Breaking News:
Wednesday, 10 March 2021
Garuda Buka Rute Khusus Kargo Surabaya - Hongkong dengan A330-300

Dukung pemulihan perekonomian nasional masa pandemi, kembali flag carrier, Garuda Indonesia (Garuda) mulai hari Sabtu (6 Maret), secara resmi melayani direct flight rute khusus kargo Surabaya – Hong Kong. Layanan ini juga bagian dari upaya perluasan jaringan penerbangan kargo guna mendukung peningkatan daya saing komoditas ekspor unggulan nasional, khususnya wilayah provinsi Jawa Timur. Pada penerbangan perdana tersebut, Garuda mengangkut komoditas unggulan dari Jawa Timur yang terdiri dari produk UMKM Jawa Timur, komoditas perikanan dan hasil produksi lainnya.

Penerbangan khusus kargo rute Surabaya (Jawa Timur) - Hong Kong (China SAR) dilayani sebanyak 1 kali setiap minggunya dengan armada Airbus A330-300 yang memiliki daya angkut 30 - 40 ton di setiap penerbangannya. Rute khusus kargo Surabaya - Hong Kong ini berangkat dari Bandara Internasional Juanda (SUB) pada pukul 06.00 WITA dan tiba di Hong Kong International Airport (HKG) pada pukul 12.00 LT (waktu setempat).

"Penerbangan rute khusus kargo menjadi salah satu peluang bisnis yang secara berkelanjutan akan kami perkuat selaras dengan tren kebutuhan pengangkutan kargo yang terus tumbuh. Dengan pengembangan jaringan penerbangan kargo ini, harapan kami kegiatan direct export komoditas unggulan dari kawasan Surabaya dan sekitarnya dapat semakin berdaya saing, sehingga dapat mendukung upaya percepatan pemulihan ekonomi nasional, khususnya wilayah Jawa Timur", kata Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra.

"Tentunya kami harapkan kehadiran penerbangan kargo ini dapat semakin meningkatkan daya saing kualitas produk komoditas unggulan di Jawa Timur dengan waktu pengiriman yang lebih singkat tanpa harus melakukan transit di beberapa hub penerbangan sehingga kualitas produk menjadi lebih terjaga tentunya dengan cost logistik yang lebih kompetitif. Dengan demikian, harga komoditas ekspor dapat menjadi lebih bersaing di pasar global", Irfan menjelaskan.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyambut baik pembukaan penerbangan khusus kargo tersebut. "Saya sangat mengapresiasi dan mendukung penuh layanan penerbangan khusus kargo rute Surabaya - Hong Kong yang mulai beroperasi per 6 Maret. Hal ini tentunya akan berkontribusi positif untuk membantu export kita ke Hong Kong sekaligus meningkatkan daya saing produk kita," kata Khofifah.

Lebih lanjut Khofifah mengharapkan kiranya pembukaan penerbangan khusus kargo tersebut dapat dilihat sebagai peluang bagi pelaku UMKM khususnya yang berada di wilayah Jawa Timur. “Harapannya, peluang tersebut bisa meningkatkan semangat yang lebih bagi pelaku UMKM kita untuk berkembang dan berdaya saing”, lanjut Khofifah.

Sebelumnya, Garuda juga telah menerbangkan penerbangan domestik khusus kargo dengan rute Surabaya (SUB) - Banjarmasin (BDJ) - Balikpapan (BPN) sebanyak 6 kali setiap minggunya menggunakan armada B737-800NG dengan rata-rata pengangkutan komoditas telur tetas dan general cargo hingga 13,5 ton di setiap penerbangannya.

Selain itu, sejalan dengan upaya optimalisasi pasar kargo dan dukungan terhadap daya saing komoditas unggulan nasional, Garuda sebelumnya juga telah melayani penerbangan internasional khusus kargo Manado (MDC) - Narita (NRT), Makassar (UPG) - Singapura (SIN), dan Denpasar (DPS) - Hong Kong (HKG).

Author: Martin Jop
GO Ina

Bea Cukai fasilitasi pengiriman 900 paket parasut untuk Air Drop bantuan kemanusiaan yang dilakukan TNI melalui pesawat TNI AU di Gaza, Palestina

Details
April 12, 2024

Monitoring juga memastikan untuk meningkatkan kualitas layanan pendukung yang diberikan kepada penumpang dan pengguna bandara secara keseluruhan.

Details
April 9, 2024

Menjelang buka puasa, anak-anak binaan Yayasan Kumala mengikuti sosialisasi pemilahan sampah yang kemudian dilombakan secara berkelompok

Details
April 5, 2024

TIKI siap menjadi mitra pengiriman yang andal bagi seluruh masyarakat Indonesia yang merayakan Hari Raya Idul Fitri

Details
April 4, 2024

GENERAL NEWS