Breaking News:
Tuesday, 17 September 2019
BALITBANGHUB SEKARANG SUDAH SERTIFIKASI ISO 9001 : 2015

Jakarta – Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan raih sertifikasi manajemen ISO 9001 : 2015 yang diberikan oleh Badan Sertifikasi TÜV NORD Indonesia  dan diserahkan pada hari Selasa (17/9) di kantor Badan Litbang Perhubungan. Perolehan sertifikasi ini adalah bukti nyata atas sistem manajemen yang baik di lingkungan Badan Litbang Perhubungan.

TÜV NORD Indonesia memberikan 3 (tiga) sertifikasi ISO 9001 : 2015 kepada Badan Litbang Perhubungan, diantaranya sertifikasi untuk Pusat Penelitian dan Pengembangan Transportasi Antarmoda yang telah menerapkan sistem manajemen sesuai dengan standar untuk ruang lingkup Penyedia Penelitian dan Pengembangan untuk Transportasi Antarmoda; Sertifikasi selanjutnya diberikan kepada Perpustakaan Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan dan Warta Penelitian Perhubungan yang telah menerapkan sistem manajemen sesuai dengan standar dengan ruang lingkup Pengelolaan Perpustakaan dan Warta Penelitian Perhubungan; Terakhir, sertifikasi Pusat Penelitian dan Pengembangan Transportasi Jalan dan Perkeretaapian yang telah menerapkan sistem manajemen sesuai dengan standar untuk ruang lingkup Penelitian dan Pengembangan Transportasi Jalan dan Perkeretaapian.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan, Sugihardjo berkata, “Yang kita peroleh ini bukan sekedar sertifikat tapi ini merupakan komitmen kita bagaimana menjalankan bisnis proses dengan standar internasional, karena itu, ini menjadi komitmen kita  bersama agar proses kerja kita lebih professional, sehingga hasilnya lebih berkualitas.”
ISO 9001 : 2015 ini adalah sebuah pondasi untuk melakukan pengembangan, dan merupakan langkah maju Kementerian Perhubungan, khususnya Badan Litbang Perhubungan. Kedepannya, dengan adanya ISO 9001 : 2015, auditor internal sudah memiliki pondasi-pondasi dasar bagaimana mengimplementasikan tugas masing-masing ke dalam sebuah standar internasional.

Direktur TÜV NORD Indonesia, Bayu Wicaksana berkata, “sertifikat yang diraih hari ini sudah setara dengan yang ada di negara lain, tentunya hal ini menjadi sebuah kebanggaan apabila akan melakukan benchmarking di luar negeri.”

Untuk diketahui, agar dapat menerapkan Standar Sistem Manajemen ISO 9001 : 2015, banyak faktor yang mempengaruhi perancangan dan penerapannya, antara lain lingkungan organisasi, risiko apa saja yang dapat mempengaruhi mutu produk dan layanan, tahapan kegiatan apa saja yang dilakukan organisasi, produk/layanan apa yang dihasilkan, serta pengetahuan yang dibutuhkan organisasi untuk meningkatkan kualitas mutu pelayanan atau produk.

Lebih lanjut, Bayu mengatakan bahwa ia berharap semoga sertifikasi disini (Badan Litbang Perhubungan) juga berlangsung dengan baik hingga nanti tahun berikutnya,  kami juga punya tanggung jawab untuk memastikan bahwa sertifikat yang diraih hari ini dapat terimplementasi dengan baik.

Dengan berhasilnya Badan Litbang Perhubungan meraih sertifikat ISO 9001 : 2015 ini, diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat akan mutu produk dan layanan dari Badan Litbang Perhubungan. Hal ini karena mutu produk maupun layanan yang dihasilkan oleh Badan Litbang Perhubungan telah terjamin.

Author: DPar
GO Ina

TIKI memprediksi akan terjadi pertumbuhan volume kiriman antara 20-25 persen di Bulan Ramadhan 2024

Details
March 14, 2024

Melalui kerjasama sebagai pendukung logistik BBW tahun ini, diharapkan dapat menjadi solusi bagi para pecinta buku di Indonesia

Details
March 1, 2024

IAS memastikan seluruh logistik tiba dengan aman, menyambut tim dan para peserta dengan keramahtamahan khas Indonesia, hingga kebersihan area balap

Details
February 29, 2024

TIKI ada dalam tiap kanal komunikasi termasuk kanal digital yang digunakan pelanggan, sehingga TIKI tetap dekat dengan pelanggan.

Details
February 28, 2024

GENERAL NEWS