Breaking News:
Tuesday, 30 July 2019
Hasil Karya Anak Bangsa Teknologi Blockchain Bagi Kesejahteraan UMKM Indonesia

JAKARTA, 29 Juli 2019 -Blockchain adalah teknologi yang tidak menggunakan pihak ketiga dalam suatu proses pertukaran data pada proses transaksi. Teknologi ini tidak dikelola oleh satu organisasi, tapi oleh banyak institusi yang disebarkan secara publik, dan sistem ini tidak tergantung kepada server karena setiap komunitas terkoneksi satu sama lainnya. Dalam artian, prinsip ini sulit untuk pihak manapun melakukan kecurangan dalam mata rantai informasi, karena blockchain di kenal dengan distributed ledeger.

Dan Tokoin, adalah platform digital berbasis blockchain, hasil karya anak bangsa yang resmi telah beroperasi Maret 2019 yang lalu.

Tokoin pun berniat untuk tancap gas dalam mengakselerasikan para UMKM lewat teknologi. Dengan begitu, peran UMKM pada perekonomian negara akan semakin besar.

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menandatangi beberapa kerja sama dalam acara Global Blockchain Investment Summit (GBIS). Salah satunya dengan penyedia blockchain di Indonesia, Tokoin. Kerja sama ini dalam rangka penyediaan pembiayaan dagang UMKM berbasis blockchain.

Kerja sama itu ditandai dengan penandatanganan kerjasama resmi (MoU) Tokoin dan Kadin yang dilakukan langsung oleh Ketua Umum Kadin Rosan Roeslani, Wakil Ketua Umum Kadin bagian Logistics & Supply Chain Management Rico Rustombi dan Co-founder & CEO Tokoin Reiner Rahardja. Penandatanganan dilakukan di depan sekitar 3 ribu peserta GBIS 2019.

Kepada Cargo Times, di Hotel Ritz Carlton, Reiner berujar "Kami melakukan partnership dengan berbagai perusahaan raksasa di bidangnya masing-masing yang akan memperkokoh kekuatan kami merevolusi industri UMKM menjadi jauh lebih signifikan. Dengan projek yang sudah berjalan dan terbukti merubah banyak hal, kami yang terbaik saat ini." (29/7/2019).

Menurutnya saat ini UMKM memang menghadapi salah satu masalah tentang membangun profil bisnis digital dan credit scoring. Oleh karena itu UMKM perlu dijembatani untuk mendapatkan akses ke institusi finansial, perbankan, supplier, dan lainnya. Teknologi blockchain dipercaya menjadi jalan keluarnya.

Reiner melanjutkan UMKM merupakan salah satu penggerak roda perekonomian paling besar di negara-negara berkembang. Di Indonesia UMKM menyumbangkan 60,3% pendapatan atas Produk Domestik Bruto (PDB) dan 97% atas tenaga kerja nasional. 

Kendati demikian, UMKM masih belum bisa lepas dari permasalahan yang sedari dulu menghambat laju pertumbuhan bisnisnya. Sebanyak 40% UMKM di negara berkembang belum terakses bantuan dari lembaga-lembaga finansial. UMKM kesulitan untuk mendapatkan bantuan pendanaan dari instansi-instansi finansial.

"Dilandasi oleh fakta tersebut, Tokoin membangun sebuah platform untuk membantu UMKM mengakselerasi bisnisnya. Lewat implementasi teknologi blockchain, UMKM difasilitasi untuk membangun kredibilitas usaha valid, yang tak diragukan oleh pihak institusi keuangan non-bank, oleh karenanya tidak akan ada lagi trust issue yang selama ini menghambat akselerasi UMKM di negara-negara berkembang."

“Kami yakin bahwa inklusi ekonomi akan tercipta dengan kemitraan bisnis yang berpihak pada kinerja UMKM. Tokoin akan menjadi penghubung UMKM dengan institusi yang bisa menyediakan fasilitas pengembangan bisnis,” kata Reiner Rahardja Chief Executive Officer Tokoin.

Author: DPar
GO Ina

Konferensi dengan tema “Shaping the Future of Aviation: Sustainable, Resilient, and Inclusive Aviation”, adalah bentuk partisipasi aktif Indonesia dalam mewujudkan sektor penerbangan yang berkelanjutan, tangguh, dan inklusif khususnya di wilayah Asia dan Pasifik.

Details
October 17, 2024

Penerbangan Incheon-Hang Nadim Batam (PP) ini beroperasi menggunakan pesawat jenis B737-800 yang dapat mengangkut penumpang dengan kapasitas maksimum 189 penumpang, dengan jadwal penerbangan 3 kali dalam seminggu.

Details
October 17, 2024

Kehadiran Susi Air diharapkan dapat memperkuat akses transportasi udara yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Natuna dan sekitarnya.

Details
October 15, 2024

Rute penerbangan dari HLP akan dibuka secara bertahap, awal November ke Surabaya, Medan, dan Padang.

Details
October 15, 2024

GENERAL NEWS