Breaking News:
Sunday, 6 March 2022
Support Pasien Isoman Covid, SiCepat Distribusi Obat Telemedisin bersama Kemenkes RI

Kurir SiGesit saat melakukan proses pick up obat telemedisin di Kimia Farma untuk pasien isoman Covid-19


Pada tahun 2021 SiCepat Ekspres (SiCepat) berkomitmen untuk membantu pemerintah dalam penanggulangan Covid-19 di Indonesia dengan mendistribusikan 266.631 paket obat (data per 22 Feb 2022) bagi pasien isoman secara gratis melalui program Telemedisin.

Hingga saat ini, distribusi obat dan vitamin gratis dari layanan Telemedisin ini telah mencakup berbagai wilayah diantaranya Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jogjakarta, Jawa Timur, Lampung, Palembang, Medan, Denpasar, Balikpapan, Banjarmasin, Makassar, hingga Manado. Kerja sama pengiriman obat gratis oleh SiCepat ini telah berlangsung sejak Juli 2021.

Berdasarkan data GISAID, lembaga penelitian dari Jerman yang meneliti kasus Covid-19, di Indonesia telah mencapai 6.505 kasus per Selasa, 22 Februari 2022. Varian Omicron di Indonesia ini memiliki selisih 248 kasus dibandingkan hari sebelumnya. Secara mingguan, kasus di Indonesia ini tumbuh 7,34 persen. Merespon lonjakan kasus ini, SiCepat telah mendistribusikan 221.748 paket obat gratis Telemedisin sepanjang bulan Januari dan Februari 2022.

Kolaborasi ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian SiCepat terhadap kasus Covd-19 varian baru yakni omicron yang saat ini masih menjadi ancaman. The Kim Hai selaku Chief Executive Officer SiCepat Ekspres menyampaikan bahwa kolaborasi pemerintah dengan pihak swasta sangatlah dibutuhkan dalam rangka menekan angka penyebaran Covid-19 khususnya di tahun 2022 ini.

“Gelombang covid-19 varian omicron yang saat ini semakin meningkat membuat SiCepat Ekspres semakin fokus dalam membantu pemerintah dalam upaya penanggulangan. Kami siap memberikan support agar distribusi obat gratis ini dapat berjalan dengan baik ke seluruh pelosok Indonesia. Sehingga, bagi para pasien isoman dapat segera pulih dan hal ini juga dapat mengurangi beban para tenaga kesehatan yang menjadi garda terdepan Covid-19.” ujar The Kim Hai.

Pasien isoman Covid-19 dapat menggunakan layanan Telemedisin dengan melakukan tes PCR terlebih dahulu di laboratorium yang terafiliasi Kemenkes RI. Setelah itu, pasien isoman dapat melakukan konsultasi kesehatan gratis di 11 platform penyedia layanan kesehatan untuk mendapatkan rekomendasi resep obat. Lalu, pasien mengisi laman pemesanan obat di laman website Kemenkes RI. SiCepat akan melakukan proses pick-up obat ke Apotek Kimia Farma dan mengirimkannya ke alamat pasien isoman secara gratis.

SiCepat juga telah mendistribusikan 1.303 koli atau setara 5.863 kg susu formula untuk anak dengan masalah gizi buruk terdampak Covid-19 di wilayah Kotawaringin dan Kolaka melalui program Stunting bersama Kemenkes RI. SiCepat memberikan support berupa pengiriman gratis dalam program tersebut pada bulan Februari 2022.

SiCepat juga berkolaborasi dengan Digiresto dan MaQan Food dalam program Makanan Isoman untuk menyediakan sebanyak 5000 makanan per hari secara gratis berupa voucher untuk pasien terkonfirmasi positif COVID-19 yang terdaftar serta berada dalam lingkup area Jabodetabek. Makanan ini nantinya akan dipickup dan dikirimkan oleh SiCepat kepada pasien isoman di wilayah Jabodetabek. Layanan ini telah dapat digunakan secara resmi pada akhir Februrari 2022.

Author: Martin Jop
GO Ina

Bea Cukai fasilitasi pengiriman 900 paket parasut untuk Air Drop bantuan kemanusiaan yang dilakukan TNI melalui pesawat TNI AU di Gaza, Palestina

Details
April 12, 2024

Monitoring juga memastikan untuk meningkatkan kualitas layanan pendukung yang diberikan kepada penumpang dan pengguna bandara secara keseluruhan.

Details
April 9, 2024

Menjelang buka puasa, anak-anak binaan Yayasan Kumala mengikuti sosialisasi pemilahan sampah yang kemudian dilombakan secara berkelompok

Details
April 5, 2024

TIKI siap menjadi mitra pengiriman yang andal bagi seluruh masyarakat Indonesia yang merayakan Hari Raya Idul Fitri

Details
April 4, 2024

GENERAL NEWS