Breaking News:
Friday, 10 February 2023
APLog Ditunjuk Kembali MGPA Sebagai Logistics Partner WSBK Mandalika 2023

kiri-kanan: Budi Santoso (Wakil Ketua III Tim Pelaksana Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus), Padmoyo Tri Wikanto (Direktur Fasilitas Kepabeanan Direktorat Jendral Bea dan Cukai), Priandhi Satria (Direktur Utama MGPA), Danny P Thaharsyah (Direktur Utama PT Angkasa Pura Logistik), dan Troy Reza Warokka (Direktur Operasi ITDC.(dok. itdc)


Mandalika Grand Prix Association (MGPA), bagian dari ITDC Group yang menjadi promotor World Superbike (WSBK) dan MotoGP di Indonesia, telah menandatangani perjanjian kerjasama dengan PT Angkasa Pura Logistik (APLog), subsidiari PT Angkasa Pura I (Persero), untuk menangani penerimaan dan pengeluaran kargo khusus logistik ajang WSBK.

Sebagai info, balapan WSBK Indonesian Round 2023 akan berlangsung pada tanggal 3-5 Maret 2023 di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok.

Tidak hanya melalui bandara saja, penanganan logistik tersebut sangat banyak terutama yang melalui jalur laut mulai dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Perak Surabaya, hingga Pelabuhan di Bali.

Penandatanganan perjanjian kerjasama dilakukan oleh kedua belah pihak dengan disaksikan oleh Direktur Operasi ITDC - Troy Reza Warokka, Direktur Fasilitas Kepabeanan Direktorat Jendral Bea dan Cukai - Padmoyo Tri Wikanto dan Wakil Ketua III Tim Pelaksana Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus - Budi Santoso, pada Kamis (9 Februari) di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB.

Direktur Utama MGPA - Priandhi Satria mengungkapkan, dengan adanya dukungan angkatan udara, laut, dan darat oleh APLog, maka ia yakin APLog merupakan mitra yang tepat dalam misi persiapan event WSBK.

"Saya yakin APLog, Bea Cukai dan Sekretariat Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus (Sekdenas KEK) dapat mensukseskan kedatangan logistik WSBK di The Mandalika dalam waktu persiapan kurang lebih 2-3 minggu ini," kata Priandhi.

Dalam perjanjian tersebut, pihak APLog bertanggung jawab penuh terhadap logistik balapan - kargo spare part dan alat pendukung lainnya, mulai dari kedatangan di pelabuhan laut ataupun di bandara, sampai di Sirkuit Mandalika, hingga kepulangan kembali kargo, di range tanggal 27 Februari – 8 Maret 2023.

Sementara itu, Direktur Utama PT Angkasa Pura Logistik, Danny P Thaharsyah mengungkapkan, sebagai official partner untuk mendukung pelaksanaan WSBK Mandalika 2023, cakupan kegiatan logistik yang akan dilakukan oleh APLog tentunya dimulai dari penanganan barang mulai dari barang masuk hingga handling yang ada di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

"Race pertama WSBK tahun 2023 itu dimulai di Philips Island dan baru kemudian ke Mandalika. Terkait jumlah logistik masih terus bergerak, dimana sementara yang masih lewat udara yang dari Australia sebanyak 120 ton," jelasnya.

Adapula kontainer yang sudah masuk lewat Pelabuhan Tanjung Perak, saat ini sudah mulai dilakukan penanganan. Terdapat setidaknya 6 kontainer dimana kontainer tersebut masih bergerak terus.

"Penanganan yang lewat udara itu dimulai dari Bandara menuju ke Sirkuit. Sedangkan yang lewat laut itu dimulai dari setiap pelabuhan. Barang tersebut sifatnya masih sebagai pendukung,” tambah Danny.

Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang dan pengelola The Mandalika, meyakini sinergi MGPA dan APLog yang merupakan sesama unit usaha dari BUMN merupakan salah satu wujud kolaborasi BUMN dalam mensukseskan penyelenggaraan WSBK 2023.

“Kerjasama MGPA, yang merupakan unit usaha ITDC, dan APLog, yang merupakan anak usaha Angkasa Pura I, adalah bentuk kolaborasi BUMN untuk mensukseskan penyelenggaraan WSBK di The Mandalika 2023. Apalagi kami juga bersama-sama merupakan anggota dari BUMN Holding Pariwisata dan Pendukung yang memiliki peran penting dalam membangun ekosistem pariwisata yang berkelanjutan di Indonesia,” tutup Direktur Operasi ITDC Troy Reza Warokka.

Sebenarnya kepercayaan dan apresiasi ITDC atas kompetensi APLog dalam penanganan logistik, sudah teruji pada 2 even balapan internasional sebelumnya, yaitu WSBK Mandalika 2021 dan MotoGP Mandalika 2022.

Author: Martin Jop
GO Ina

Hasil penjualan didonasikan kepada penyandang disabilitas dan juga disumbangkan kepada 10 UMKM yang dimiliki oleh penyandang disabilitas.

Details
April 27, 2024

Bea Cukai fasilitasi pengiriman 900 paket parasut untuk Air Drop bantuan kemanusiaan yang dilakukan TNI melalui pesawat TNI AU di Gaza, Palestina

Details
April 12, 2024

Monitoring juga memastikan untuk meningkatkan kualitas layanan pendukung yang diberikan kepada penumpang dan pengguna bandara secara keseluruhan.

Details
April 9, 2024

Menjelang buka puasa, anak-anak binaan Yayasan Kumala mengikuti sosialisasi pemilahan sampah yang kemudian dilombakan secara berkelompok

Details
April 5, 2024

GENERAL NEWS