Breaking News:
Tuesday, 26 December 2017
KA Bandara Siap Melayani Masyarakat Umum

Jakarta -- Proyek pembangunan KA Bandara soekarno- hatta ini melibatkan 3 pihak yaitu PT Kereta Api Indonesia (Persero),PT Angkasa Pura II (Persero), dan PT Railink.

PT KAI membangun prasarana untuk menunjang pengoperasian KA BSH meliputi track baru sepanjang 12.1 KM dari Batuceper sampai bandara lengkap dengan jaringan LAA-persinyalan dan telekomunikasi KA, stasiun (Sudirmanbaru, Duri, Batuceper), gardu induk LAA, dan dipo pemeliharaan KRL Railink

PT AP II membangun stasiun di Bandara dan konektivitas ke APMS Skytrain untuk menghubungkan stasiun bandara menuju seluruh terminal keberangkatan penerbangan.

PT Railink yang bertindak sebagai operator KA Bandara melakukan pengadaan sarana,interior stasiun, SDM dan pendukungnya.

Investasi sarana dilakukan oleh PT Railink dengan membeli electric multiple unit (EMU) atau Kereta Rel Listrik (KRL) baru dari Konsorsium Bombardier  Transportation Swedia dan PT INKA sebanyak 10 trainset KRL (6 car per trainset) dengan kapasitas 272 penumpang pada setiap trainset.

"KA Bandara Soekarno- Hatta telah bisa digunakan oleh masyarakat umum sebagai uji coba berbayar mulai tgl 26 desember 2017 sd 1 Januari 2018" ungkap Edi Sukmoro Direktur Utama PT KAI.

Perlu diketahui bahwa pada tahap awal operasional PT Railink baru melayani naik turun penumpang di tiga stasiun yaitu: Stasiun Sudirman Baru (BNI City), Stasiun Batu Ceper,dan Stasiun soekarno- Hatta.

Untuk sementara waktu pada tahap awal pengoperasian KA BSH, belum dilayani naik turun penumpang di Manggarai karena masih dalam proses pembangunan peron dan jalur KA Bandara oleh Satuan Kerja Proyek DDT DJKA Kemenhub.

Pada tahap awal uji coba operasional tanggal 26 Desember 2017 s.d. 1 Januari 2018 diberlakukan tarif promosi Rp. 30.000. Sedangkan mulai tanggal 2 Januari 2018 rencananya akan diterapkan tarif Rp.70.000.

"Sedangkan untuk pembelian tiket dapat dilakukan melalui mobile aplikasi dan vending machine. Untuk pembelian melalui mobile aplikasi,penumpang dapat download aplikasi di play store dengan link:  https://play.google.com/store/apps/details?id=com.railink.ticketing&hl=en, ungkap Porwanto Handry Nugroho selaku direktur operasi dam teknik PT Railink.

Pada awal operasional KA Bandara Soekarno Hatta akan melayani 42 perjalanan pada pukul 03:40 - 21:40 rute Sudirman Baru (BNI City) s.d. Soekarno-Hatta dan 06:10 - 23:10 rute Soekarno-Hatta s.d. Sudirman Baru (BNI City). Untuk informasi lebih lengkap terkait jadwal perjalanan dapat di akses di www.railink.co.id atau @kabandara.

Author: Eko Nugroho
GO Ina

Bea Cukai fasilitasi pengiriman 900 paket parasut untuk Air Drop bantuan kemanusiaan yang dilakukan TNI melalui pesawat TNI AU di Gaza, Palestina

Details
April 12, 2024

Monitoring juga memastikan untuk meningkatkan kualitas layanan pendukung yang diberikan kepada penumpang dan pengguna bandara secara keseluruhan.

Details
April 9, 2024

Menjelang buka puasa, anak-anak binaan Yayasan Kumala mengikuti sosialisasi pemilahan sampah yang kemudian dilombakan secara berkelompok

Details
April 5, 2024

TIKI siap menjadi mitra pengiriman yang andal bagi seluruh masyarakat Indonesia yang merayakan Hari Raya Idul Fitri

Details
April 4, 2024

GENERAL NEWS