Breaking News:
Monday, 19 February 2018
SEMUA PIHAK DALAM PENERBANGAN HARUS BEKERJASAMA UNTUK MENGHADAPI DAMPAK CUACA EKSTRIM

Jakarta -- Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso kembali meminta semua pihak dalam  penerbangan untuk bersatu dan bekerjasama dalam mematuhi peraturan yang berlaku terkait dengan adanya cuaca ekstrim yang diperkirakan akan melanda wilayah Indonesia mulai awal hingga akhir Februari. Semua pihak yang dimaksud adalah regulator yaitu otoritas bandar udara setempat; operator  seperti maskapai penerbangan, pengelola bandara, pengelola navigasi penerbangan dan BMKG; serta juga masyarakat dalam hal ini penumpang pesawat.

"Cuaca atau alam itu adalah anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa kepada manusia. Kita tidak bisa menentangnya. Yang bisa kita lakukan adalah mengakrabi alam sehingga dalam keadaan apapun cuacanya, kita tetap bisa beraktifitas dengan selamat, aman dan nyaman. Jadi saya harap semua pihak harus maklum dan bekerjasama jika menghadapi cuaca ekstrim  tersebut," ujar Agus.

Agus melanjutkan bahwa begitu pula dengan aktifitas penerbangan. Jika ternyata cuacanya sangat ekstrim dan tidak memungkinkan melakukan penerbangan sesuai dengan standar prosedur operasi yang berlaku dalam keselamatan dan keamanan penerbangan, maka penerbangan tersebut harus ditunda atau bahkan dibatalkan. Dan semua pihak harus mematuhi hal tersebut, karena hal ini ditempuh demi keselamatan para penumpang.

Sedangkan untuk kenyamanan penumpang, Ditjen Perhubungan Udara selaku regulator penerbangan juga sudah membuat peraturan seperti misalnya Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 89 tahun 2015 tentang Penanganan Keterlambatan Penerbangan (Delay Management).

"Jadi kalau misalnya ada cuaca ekstrim, maka BMKG, Airnav dan maskapai serta pengelola bandara harus cepat berkoordinasi sehingga didapat kesimpulan penerbangan akan ditunda atau dibatalkan. Setelah itu pengelola bandara dan maskapai juga harus memberikan informasi yang transparan kepada penumpang terkait hal yang terjadi sehingga penumpang menjadi maklum. Penumpang dan operator harus bekerjasama membuat kondisi yang nyaman bagi semua pihak tanpa merugikan salah satu pihak. Dan semua kegiatan tersebut harus dalam koordinasi dan pengawasan dari otoritas bandara setempat," lanjut Agus.

Agus mencontohkan kejadian cuaca ekstrim yang terjadi sepanjang hari di Jakarta dan sekitarnya tanggal 15 Februari 2018 lalu. Hujan dan cuaca ekstrim terjadi sejak pkl. 23.30 UTC (06.30 WIB) sampai dengan sore hari. Visibility (jarak pandang) di Bandara Soekarno Hatta pada pkl. 00.00 s.d 01.00 UTC (07.00 - 08.00 WIB) bahkan hanya sampai 300 meter sehingga tidak memungkinkan pesawat untuk take off atau mendarat. Dengan demikian  banyak traffic yang delay departure dan holding untuk arrival.

Dari data laporan JATSC AirNav, mulai pukul 00.00 UTC (07.00 WIB ) tanggal 15 februari  sampai dengan dini hari tanggal 16 februari, sebaran traffic bervariasi antara 22 sampai dengan 73 movement per jam. Peak hour terjadi pada  pukul 16.00 - 17.00 WIB yang mencapai 73 movement (take off - landing pesawat) dalam satu jam. Dan rata-rata traffic movement dari pagi s.d pkl. 23.00 WIB  berkisar 65 movement per jam, lebih rendah dari hari sebelumnya.

"Jadi semua maskapai terkena dampak karena rotasi pesawat menjadi terganggu dan berakibat delay. Untuk meminimalisirnya, AirNav Indonesia sudah melakukan open slot, sehingga  siapa maskapai yang siap berangkat, langsung di-released oleh ATC. Dengan demikian, delay yang terjadi pada tanggal 15-16 Februari lalu terutama di Bandara Soekarno-Hatta memang murni karena faktor cuaca, bukan karena pelayanan operator penerbangan yang menurun. Dan dengan demikian kami mengharapkan semua pihak untuk maklum serta tetap bekerjasama sehingga tercapai penerbangan yang selamat, aman dan nyaman," pungkas Agus.

Author: Eko Nugroho
GO Ina

Teleport juga menargetkan untuk melayani dua juta paket setiap hari atau setara dengan perusahaan logistik global terkemuka lainnya.

Details
May 17, 2024

Penghargaan “The Most Promising Company in Strategic Marketing” karena IAS membuktikan kinerjanya berdasarkan pencapaian terbaik Perusahaan BUMN.

Details
May 16, 2024

Selama menunggu, SOBATIKI dapat menikmati minuman seperti kopi, teh, dan minuman dingin di ruang tunggu yang privat dan tenang

Details
May 15, 2024

Denpasar (DPS) sumber pendapatan utama sebesar Rp 2,63 triliun, diikuti oleh Jakarta (CGK) Rp 2,58 triliun, Surabaya (SUB) Rp 784 miliar dan Medan (KUL) Rp 624 miliar.

Details
May 13, 2024

GENERAL NEWS