Breaking News:
Wednesday, 7 February 2018
PT Angkasa Pura II (Persero) Targetkan Akselerasi Pertumbuhan Kinerja Usaha Triple Double Digit di 2018

TANGERANG - PT Angkasa Pura II (Persero) memasuki tahun 2018 dengan optimis telah mencanangkan berbagai program strategis dalam RKAP 2018 untuk mengakselerasi target pertumbuhan kinerja usaha triple double digit yang mencakup Revenue, Ebitda dan Traffic (REFi) dimana target revenue perusahaan sebesar 9,4T (tumbuh sebesar 17,6%), Ebitda sebesar 3,68 triliun (tumbuh sebesar 11,6%) serta traffic passenger sebesar 119 juta penumpang per tahun (tumbuh sebesar 12,9%), ini termasuk traffic 2 (dua) bandara baru yaitu Banyuwangi dan BIJB.

Target tersebut merupakan salah satu langkah transformasi perseroan dalam menuju Angkasa Pura II Giant Dream 2020 yaitu mencapai Global Standard Airport, Invading The Multi Business Portofolio, Alliance Strategically Through Synergy, Net Income Double Digit Growth, dan Two Times Bigger in Top Line Revenue.

President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan, AP II memasuki tahun 2018 dengan optimis dimana kami mengusung tema RKAP Airports Grow Faster 2018 dengan menetapkan 3 (tiga) program utama yaitu Accelerated Revenue Growth, On Becoming 1 Million Aircraft Movements, dan Implementasi Airport Digital Journey Experience di seluruh bandara AP II.

Dalam mencapai Accelerated Revenue Growth, PT Angkasa Pura II (Persero) telah memformulasikan strategi yaitu Inorganic Business Growth Strategy dimana akan dilakukan pengembangan portofolio melalui anak perusahaan PT Angkasa Pura Solusi (APS), PT Angkasa Pura Propertindo (APP) dan PT Angkasa Pura Kargo (APK) dengan melakukan acquisition/kerjasama/partnership di beberapa portofolio anak usah, serta melakukan aliansi strategis untuk pengelolaan bandara-bandara dengan pola Kerjasama Operasi (KSO) dan Kerjasama Pemanfaatan di Bandara FL Tobing Sibolga, Bandara Maimun Saleh Sabang, Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu, Bandara Internasional H.A.S Hanandjoeddin Belitung, Bandara Internasional Radin Inten II di Lampung, dan Bandara Tjilik Riwut Palangkaraya.

Pada tahun 2018 ketiga anak usaha AP II ditargetkan memberikan revenue sebesar 1,7 triliun (18% dari target revenue AP II konsolidasi) dimana untuk PT Angkasa Pura Solusi (APS) pertama sekali akan menjadi 1 Trillion Company. Ketiga anak usaha tersebut akan menjalankan berbagai rencana bisnis diantaranya sebagai berikut:

- APS fokus pada pengembangan bisnis facility services dan passenger services dengan pendekatan berbasis digital;

- APP akan menyelesaikan proyek hotel bandara di Bandara Internasional Kualanamu dan mulai membangun hotel di Bandara Internasional Soekarno-Hatta; dan

- APK akan membangun Integrated Warehouse Aeroplex di 10 (sepuluh) bandara-bandara AP II.

PT Angkasa Pura II (Persero) juga mencanangkan program monumental yakni On Becoming 1 Million Aircraft Movements di seluruh bandara milik perseroan. Hal ini nantinya akan didukung dengan utilisasi jam operasional bandara, kapasitas penumpang dan pesawat di bandara yang eksisting, serta beberapa bandara baru yang akan dioperasikan seperti Bandara Internasional Jawa Barat dan Bandara Banyuwangi.

Rencana investasi yang dilakukan perseroan di tahun 2018 untuk menunjang program tersebut mencapai Rp 18.8 triliun yang dialokasikan masing-masing untuk peningkatan sisi udara yakni sebesar Rp 7.7 triliun, untuk peningkatan sisi darat (terminal) yakni sebesar Rp 5.4 triliun miliar, dan untuk fasilitas penunjang yakni Rp 5.6 triliun.

Di tahun 2018 PT Angkasa Pura II (Persero) juga akan fokus pada program Airport Digital Journey Experience dimana perseroan akan mengoptimalkan digital infrastructure dalam setiap touchpoint pelayanan di bandara untuk meningkatkan pelayanan kepada penumpang dan pengguna jasa di 14 bandara yang dikelola korporasi serta terciptanya customer experience yang lebih baik sekaligus peningkatan Airport Service Quality Level.

Airport Digital Journey Experience merupakan intergrasi teknologi yang akan disempatkan pada berbagai layanan yang dapat dinikmati oleh penumpang secara langsung maupun menggunakan aplikasi mobile di bandara baik itu pre-journey, in-journey, dan post-journey.

Perseroan juga akan menyelesaikan proyek pembangunan Airport Operation Control Center (AOCC) khusus untuk di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dimana fasilitas pendukung pelayanan dan operasi kebandarudaraan ini merupakan yang pertama di Indonesia.

Dalam tahun 2018 perseroan juga akan menyelesaikan beberapa proyek strategis dalam program Soekarno-Hatta Expansion Project seperti Pembangunan Runway ketiga, East Cross Taxiway (ECT), Revitalisasi Terminal 1 dan Terminal 2, Penambahan lintasan Automated People Mover System (APMS). Selain Bandara Soekarno-Hatta ada juga pengembangan panjang runway dan runway overlay serta persiapan Banyuwangi sebagai bandara internasional, pengembangan panjang runway dan runway overlay Bandara Pontianak, dan lain-lain.

“Operational excellence, service excellence, dan business excellence merupakan faktor kunci keberhasilan AP II dalam mencapai target RKAP 2018 dan kami memastikan program Airport Digital Journey Experience akan memberikan pengalaman terbaru bagi pengguna jasa dalam pelayanan di bandara, pungkas Awaluddin.

Author: Eko Nugroho
GO Ina

Teleport juga menargetkan untuk melayani dua juta paket setiap hari atau setara dengan perusahaan logistik global terkemuka lainnya.

Details
May 17, 2024

Penghargaan “The Most Promising Company in Strategic Marketing” karena IAS membuktikan kinerjanya berdasarkan pencapaian terbaik Perusahaan BUMN.

Details
May 16, 2024

Selama menunggu, SOBATIKI dapat menikmati minuman seperti kopi, teh, dan minuman dingin di ruang tunggu yang privat dan tenang

Details
May 15, 2024

Denpasar (DPS) sumber pendapatan utama sebesar Rp 2,63 triliun, diikuti oleh Jakarta (CGK) Rp 2,58 triliun, Surabaya (SUB) Rp 784 miliar dan Medan (KUL) Rp 624 miliar.

Details
May 13, 2024

GENERAL NEWS