Breaking News:
Saturday, 7 October 2017
Sarang Walet Senilai Rp 13 Miliar Diekspor ke Tiongkok via Pesawat Udara

Balai Besar Karantina Pertanian Soekarno-Hatta (Karantina Soetta) melepas ekspor sarang walet senilai Rp 13 MiIiar atau 464.5 kg miIik PT. Tong Heng Investment Indonesia tujuan Republik Rakyat Tiongkok (Tiongkok), Jumat (6/10).

PT. Tong Heng Investment Indonesia merupakan perusahaan ke – 8 yang dapat menembus pasar sarang walet Tiongkok. Menyusul tujuh perusahaan Iainnya yang telah memenuhi persyaratan untuk dapat melakukan ekspor sarang walet secara Iangsung ke Tiongkok.

Kepala Pusat Karantina Hewan dan Keamanan Hayat Hewani drh. Mulyanto mengatakan, bahan baku ekspor sarang walet kaIi ini diperoleh dari 31 rumah walet teregistrasi yang berada di Sumatera Selatan.

“Tiongkok merupakan negara konsumen sarang walet terbesar di dunia. Disana sarang walet menjadi komoditi bergengsi, terutama saat hari raya imlek dan tahun baru masehi,” ujar drh. Mulyanto kepada media pers di Terminal Kargo Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Jumat (6/10/2017).

Ia menjelaskan, Badan Karantina Pertanian menjadi institusi yang menjamin keamanan produk sarang walet yang akan diekspor bebas dari Avian Influenza (flu burung) dan penyakit unggas Iainnya dan membangun sistem ketelusurannya.

“Kami bersama dengan Direktorat Kesehatan Masyarakat Veteriner dan Pasca Panen dan Kementerian Perdagangan memberikan fasiIitasi terhadap calon perusahaan eksportir dalam memenuhi persyaratan teknis maupun non teknis sebagaimana yang disepakati daIam protokoI,” jelasnya.

Menurut Mulyanto, untuk menembus pasar Tiongkok cukup sulit, karena sarang walet yang akan diekspor dikenakan persyaratan yang sangat ketat sebagaimana disepakati dalam protokol.

“Akhir tahun 2014, Badan Karantina Pertanian teIah berhasiI menembus protokol tersebut sehingga saat ini Indonesia dapat ekspor Iangsung ke Tiongkok tanpa harus melewati negara perantara,” ujarnya.

Keberhasilan ini diharapkan dapat memangkas biaya rantai distribusi yang selama ini terbuang di negara kedua seperti Singapore, Hongkong dan Taiwan.

SeIain itu sambung Mulyanto, penjualan langsung akan mendatangkan margin keuntungan Iebih tinggi dan dapat memberikan image positif dengan adanya legaIitas dari pemerintah Tiongkok terhadap produk Indonesia.

Sejak Juli 2017, sebanyak 72.31% kebutuhan sarang walet Tiongkok di impor dari Indonesia. Kemudian Malaysia 18,85 %, dan sisanya dari Brazil, Taiwan dan Australia.

NiIai ekspor sarang walet ke Tiongkok mencapai US$ 40,43 juta. Naik 170% dari tahun 2016 yang hanya mencapai US$ 14.99 juta.

Author: Martin Jop
GO Ina

Bea Cukai fasilitasi pengiriman 900 paket parasut untuk Air Drop bantuan kemanusiaan yang dilakukan TNI melalui pesawat TNI AU di Gaza, Palestina

Details
April 12, 2024

Monitoring juga memastikan untuk meningkatkan kualitas layanan pendukung yang diberikan kepada penumpang dan pengguna bandara secara keseluruhan.

Details
April 9, 2024

Menjelang buka puasa, anak-anak binaan Yayasan Kumala mengikuti sosialisasi pemilahan sampah yang kemudian dilombakan secara berkelompok

Details
April 5, 2024

TIKI siap menjadi mitra pengiriman yang andal bagi seluruh masyarakat Indonesia yang merayakan Hari Raya Idul Fitri

Details
April 4, 2024

GENERAL NEWS