Breaking News:
Saturday, 9 December 2017
RPX Adaptif di Era VUCA dan Disruptif Sebuah Navigasi akan Membuat Nilai Baru di Industri Ekspres dan Logistik

Foto :  Taufick Daniel Mochtar, Chief Executive Officer (CEO) RPX Group saat menerima nominasi 'Industry Marketing Champion 2017' pada sektor logistik di ajang bergengsi 'Marketeer of The Year 2017 (MOTY)'

RPX merilis transformasi baru pengiriman paket #KirimPaketJamanNow dengan 

#pakeRPXPAS mengutamakan bisnis Online to Offline (O2O). Shoppers memilih secara online dari website/ mobile apps, kemudian ambil paket sendiri (offline) di toko/ outlet terdekat. Kedepan, perseroan memfokuskan tren dan fenomena pemasaran yang akan terjadi di Indonesia pada masa mendatang.

Jakarta -- RPX, perusahaan penyedia layanan pengiriman ekspres dan logistik terpadu (One Stop Logistics) melalui strategi marketing dan terobosannya mendapatkan pengakuan dalam nominasi 'Industry Marketing Champion 2017' pada sektor logistik di ajang bergengsi 'Marketeer of The Year 2017 (MOTY)'. Terdapat lima kualifikasi penentuan MOTY, yaituspirit dan orientasi pemasaran, performa pertumbuhan pasar, finansial, inovasi, dampak sosial ke publik, serta integritas personal.

Acara yang mengusung tema Navigating The Unpredictable ini, menjadi salah satu momentum RPX dalam menyampaikan komitmen untuk adaptif di era VUCA dan disruptif. Ajang paramarketeers terbesar di Asia ini dihadiri oleh 5.000 marketing enthusiast, 500 perusahaan, serta diisi dengan 50 pembicara expert, salah satunya Albert PalitGM E-Commerce RPX Group untuk membagikan pandangannya.

Taufick Daniel Mochtar, Chief Executive Officer (CEO) RPX Group mengatakan “Atas nama RPX Group mengucapkan terima kasih dinyatakan dan masuk kategori nominasi di ajang marketingyang menarik ini. Kami akan lebih optimis lagi mengembangkan roda bisnis melalui channel marketing and communication, khususnya digital mareketing. Strategi secara online dan offlinemerupakan hal esensial sejalan pertumbuhan perusahaan. Penggunaan kombinasi keduanya telah menarik perhatian kami yang terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir ini. Di era kekinian, keduanya akan digabungkan dengan financial dan entreprenurship, sehingga tercipta langkah paling efektif. Kemudian menghasilkan inovasi yang membawa perubahan bagi perusahaan serta pelanggan #KidsJamanNow.”

Salah satu solusinya, dalam menjawab kegalauan karena menunggu kapan paketnya datang, RPX merilis navigator terbaru 

#KirimPaketJamanNow dengan #pakeRPX  yaitu “PAS” Paket Ambil/ Antar Suka-Suka.PAS merupakan bentuk layanan bagi shoppers saat menerima paket setelah berbelanja onlinePAS memberikan kemudahan jasa pengantaran paket pertama di Indonesia yang dapat dilayani melalui toko/ outlet. PAS akan mengubah cara ketika berbelanja online, karena memberikan nilai lebih, antara lain menyehatkan, enerjik, sangat mudah dan nyaman.

PAS sebagai layanan mandiri melalui lokasi pengambilan paket (self-service Package Pick up Point)dirancang khusus bagi shoppers. Caranya mudah, hanya tiga langkah, pertama: pilih PAS sebagai metode pengiriman paket, lalu pilih outlet/ toko tujuan sebagai tempat pengambilan paket. Kedua: paket akan diantar dari pengirim ke outlet/ toko tujuan sesuai yang dipilih. Paket akan tersedia untuk diambil dalam waktu hingga lima hari, setelah menerima "notifikasi dan personal identification number (PIN)" dari pesan singkat (SMS) atau e-mail. Ketiga: shoppers bisa ambil paket. Atur waktu yang pas sesuai aktifitas. Dengan PASshoppers yakin menerima paket melalui proses otomatis dan aman. Jadi, tidak perlu menunggu pengiriman atau buru-buru pulang ke rumah dengan harapan bisa menemukan paket, yang ada akan kecewa karena ketidakpastian.

Shoppers dapat melacak status pengiriman (tracking) dengan menggunakan RPX website dan Mobile Apps. Secara keseluruhan, keandalan RPX Mobile Apps sebagai platform untuk menawarkan kenyamanan bagi setiap pelanggan melalui fitur/menu yang dapat digunakan hanya dalam satu genggaman dan waktu bersamaan/ tepat (real time).

Untuk 2018, Taufick sangat menekankan dan perlu mempersiapkan langkah tepat dalam menghadapi badai perubahan sosial dan teknologi yang tergolong dahsyat. Inilah situasi yang lebih  dikenal volatile, uncertain, complex dan ambiguous (VUCA). Disinilah, RPX terus melakukan transformasi di pasar yang terus kompetitif. Dan, PAS menjadi pengembangan bisnis RPX melalui kemitraan yang memanfaatkan konsep sharing economy.”

Taufick menjabarkan, “Hadirnya PAS dari RPX sebagai wujud dukungan perkembangan e-commerce yang saat ini membutuhkan banyak terobosan anyar sesuai pertumbuhan pasar. PAS diharapkan mampu menyediakan pilihan layanan yang lebih fleksibel bagi shoppers, dapat diambil kapan saja dan di toko/ outlet mitra RPX mana saja. RPX yakin, shoppers akan menikmati layanan#KirimPaketJamanNow #pakeRPX.”

#KirimPaketJamanNow optimis menjadi bagian gaya hidup generasi milenial. Menurut berbagai riset, sekitar 80 - 90 persen #KidsJamanNow dipastikan membawa ponsel pintar (smartphone)dalam kebanyakan aktivitasnya. Kalangan ini adalah demografi “vital & viral” yang menyumbang angka tertinggi bagi bisnis daring (dalam jaringan). Pembelanja milenial dinilai sebagai pemimpin dan pemacu revolusi e-commerce. Dengan.demikian, millenials juga bisa mempengaruhi angkatan pendahulunya untuk mengikuti cara baru terima paket.

“Industri ekspres dan logistik terus tumbuh secara positif sejalan perkembangan bisnis e-commerce atau meningkatnya jumlah belanja online. “Bidang jasa pengiriman menjadi kunci utama dalam kelancaran arus barang dan jasa di Indonesia sebagai negara kepulauan, Asia untuk regional dan global. Artinya, sektor ini masih berpeluang besar dalam berbisnis,” jelas Taufick.

RPX melihat peningkatan volume pengiriman dari sebagian besar pemain e-commerce. Periode 2016 - 2017, pertumbuhan Grup RPX sejalan dengan pertumbuhan industri logistik di Indonesia yang berkisar 21,7 persen. Angka ini juga dikemukakan Indonesian Logistics and Forwarders Association (ALFI).

Author: Eko Nugroho
GO Ina

Bea Cukai fasilitasi pengiriman 900 paket parasut untuk Air Drop bantuan kemanusiaan yang dilakukan TNI melalui pesawat TNI AU di Gaza, Palestina

Details
April 12, 2024

Monitoring juga memastikan untuk meningkatkan kualitas layanan pendukung yang diberikan kepada penumpang dan pengguna bandara secara keseluruhan.

Details
April 9, 2024

Menjelang buka puasa, anak-anak binaan Yayasan Kumala mengikuti sosialisasi pemilahan sampah yang kemudian dilombakan secara berkelompok

Details
April 5, 2024

TIKI siap menjadi mitra pengiriman yang andal bagi seluruh masyarakat Indonesia yang merayakan Hari Raya Idul Fitri

Details
April 4, 2024

GENERAL NEWS