Breaking News:
Saturday, 11 May 2019
Kerjasama JAS dan Pos Logistik menjadikan Bandara Kertajati sebagai Hub E-Commerce

Keterangan photo: Ridwan Kamil didampingi Sekretaris Daerah Jabar, sedang berdiskusi dengan PT Pos Logistik Indonesia dan PT Jasa Angkasa Semesta (JAS)


JAKARTA - Director Chief Corporate Affair & Business Development Officer JAS Airport Services, Sigit Muhartono, mengatakan perusahaannya bersama Pos Logistik menjajaki kemungkinan menjadikan Bandara Kertajati sebagai hub logistik untuk e-commerce.

“Di airport itu, yang potensial ada sekitar 20 hektare areal yang akan kita jadikan e-commerce hub Indonesia. Cita-citanya kayak begitu,” kata Sigit di selepas bertemu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Gedung Negara Pakuan, Bandung, Jumat, 10 Mei 2019.

Lokasi Bandara Kertajati di Majalengka dinilai Sigit sangat strategis. Posisinya yang tepat di tengah-tengah antara Jawa Barat, DKI, Jabodetabek dan bagian barat Jawa Tengah disebutnya sangat bagus untuk ekspor dan titik transit untuk barang-barang yang masuk ke Indonesia.

Saat ini, barang logistik udara masih terkonsentrasi di Bandara Soekarno-Hatta saja. Distribusi barang antaran udara lewat bandara Soekarno-Hatta saat ini punya kelemahan karena waktu tempuh yang lama karena harus melewati Jakarta. 

“Biasanya butuh waktu lama untuk mengkonversi, mengirimkan ini lagi ke mana-mana. Plus volume, kalau semua di Jakarta, congestion (macet) akhirnya barang itu,” kata Sigit.

Karena itu, Sigit berpandangan, Bandara Kertajati berpeluang menjadi alternatif hub pengiriman barang logistik udara. “Ini yang kita jadikan alternatif. Jadi barang-barang itu bisa kita masukkan lagi ke Kertajati, nanti kita coba hubungkan dengan air-hub, atau air bridge dengan pesawat-pesawat frieihgter (pesawat kargo), yang masuk ke Kertajati,” kata dia.

Author: Eko Nugroho
GO Ina

Bea Cukai fasilitasi pengiriman 900 paket parasut untuk Air Drop bantuan kemanusiaan yang dilakukan TNI melalui pesawat TNI AU di Gaza, Palestina

Details
April 12, 2024

Monitoring juga memastikan untuk meningkatkan kualitas layanan pendukung yang diberikan kepada penumpang dan pengguna bandara secara keseluruhan.

Details
April 9, 2024

Menjelang buka puasa, anak-anak binaan Yayasan Kumala mengikuti sosialisasi pemilahan sampah yang kemudian dilombakan secara berkelompok

Details
April 5, 2024

TIKI siap menjadi mitra pengiriman yang andal bagi seluruh masyarakat Indonesia yang merayakan Hari Raya Idul Fitri

Details
April 4, 2024

GENERAL NEWS