langsung ke Gunung Fuji, gunung tertinggi dan ikon Jepang tersebut.

Direktur Utama PT BIJB, Virda Dimas Ekaputra mengatakan walaupun jumlah penumpang yang datang dan pergi dari bandara Shizuoka masih terbilang sedikit, dirinya melihat potensi kargo atau angkutan barang dari bandara tersebut layak dipertimbangkan untuk dikerjasamakan dengan BIJB di Majalengka. 

"Kalau dilihat kondisi saat ini, Bandara Shizuoka belum agak besar, untuk potensi direct flight dari BIJB masih agak berat. Artinya BIJB kemungkinan besar yang akan ada adalah penerbangan dengan Bandara Haneda di Tokyo. Kalau sudah diperluas, kemungkinan bisa dengan BIJB," kata Virda.

Bandara Shizuoka rencananya diperluas dari 12.093 meter persegi jadi 17.900 meter persegi. Rute penerbangan yang biasanya satu jam satu penerbangan pun bisa jadi satu jam tiga penerbangan.

"Yang sangat mungkin untuk dikembangkan adalah kargo. Bandara ini bisa kargo sampai 1.200 ton. Itu besar sekali. Sedangkan di Jawa Barat juga banyak industri asal Jepang, yang kalau kegiatan ekspor pasti akan lewat BIJB. Dan Gubernur Shizuoka bilang memang Shizuoka ini gudangnya industri juga," katanya.

Secara lebih luas, katanya, Jepang dapat bekerja sama dengan BIJB untuk pengembangan kawasan aerocity yang memiliki logistic park untuk kargo dan pergudangan. 

Menurut dia, di BIJB juga ada kawasan Aerospace Park, Energy Centre, Business Park, Creative Centre, dan kawasan residensial, yang semuanya ada dalam lahan seluas 3.480 hektare.

Manager Mount Fuji Shizuoka Airport, Kakesawa, mengatakan berharap bisa menyelenggarakan direct flight dari Shizuoka ke BIJB. Dengan demikian, Jawa Barat akan menjadi daerah pertama di Asia Tenggara yang melakukan direct flight ke Shizuoka.

"Bandara ini menjadi istimewa karena dari bandara ini langsung terlihat Gunung Fuji. Menjadi gerbang ke Shizuoka," kata Kakesawa.


Berikut Spesifikasi Fasilitas Kargo dan Bea Cukai Bandara Shizuoka: 

Overview of Cargo Facility 

OwnerMt. Fuji Shizuoka Airport Co., Ltd.
Handling AgentSAS Co., Ltd.
Building StructureLight-weight steel structure + steel membrane structure, single-story
Main FunctionsCargo warehouse, administrative office.
Floor Area346㎡(138㎡+208㎡)
Cargo Handling Areaapprox. 275㎡(75㎡+200㎡)


Overview of Bonded Warehouse

Floor Area733.3㎡
Permit PeriodJune 2009 - May 2015
NameSAS Co., Ltd. Shizuoka Airport, Bonded Warehouse No. 1



Author: Martin Jop
GO Ina

Hasil penjualan didonasikan kepada penyandang disabilitas dan juga disumbangkan kepada 10 UMKM yang dimiliki oleh penyandang disabilitas.

Details
April 27, 2024

Bea Cukai fasilitasi pengiriman 900 paket parasut untuk Air Drop bantuan kemanusiaan yang dilakukan TNI melalui pesawat TNI AU di Gaza, Palestina

Details
April 12, 2024

Monitoring juga memastikan untuk meningkatkan kualitas layanan pendukung yang diberikan kepada penumpang dan pengguna bandara secara keseluruhan.

Details
April 9, 2024

Menjelang buka puasa, anak-anak binaan Yayasan Kumala mengikuti sosialisasi pemilahan sampah yang kemudian dilombakan secara berkelompok

Details
April 5, 2024

GENERAL NEWS