Breaking News:
Thursday, 8 March 2018
JALIN KERJASAMA ANTARA JNE dan FOI

Jakarta -- JNE perusahaan yang bergerak dalam bidang pengiriman logistik dan FOI (Foodbank of Indonesia) lembaga masyarakat yang fokus membantu dan mendampingi masyarakat yang kelaparan dan kurang gizi. Hari ini melakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) di Gedung SDN Gandaria Utara 11 Pagi, dengan disaksikan oleh Deputi Menteri Bidang Tumbuh Kembang Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Lenny N.Rosalin, SE,MSc,  Presiden Direktur JNE, Mohammad Feriadi, Founder Foodbank of Indonesia (FOI) Hendro Utomo, Kepala Lurah Gandaria Utara, Syamsuddin R, serta Kepala Sekolah SDN Gandaria Utara 11 Pagi, Sukini, selaku tuan rumah acara MoU tersebut.

Kegiatan ini merupakan sebuah komitmen bersama antara 3 pilar yaitu, Pemerintah, Lembaga Swadaya Masyarakat dan Dunia Usaha, dalam upaya mendukung hak anak sebagaimana yang tercantum dalam UU Pasal 28 ayat 2, setiap anak pada dasarnya memiliki hak atas hidup, dalam artian memperoleh kondisi yang layak untuk tumbuh dan berkembang.

Persoalan gizi masih menjadi agenda penting di Indonesia. Tidak hanya kasus gizi buruk atau kurang, kasus kelaparan di sekolah terjadi.

“Menurut Data Riskesdak 2010 dari sekitar 86 juta anak di sekolah, sekitar 20%-40% berangkat ke sekolah dalam keadaan perut lapar. Hal ini dapat mengakibatkan menurunnya konsentrasi siswa pada saat belajar. Selain itu memiliki kemungkinan mengalami kesulitan untuk menerima pelajaran yang baik, kata Hendro Utomo, Founder FOI.

Foodbank of Indonesia (FOI) yang didirikan 20 Mei 2015 berinisiatif untuk membantu persoalan gizi pada melalui Program Mentari Bangsaku, yaitu program yang didesain untuk membantu siswa  Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Sekolah Dasar (SD) mendapatkan makanan tambahan. Menurut Hendro Utomo keberadaan FOI mungkin tidak dapat menyelesaikan semua persoalan, namun setidaknya membantu mengurangi persoalan yang ada.

Sebagai upaya untuk membantu program pemerintah, melalui Program Indonesia Ceria  (Cerita Baik Kita), FOI menggandeng dunia usaha untuk bekerjasama dan bersinergi dalam membantu mengurangi permasalahan gizi dan kelaparan di sekolah pada anak-anak. Upaya ini dilakukan untuk membangun masa depan Indonesia yang lebih baik melalui kwalitas sumber daya manusia yang baik. Salah satu perusahaan yang terpanggil adalah JNE, yang dikenal sebagai salah satu perusahaan logistik terbesar di Indonesia.

JNE yang sudah 27 tahun memenuhi kebutuhan pelanggannya dalam hal pengiriman ekspres dan logistik, berkontribusi untuk melakukan redistribusi makanan yang berasal dari donator dunia usaha di bidang pangan. Setelah dijemput di lokasi-lokasi yang telah ditentukan, selanjutnya diserahkan kepada FOI untuk di distribusikan kepada sekolah dan anak-anak yang masuk dalam target sasaran FOI.

Presiden Direktur JNE, Mohammad Feriadi berharap dengan adanya kerjasama yang ditandai dengan penandatanganan MoU antara FOI dengan JNE ini, pengumpulan dan distribusi makanan akan lebih efisien dan lebih luas jangkauan areanya “Dengan 6000 jaringan dan kapabilitasnya di seluruh nusantara JNE selalu berupaya maksimal untuk memberikan dukungannya dalam berbagai program yang bertujuan untuk mendorong kemajuan bangsa. JNE berharap kerjasama kali ini dapat memberikan manfaat dan kebahagian kepada masyarakat, terutama anak-anak sesuai dengan semangat tagline Connecting Happiness”, jelas Feriadi.

Deputi Menteri Bidang Tumbuh Kembang Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Lenny K.Rosalin mengatakan “Dengan kerjasama ini dapat mendorong upaya-upaya pemerintah mengatasi persoalan gizi anak, baik di sekolah maupun dalam keluarga. Intervensi dan edukasi gizi sangat penting dan ibu di rumah maupun guru di sekolah memeliki peran penting dalam pemenuhan hak anak atas kesehatan dan kesejahteraan”.

Selain penandatanganan MoU dilakukan juga pembagian makanan tambahan dan serah terima kendaraan operasional dari JNE yang akan didedikasikan untuk Program Indonesia Ceria.

Author: Eko Nugroho
GO Ina

Hasil penjualan didonasikan kepada penyandang disabilitas dan juga disumbangkan kepada 10 UMKM yang dimiliki oleh penyandang disabilitas.

Details
April 27, 2024

Bea Cukai fasilitasi pengiriman 900 paket parasut untuk Air Drop bantuan kemanusiaan yang dilakukan TNI melalui pesawat TNI AU di Gaza, Palestina

Details
April 12, 2024

Monitoring juga memastikan untuk meningkatkan kualitas layanan pendukung yang diberikan kepada penumpang dan pengguna bandara secara keseluruhan.

Details
April 9, 2024

Menjelang buka puasa, anak-anak binaan Yayasan Kumala mengikuti sosialisasi pemilahan sampah yang kemudian dilombakan secara berkelompok

Details
April 5, 2024

GENERAL NEWS