Breaking News:
Wednesday, 21 February 2018
Inovasi Layanan Ekspedisi di Era E-Commerce Lion Parcel Menggandeng Pos Indonesia

Menawarkan kemudahan pengantaran kiriman paket dan dokumen khusus wilayah tertentu, lebih dari 118  kota/ kabupaten di Indonesia yang tidak terdapat outlet Lion Parcel melalui sebaran Pos Indonesia. 

Melalui kerjasama ini diharapkan terciptanya sinergi antara PT Pos Indonesia (Persero) dan Lion Parcel untuk tumbuh besar bersama sejalan meningkatkan belanja online khususnya pengiriman produk UKM dan mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. 

JAKARTA – Lion Parcel sebagai perusahaan penyedia jasa pengiriman paket dan 
dokumen yang tergabung dalam Lion Group hari ini melakukan penandatanganan kerjasama dengan Pos 
Indonesia. Kesepakatan ini dilakukan Farian Kirana, Direktur Utama Lion Parcel dan Agus F. Handoyo, Direktur 
Jasa Kurir PT Pos Indonesia (Persero), bertempat di kantor pusat Lion Parcel, Jalan Agave Raya No. 55, Kedoya 
Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Kerjasama ini sebagai bagian langkah strategis bisnis dengan mendasarkan sharing economy atau collaborative consumption, merupakan kolaborasi bisnis baru yang dengan konsep berbagi sumber daya (shared resources)  sesuai kemampuan masing-masing perseroan. 

Lion Parcel akan mendapatkan jaringan pengiriman Pos Indonesia, dimana outlet Lion Parcel tidak ada. Tahap 
awal ini, Lion Parcel memanfaatkan lebih dari 118 daerah yang belum terlayani saat ini. Dengan demikian, Lion Parcel dapat melakukan pengiriman yang diteruskan (Penerusan Kiriman) oleh Pos Indonesia dari kantor tujuan awal ke kantor penerusan kiriman. Layanan yang digunakan untuk pengiriman menggunakan layanan 
Pos Kilat Khusus.

Pos Indonesia berpengalaman 272 tahun dengan jangkauan layanan hingga setingkat kelurahan akan memperoleh alokasi ruang kargo dan tarif angkutan udara dengan menggunakan layanan udara niaga berjadwal Lion Air Group yang melayani penerbangan dari Sabang hingga Merauke, dari Talaud sampai ke Pulau Rote. Di Indonesia dan regional, rute Lion Air dan Batik Air terkoneksi dengan Wings Air yang menjangkau daerah pelosok (kotamadya/kabupaten). Untuk rute internasional, diperkuat oleh Malindo Air berbasis di Kuala Lumpur, Malaysia dan Thai Lion Air di Bangkok, Thailand.

Dari sinergi yang terjalin, menyediakan layanan yang membuat pelanggan mendapatkan akses lebih mudah dalam melakukan transaksi pengiriman paket/ dokumen. 

Kemitraan ini juga bertujuan untuk turut serta melaksanakan dan menunjang kebijakan dan program 
pemerintah di bidang ekonomi dan pembangunan nasional pada umumnya, terutama memperlancar arus barang di bidang pelayanan jasa pos bagi masyarakat di seluruh Indonesia.

Farian Kirana, Direktur Utama Lion Parcel mengatakan, “Kami sangat bangga dapat menjalin kemitraan bisnis dengan Pos Indonesia, terutama menjawab tantangan serta peluang pasar dan tuntutan pelanggan yang 
semakin dinamis. Kerjasama ini sekaligus menyediakan kemudahan bagi pertumbuhan perdagangan online (e-commerce) yang pesat dengan era digitalisasi, sehingga memberikan dampak positif yaitu pelanggan semakin dimudahkan dalam melakukan pengiriman paket ataupun dokumen. Selain itu, menjadikan bisnis jasa pengiriman berkembang pesat di tanah air.”

Pos Indonesia dan Lion Parcel bersama Lion Group mampu memberikan solusi inovatif dalam memperlancar 
distribusi barang dari atau ke seluruh wilayah Indonesia hingga merambah kawasan regional. Hal ini diharapkan mampu menggerakkan perekenomian nasional, di era saat ini pasar didominasi para pelaku Usaha Kecil dan Menangah (UKM), industri kreatif dan perorangan yang membutuhkan jasa pengantaran efektif, cepat dan tepat.

Lebih lanjut menurut Farian, “Dengan pemanfaatan konsep berbagi sumber daya dan kemampuan ini, dipadu 
peningkatan teknologi digital di sektor pos, ekspres dan logistik, harapan besar mampu dengan mudah dan murah dalam menjangkau potensial pasar lebih luas serta mendekatkan kepada pelanggan di Indonesia.”

Agus F. Handoyo, Direktur Jasa Kurir PT Pos Indonesia (Persero) menyatakan, “Kami sangat senang dan berterima kasih dapat mewujudkan sinergi bersama salah satu perusahaan swasta seperti Lion Group ini, untuk memanfaatkan potensi masing-masing perusahaan. Pos Indonesia akan tetap memberikan kuantitas 
dan kualitas yang lebih baik, dengan jaringan Lion Grup yang tersebar di Indonesia.”
“Lion Group memiliki kemampuan yang mampu terbang ke daerah terpencil dan Pos menjangkau sampai 
tingkat desa. Sharing economy ini, bisa memberikan pelanggan dalam pengiriman paket lebih ekonomis dan 
menjangkau semuanya,” pungkas Agus.

Author: Eko Nugroho
GO Ina

Bea Cukai fasilitasi pengiriman 900 paket parasut untuk Air Drop bantuan kemanusiaan yang dilakukan TNI melalui pesawat TNI AU di Gaza, Palestina

Details
April 12, 2024

Monitoring juga memastikan untuk meningkatkan kualitas layanan pendukung yang diberikan kepada penumpang dan pengguna bandara secara keseluruhan.

Details
April 9, 2024

Menjelang buka puasa, anak-anak binaan Yayasan Kumala mengikuti sosialisasi pemilahan sampah yang kemudian dilombakan secara berkelompok

Details
April 5, 2024

TIKI siap menjadi mitra pengiriman yang andal bagi seluruh masyarakat Indonesia yang merayakan Hari Raya Idul Fitri

Details
April 4, 2024

GENERAL NEWS