Breaking News:
Monday, 26 February 2018
Angkasa Pura 1 kerjasama dengan 4 Mitra Strategisnya

Keterangan FOTO : Kiri - Kanan : Sucipto (Presiden Direktur & CEO PT Gapura), M. Syaugi (Kepala Basarnas), Faik Fahmi (Direktur Utama Angkasa Pura I), Novie Riyanto Rahardjo (Direktur Utama Airnav Indonesia) dan Adji Gunawan (Presiden Direktur & CEO PT Jasa Angkasa Semesta, Tbk).



Jakarta -- Bertempat di Hotel Mercure, Kemayoran. PT Angkasa Pura I (AP I) menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan empat mitra operasional bandara untuk meningkatkan level of service yang mengutamakan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan. Keempat mitra tersebut yaitu Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau AirNav Indonesia, Badan SAR Nasional (BASARNAS), PT Gapura, dan PT Jasa Angkasa Semesta,Tbk. (26/2).

Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi mengatakan, "Peningkatan pertumbuhan trafik pesawat, penumpang, dan kargo di bandar udara tiap tahunnya menuntut pengelola bandar udara untuk juga meningkatkan level of service bagi para pengguna jasa bandar udara, baik pihak maskapai maupun penumpang pesawat udara. Peningkatan trafik ini juga diiringi dengan meningkatnya peluang terjadinya kondisi darurat, ancaman dan gangguan terhadap operasional bandara".

"Untuk meningkatkan level of service dan mengantisipasi terjadinya kondisi darurat di bandar udara, maka perlu ditingkatkan komunikasi dan koordinasi antar pemangku kepentingan di bandar udara melalui penandatanganan MoU dan nota kesepakatan teknis ini," kata Faik dalam jumpa pers.

Adapun penandatanganan nota kesepahamanan dan nota kesepakatan teknis antara AP I dengan AirNav Indonesia terkait koordinasi teknis operasional pelayanan jasa kebandarudaraan dan pelayanan navigasi penerbangan. Sedangkan penandatanganan MoU antara AP I dengan BASARNAS terkait penyelenggaraan kegiatan pencarian dan pertolongan di bandar udara.

Kemudian, penandatanganan MoU atau Nota Kesepakatan teknis antara AP I dengan PT Gapura dan PT Jasa Angkasa Semesta terkait hal koordinasi teknis pelayanan pesawat udara di bandar udara. 

Sebagai informasi, terkait peningkatan trafik, pada 2017 AP I telah melayani 791.387 pergerakan pesawat, atau meningkat 3,5% dibandingkan jumlah pergerakan pesawat pada tahun 2016.

Sementara itu, pergerakan penumpang pada tahun 2017 di 13 bandara AP I mencapai 89,7 juta penumpang, atau meningkat 5,9% dibandingkan tahun 2016. Begitu pula untuk pergerakan kargo yang mencapai 403,77 ribu ton pada tahun 2017, atau meningkat 11,4%.

Adapun ruang lingkup kerja sama antara AP I dengan BASARNAS terkait penyelenggaraan kegiatan pencarian dan pertolongan di bandar udara yaitu pertukaran data dan informasi, penyelenggaraan operasi pencarian dan pertolongan, pemanfaatan dan peningkatan kemampuan di bidang sumber daya manusia, pemanfaatan sarana dan prasarana, serta latihan operasi pencarian dan pertolongan.

Author: Eko Nugroho
GO Ina

Program yang diberi nama Dapur TIKI ini akan tayang setiap Kamis selama Bulan Ramadhan di Youtube Channel TIKI ID.

Details
March 25, 2024

TIKI memprediksi akan terjadi pertumbuhan volume kiriman antara 20-25 persen di Bulan Ramadhan 2024

Details
March 14, 2024

Melalui kerjasama sebagai pendukung logistik BBW tahun ini, diharapkan dapat menjadi solusi bagi para pecinta buku di Indonesia

Details
March 1, 2024

IAS memastikan seluruh logistik tiba dengan aman, menyambut tim dan para peserta dengan keramahtamahan khas Indonesia, hingga kebersihan area balap

Details
February 29, 2024

GENERAL NEWS