Breaking News:
Friday, 1 December 2017
Bandara Internasional Lombok Kembali Beroperasi Normal

JAKARTA – Setelah mengalami penutupan akibat sebaran debu vulkanik Gunung Agung, Bandara Internasional Lombok, Praya, kembali beroperasi normal pada Jum’at (1/12) mulai pukul 08:50 WITA. Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navi-gasi Penerbangan (Perum LPPNPI) atau dikenal dengan AirNav Indonesia telah menerbitkan Notice to Airmen (NOTAM) nomor B9077/17 menggantikan NOTAM sebelumnya nomor B9075/17.

“Koordinasi intensif dengan BMKG dan PVMBG serta stakeholder penerbangan didukung data pengamatan Darwin Volcanic Ash Advisory Center (DVAAC) menunjukkan bahwa debu vulkanik Gunung Agung mengarah ke tenggara. Meski demikian, area paparannya tidak sampai menutupi ruang udara Lombok, sehingga Bandara Internasional Lombok di Praya bisa kembali beroperasi normal pagi ini,” tutur Wisnu Darjono, Direktur Operasi AirNav Indonesia. 

Dengan kembali beroperasinya Bandara Internasional Lombok, Praya, penerbangan dari dan menuju ke Lombok kembali dibuka. “Saat ini penerbangan dari Lombok ke sejumlah destinasi akan kembali berjalan sesuai jadwal, sedangkan penerbangan menuju Lombok sedang dalam proses flight plan. Data lengkapnya sedang dalam proses kompilasi,” ungkapnya.

Dijelaskannya kondisi cuaca di Bandara Internasional Lombok saat ini cukup kondusif untuk penerbangan. “Kecepatan angin saat ini 2 knot dengan jarak pandang 8 km dan tanpa gangguan cuaca yang signifikan. Patut kita syukuri bahwa kedua Bandara Internasional Indonesia yang terdekat dengan Gunung Agung kini kembali beroperasi normal. Tentunya kita semua berharap bencana alam maupun cuaca ekstrem yang kini menerpa beberapa wilayah di Indonesia segera berakhir sehingga kondisi kembali kondusif,” pungkas Wisnu.

Author: Eko Nugroho
GO Ina

Tidak ada pembatasan jumlah barang bawaan pribadi penumpang dan tetap mengacu pada PMK 203/2017 tentang Ketentuan Ekspor Dan Impor Barang Yang Dibawa Oleh Penumpang Dan Awak Sarana Pengangkut

Details
May 10, 2024

DJBC sadar sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat belum menjangkau masif sehingga timbul permasalahan yang dialami para importir seperti sekarang.

Details
May 10, 2024

Hasil penjualan didonasikan kepada penyandang disabilitas dan juga disumbangkan kepada 10 UMKM yang dimiliki oleh penyandang disabilitas.

Details
April 27, 2024

Bea Cukai fasilitasi pengiriman 900 paket parasut untuk Air Drop bantuan kemanusiaan yang dilakukan TNI melalui pesawat TNI AU di Gaza, Palestina

Details
April 12, 2024

GENERAL NEWS