Breaking News:
Wednesday, 17 May 2017
Kenapa Alibaba Pilih Bangun Hub Kargo di Malaysia,Bukan di Indonesia

Foto :  Founder & CEO ALIBABA Group, Jack Ma (special)

Kantor Pusat Alibaba Group di Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China, yang merupakan salah satu perusahaan layanan e-commerce terbesar di dunia.

Perusahaan e-commerce asal China, Alibaba memutuskan untuk membuka hub air kargo di Kuala Lumpur, Malaysia. Hub kargo ini dibangun untuk menyasar pasar e-commerce di Asia Tenggara atau ASEAN.


Di ASEAN, pasar terbesar adalah Indonesia, yang memiliki 250 juta jiwa penduduk. Lalu mengapa Alibaba lebih memilih Malaysia dibanding Indonesia untuk membangun hub kargo?

Ketua Indonesia National Air Carriers Association (INACA) bidang kargo Boyke P Soebroto mengungkapkan, ada beberapa alasan yang membuat Indonesia kalah saing jika dibandingkan Malaysia dalam hal keefektifan industri kargo.

Mengapa Alibaba itu memilih di Kuala Lumpur karena pemerintahnya menyiapkan aturannya. Mereka rela merubah aturan untuk memudahkan industri itu berkembang, disiapkan 100 persen," kata Boyke dalam‎ acara Air Cargo Summit 2017‎ di Hotel Grand Mercure, Jakarta, Rabu (17/5/2017).

‎Dalam dunia e-ommerce, kecepatan logistik menjadi satu hal yang mutlak harus dipenuhi. Maka dari itu, di Kuala Lumpur, sistem kargo udara (air cargo) didukung dengan keberadaan peraturan khusus dalam hal kepabeanan (custom). "Itu salah satu kunci sukses kalau mau sukses dalam mendukung bisnis e-commerce," tegas dia.

Boyke mengungkapkan, untuk mengembangkan industri kargo, memang yang paling potensial adalah menggandeng para pelaku industri e-commerce. Di sisi lain, perusahaan kargo juga harus menyiapkan sistem informasi yang‎ lebih efisien.

Melihat kondisi di Indonesia, Boyke mengakui masih ada beberapa kendala yang harus dicarikan solusi yang menghambat industri kargo udara agar bisa berkembang cepat.

"Salah satunya fasilitas infrastrukturnya dan integrasimulti modanya. Kita kan hanya dari bandara ke bandara, jadi harus ada moda yang meneruskan ini," tegas dia.

Author: Eko Nugroho
GO Ina

Bea Cukai fasilitasi pengiriman 900 paket parasut untuk Air Drop bantuan kemanusiaan yang dilakukan TNI melalui pesawat TNI AU di Gaza, Palestina

Details
April 12, 2024

Monitoring juga memastikan untuk meningkatkan kualitas layanan pendukung yang diberikan kepada penumpang dan pengguna bandara secara keseluruhan.

Details
April 9, 2024

Menjelang buka puasa, anak-anak binaan Yayasan Kumala mengikuti sosialisasi pemilahan sampah yang kemudian dilombakan secara berkelompok

Details
April 5, 2024

TIKI siap menjadi mitra pengiriman yang andal bagi seluruh masyarakat Indonesia yang merayakan Hari Raya Idul Fitri

Details
April 4, 2024

GENERAL NEWS