Breaking News:
Wednesday, 19 July 2017
Penyelenggaraan Angleb di Bandara AP II Berjalan Sukses dan Semakin Baik

TANGERANG – Penyelenggaraan angkutan lebaran di seluruh bandara di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura II (Persero) pada tahun ini berjalan sukses dan semakin baik.

Pergerakan penumpang pada H-10 sampai H+7 (15 Juni – 3 Juli 2017) di 13 bandara AP II tercatat mencapai 6,13 juta penumpang atau naik 9,7% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Jika dikelompokkan, maka jumlah penumpang pada arus mudik pada H-10 hingga H1 (15-25 Juni 2017) sebanyak 3,57 juta penumpang dan pada arus balik yaitu H2 hingga H+8 (26 Juni-4 Juli 2017) sebanyak 2,55 juta penumpang. 

Khusus di Bandara Internasional Soekarno-Hatta jumlah pergerakan penumpang pada H-10 sampai H+7 sebanyak 3,60 juta penumpang, di mana pada arus mudik tercatat 2,51 juta dan saat periode arus balik yakni 1,45 juta penumpang.

Apabila dilihat dari data tersebut jumlah penumpang pada arus balik memang lebih sedikit dibandingkan dengan arus mudik, namun demikian arus balik di seluruh bandara AP II termasuk Bandara Internasional Soekarno-Hatta diperkirakan tetap akan berlangsung hingga H+20 atau tanggal 16 Juli 2017 sehingga jumlah penumpang juga akan terus bertambah.

President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan, “Secara umum operasional dan pelayanan bandara selama angleb berjalan normal, lancar, dan nyaman. Peningkatan jumlah penumpang dan pergerakan pesawat pada angleb tahun ini dibarengi dengan semakin membaiknya performa maskapai. Meskipun terjadi peningkatan signifikan jumlah extra flight, dari 689 extra flight pada angleb 2016 menjadi 1.639 extra flight pada angleb 2017, ternyata performa maskapai justru membanggakan dilihat dari tingkat ketepatan waktu atau on time performance yang mencapai 80%.”

“AP II berterima kasih kepada maskapai, ground handling, regulator, dan seluruh stakeholder terkait sehingga kita semua dapat mewujudkan pemenuhan on time performance atau OTP yang merupakan salah satu indikator kesuksesan penyelenggaran angkutan lebaran. Pemenuhan OTP ini juga didorong pengaturan jadwal yang baik di bandara khususnya terkait extra flight serta diperpanjangnya jam operasional bandara-bandara AP II hingga pukul 24.00 WIB, di samping Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Halim Perdanakusuma, dan Kualanamu yang sudah beroperasi 24 jam,” jelas Muhammad Awaluddin.

Adapun standar pelayanan selama periode angleb tahun ini juga meningkat seiring dengan beroperasinya terminal baru di sejumlah bandara AP II seperti di Bandara Internasional Husein Sastranegara di Bandung, Bandara Internasional Supadio di Pontianak, dan tentunya Terminal 3 di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

“Lalu lintas angleb sebesar 60% berada di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, oleh karena itu kami meyakini Terminal 3 yang merupakan terminal termodern dan termegah di Indonesia ini memiliki peran penting dalam mensukseskan angleb secara keseluruhan,” jelas Muhammad Awaluddin.

Seperti diketahui, Terminal 3 baru dioperasikan pada pertama kali untuk angkutan lebaran pada tahun ini. Beroperasinya Terminal 3 sangat membantu mengurangi kepadatan di Terminal 1 dan 2 dan menciptakan lebih banyak ruang bagi penumpang maupun fasilitas penunjang sehingga standar pelayanan dapat meningkat.

Apresiasi atas penyelenggaraan angleb yang sukses dan semakin baik di bandara-bandara AP II juga sempat disampaikan oleh Menteri Pariwisata Arif Yahya, Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Agus Santoso,  dan Sekjen Kemenhub Soegihardjo.

Adapun AP II senantiasa menargetkan penyelenggaraan angkutan lebaran yang lebih baik setiap tahunnya guna mewujudkan arus mudik dan arus balik yang nyaman bagi seluruh masyarakat di bandara-bandara.

(en)

Author:
GO Ina

Bea Cukai fasilitasi pengiriman 900 paket parasut untuk Air Drop bantuan kemanusiaan yang dilakukan TNI melalui pesawat TNI AU di Gaza, Palestina

Details
April 12, 2024

Monitoring juga memastikan untuk meningkatkan kualitas layanan pendukung yang diberikan kepada penumpang dan pengguna bandara secara keseluruhan.

Details
April 9, 2024

Menjelang buka puasa, anak-anak binaan Yayasan Kumala mengikuti sosialisasi pemilahan sampah yang kemudian dilombakan secara berkelompok

Details
April 5, 2024

TIKI siap menjadi mitra pengiriman yang andal bagi seluruh masyarakat Indonesia yang merayakan Hari Raya Idul Fitri

Details
April 4, 2024

GENERAL NEWS