Breaking News:
Monday, 9 April 2018
Asosiasi Logistik: Pangkas Biaya, Dongkrak Daya Saing

(kiri-kanan): Ketum ARPI Hadanuddin Yasni, Ketum ALFI Yukki N Hanafi, Sekjen ALI Mahendra Rianto, Ketum Aptrindo Gemilang Tarigan,  Direktur Debindo Budiarto Linggowijono, Executive Director Aptrindo Yohannes Purba (dok.debindo)


Dalam acara Press Conference CTCT (Cemat, Indo Translog, Indo Cold Chain, Indo Trucking) 2018 di Jakarta, Jumat 6 April 2018 lalu, para pimpinan asosiasi pendukung acara event logistic internasional mengatakan bahwa para pemangku kepentingan (stakeholders) - pelaku bisnis industri supply-chain, logistik dan transportasi, termasuk para konsumen - senantiasa mengharapkan peningkatan efisiensi rantai pasok demi penurunan biaya, yang pada gilirannya akan mengangkat daya saing Indonesia di mata dunia.

Seperti yang disampaikan Yukki Hanafi - Ketua Umum ALFI dan AFFA (ASEAN Federation of Forwarders Association): “Kondisi sektor logistik Indonesia semakin membaik. Namun bila disandingkan dengan kondisi di negara-negara ASEAN, Indonesia masih tertinggal karena mereka berkembang lebih cepat, sehingga diperlukan akselerasi pembangunan infrastruktur dan kepelabuhanan yang lebih signifikan.”

Sebagai informasi hasil survey jajak pendapat tentang Sektor Logistik Indonesia yang dilakukan Asosiasi Logistik dan Forwarders Indonesia (ALFI) bekerjasama dengan Supply Chain Indonesia (SCI) menunjukkan sebanyak hampir 60% responden menyatakan kinerja sector logistic Indonesia secara umum pada 2017 lebih baik dibandingkan tahun 2016. Dan diprediksikan kinerja sector logistic 2018 ini akan lebih baik dibandingkan 2017.

“Namun bila dihadapkan pada persaingan global, bahkan antar kawasan ASEAN saja, sector logistik Indonesia masih memerlukan (banyak) perbaikan yang berkelanjutan,” kata Yukki

Sedangkan menurut Hasan Yasni - Ketua Umum Asosiasi Rantai Pendingin Indonesia (ARPI) menyampaikan: “Kondisi logistik semakin baik dengan adanya sejumlah PLB (Pusat Logistik Berikat) yang dapat dijadikan pondasi guna merintis sistem Block Chain, yang akan mengintegrasikan proses rantai pasok, utamanya produk berpendingin. Sehingga bisa meningkatkan efisiensi biaya dan waktu, sehingga nantinya produk perikanan, makanan, dan farmasi akan  mempunyai kualitas yang lebih baik dan harga lebih kompetitif.”

Harapan yang sama juga disampaikan oleh Gemilang Tarigan - Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (APTRINDO), yang mencontohkan efisiensi dan efektifitas penggunaan teknologi informasi di jalur transportasi truk di perbatasan Senzhen - Hong Kong yang berlangsung cepat, karena pengemudi cukup gesekkan kartu berisi data kargo, identitas dan detil perjalanan. Sehingga truk itu bisa melintas terus bila lampu menyala hijau.

Author: Martin Jop
GO Ina

Bea Cukai fasilitasi pengiriman 900 paket parasut untuk Air Drop bantuan kemanusiaan yang dilakukan TNI melalui pesawat TNI AU di Gaza, Palestina

Details
April 12, 2024

Monitoring juga memastikan untuk meningkatkan kualitas layanan pendukung yang diberikan kepada penumpang dan pengguna bandara secara keseluruhan.

Details
April 9, 2024

Menjelang buka puasa, anak-anak binaan Yayasan Kumala mengikuti sosialisasi pemilahan sampah yang kemudian dilombakan secara berkelompok

Details
April 5, 2024

TIKI siap menjadi mitra pengiriman yang andal bagi seluruh masyarakat Indonesia yang merayakan Hari Raya Idul Fitri

Details
April 4, 2024

GENERAL NEWS