Breaking News:
Tuesday, 6 February 2018
Sekjen ICAO: Industri Penerbangan adalah Pelopor dan Pendorong Pembangunan Berkelanjutan

Pada ajang Asia Pacific Ministerial Conference on Civil Aviation, Sekretaris Jenderal ICAO Liu Fang mengatakan betapa pentingnya industri penerbangan dalam pembangunan ekonomi dunia yang berkelanjutan. 

Ajang Asia Pacific Ministerial Conference on Civil Aviation yang pertama diselenggarakan di Beijing pada 31 Januari – 1 Februari, bertema "Sharing, Inclusion, Collaboration and Jointly Shaping the Future Aviation of Asia Pacific".

Berikut pidatonya:

Transportasi udara kini memainkan peran yang semakin penting dalam mempromosikan keterhubungan antara berbagai negara di dunia, serta mendorong pertumbuhan ekonomi global. Sementara itu, industri transportasi udara juga menghadapi sejumlah tantangan termasuk keamanan dan pembangunan berkelanjutan. 

Sebagai badan khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa, organisasi International Civil Aviation Organization (ICAO) bertindak sebagai sarana penting bagi kerja sama penerbangan sipil antara berbagai bangsa. ICAO juga terus mengimplementasikan berbagai pengukuran demi memfasilitasi kerja sama antara negara anggota dalam sektor penerbangan sipil.

Liu Fang, Sekretaris Jenderal, ICAO, menyebut sektor penerbangan sipil di Tiongkok bertumbuh cepat selama beberapa tahun terakhir. Pertumbuhan tersebut diikuti dengan tingkat keamanan dan efisiensi operasional yang relatif tinggi. Industri penerbangan sipil berkontribusi besar bagi pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia Pasifik. Dari segi keamanan penerbangan, tercatat angka kecelakaan pesawat di kawasan semakin menurun. Secara keseluruhan, industri penerbangan sipil memiliki potensi yang besar dan masa depan yang menjanjikan.

Meski demikian, beberapa negara anggota ICAO di kawasaan Asia Pasifik belum menerapkan sistem regulasi yang efektif bagi keselamatan penerbangan. Karena kurangnya sumber daya manusia dan pengawasan keamanan yang cukup, level manajemen lalu lintas udara mereka masih harus ditingkatkan. Dengan maraknya teknologi digital yang semakin populer di industri penerbangan sipil, keamanan internet juga menjadi ancaman bagi keselamatan penerbangan.

Liu mengimbau negara-negara di Asia Pasifik untuk memperkuat layanan pengelolaan lalu lintas udara, meningkatkan level manajemen lalu lintas udara, merancang struktur rute yang baru, mempercepat pembangunan infrastruktur termasuk bandara, mengubah desain dan model operasional bandara, serta mengikuti tren yang sedang berkembang di sektor transportasi udara masa depan.

Liu mengindikasikan, ICAO akan memperkuat kerja samanya dengan negara-negara di Asia Pasifik dengan fokus pada dukungan. Dia berharap, ajang Asia Pacific Ministerial Conference on Civil Aviation yang pertama dapat menjadi sarana tingkat tinggi bagi kerja sama dan bantuan untuk kawasan Asia Pasifik. Ajang ini juga diharapkan dapat membantu perkembangan yang lebih berkelanjutan dan aman bagi industri penerbangan di kawasan tersebut.

Konferensi tersebut merupakan perwujudan dari Deklarasi Beijing, yang mencerminkan keprihatinan, posisi dan visi yang sama dari seluruh negara anggota dari kawasan Asia Pasifik. Berbagai kesamaan tersebut meliputi segi keamanan penerbangan, layanan navigasi di udara, investigasi kecelakaan dan sumber daya manusia. Deklarasi tersebut bukan hanya sebuah kesepakatan untuk mempromosikan perkembangan industri penerbangan di kawasan Asia Pasifik, tapi juga menjadi panduan kebijakan multilateral untuk mempromosikan perkembangan industri penerbangan sipil Asia Pasifik pada masa yang akan datang. 

Selain itu, deklarasi tersebut akan sangat signifikan dalam memperkuat kerja sama antarnegara dalam sektor penerbangan sipil, serta meningkatkan level keamanan penerbangan di kawasan Asia Pasifik. Hal ini juga akan mempromosikan perkembangan industri penerbangan sipil yang sehat, berkelanjutan dan berkualitas tinggi di kawasan tersebut. Tampak pula peran penting industri penerbangan dalam membangun komunitas yang berbagi masa depan bersama untuk kemanusiaan. 

Implementasi Deklarasi tersebut juga akan mempromosikan perkembangan industri penerbangan sipil di negara-negara Asia Pasifik yang merupakan bagian dari inisiatif Belt and Road.

Author: Martin Jop
GO Ina

Bea Cukai fasilitasi pengiriman 900 paket parasut untuk Air Drop bantuan kemanusiaan yang dilakukan TNI melalui pesawat TNI AU di Gaza, Palestina

Details
April 12, 2024

Monitoring juga memastikan untuk meningkatkan kualitas layanan pendukung yang diberikan kepada penumpang dan pengguna bandara secara keseluruhan.

Details
April 9, 2024

Menjelang buka puasa, anak-anak binaan Yayasan Kumala mengikuti sosialisasi pemilahan sampah yang kemudian dilombakan secara berkelompok

Details
April 5, 2024

TIKI siap menjadi mitra pengiriman yang andal bagi seluruh masyarakat Indonesia yang merayakan Hari Raya Idul Fitri

Details
April 4, 2024

GENERAL NEWS