Breaking News:
Wednesday, 30 May 2018
April 2018, OTP Bandara Juanda Kalahkan Changi Singapura


Bandara Internasional Juanda Surabaya, yang dikelola oleh PT Angkasa Pura I (Angkasa Pura Airports), berhasil meraih status sebagai bandara paling tepat waktu selama April 2018 di antara bandara-bandara Asia Tenggara lainnya dengan jumlah trafik di atas 1.000 penerbangan selama satu bulan, mengalahkan Bandara Internasional Changi Singapura.

Penilaian tersebut berdasarkan hasil riset independen yang dilakukan oleh lembaga analis perjalanan udara terkemuka asal Inggris, OAG, melalui laporan OAG Flightview Monthly OTP Report April 2018. 

Selama April 2018, Bandara Internasional Juanda Surabaya mencatatkan diri sebagai bandara paling tepat waktu di Asia Tenggara dengan tingkat on-time performance (OTP) 95.5%. Tingkat OTP ini jauh lebih tinggi dibandingkan tingkat OTP Bandara Changi Singapura yaitu 87.1%.

Berikut laporan OTP 5 bandara di Asia Tenggara selama April 2018 versi OAG:

1. Bandara Internasional Juanda Surabaya - 95.5%

2. Bandara Supadio Pontianak (yang dikelola PT Angkasa Pura II) - 90.2%

3. Samui Airport Thailand - 88.9%

4. Siem Reap Airport Kamboja - 88.2%

5. Bandara Internasional Lombok Praya (yang juga dikelola oleh Angkasa Pura I) - 88%. 

Berdasarkan hasil tersebut, maka terdapat dua bandara kelolaan Angkasa Pura Airports yang masuk dalam lima besar bandara di Asia Tenggara dengan tingkat OTP tertinggi.

Secara global, peringkat Bandara Internasional Juanda, Surabaya masuk dalam peringkat Top 100 Global Airport Performance OTP, menduduki peringkat ke-29.

Sebelumnya, pada 2017, OAG juga menobatkan Bandara Internasional Juanda Surabaya sebagai “Bandara Paling Tepat Waktu di Dunia Tahun 2016” dengan tingkat OTP 90,3% melalui Laporan Riset OAG Punctuality League 2017 yang dipublikasikan pada Januari 2017.  

Sebagai informasi, peringkat OTP oleh OAG selama bulan April tersebut diolah berdasarkan data OAG Flightview yang mencatat data penerbangan selama satu bulan untuk menunjukkan kinerja ketepatan waktu bandara terbaik. 

OAG merupakan lembaga analis terkemuka di industri penerbangan dengan database jadwal penerbangan yang dimiliki oleh lebih dari 900 maskapai dan 4.000 bandara di seluruh dunia. OAG mendefinisikan on-time performance (OTP) sebagai penerbangan yang berangkat atau tiba dalam jangka waktu 15 menit dari jadwal waktu keberangkatan dan kedatangan.

Author: Martin Jop
GO Ina

Bea Cukai fasilitasi pengiriman 900 paket parasut untuk Air Drop bantuan kemanusiaan yang dilakukan TNI melalui pesawat TNI AU di Gaza, Palestina

Details
April 12, 2024

Monitoring juga memastikan untuk meningkatkan kualitas layanan pendukung yang diberikan kepada penumpang dan pengguna bandara secara keseluruhan.

Details
April 9, 2024

Menjelang buka puasa, anak-anak binaan Yayasan Kumala mengikuti sosialisasi pemilahan sampah yang kemudian dilombakan secara berkelompok

Details
April 5, 2024

TIKI siap menjadi mitra pengiriman yang andal bagi seluruh masyarakat Indonesia yang merayakan Hari Raya Idul Fitri

Details
April 4, 2024

GENERAL NEWS