Breaking News:
Monday, 23 September 2019
BENCANA KABUT ASAP BANDARA DI SUMATERA TETAP BEROPERASI

Jakarta, 23/09/2019 – Kabut asap akibat karhutla (kebakaran hutan dan lahan) masih muncul di sebagian wilayah Sumatera sehingga jarak pandang sangat rendah masih terjadi sejumlah bandara, mencapai kurang dari 1000 meter. Berdasarkan informasi yang diperoleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dari Kantor Otoritas Bandar Udara (OBU) Wilayah II Medan dan Wilayah VI Padang, sejumlah bandara masih terdampak kabut asap namun tidak mengganggu operasional bandara dan penerbangan.

PH Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Dadun Kohar mengatakan hingga kini Ditjen Hubud terus memantau dan berkoordinasi dengan Otoritas Bandar Udara (OBU), Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) serta stakeholder penerbangan yang wilayahnya terdampak asap. “Kami terus memonitoring, melakukan koordinasi dan mengupdate kondisi yang terjadi di masing-masing bandara terdampak, dan personil di bandara agar terus bersiaga dan waspada, pastikan keselamatan dan keamanan penerbangan adalah nomor satu,” ujar Dadun.

Kepala Kantor OBU Wilayah II Medan, Bintang Hidayat menyampaikan Bandara  Kualanamu Medan  dan  Bandara Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru  memiliki  jarak pandang minimum (visibility below minimum/VBM) 800 m, sehingga apabila dibawah  VBM maka pesawat  tidak boleh melakukan take off dan landing. 

“Bandar Udara Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru saat ini memiliki  visibility  sekitar 600 meter, bandara tetap beroperasi normal namun untuk terjadi penundaan (delay) sampai  VBM terpenuhi,” ujar Bintang.

Kepala Kantor OBU Wilayah VI Padang, Agoes Soebagio menambahkan hal yang serupa juga terjadi di beberapa bandara di wilayah kerjannya. “Di wilayah kerja Otban VI, seluruh operasional bandara masih berjalan normal,” jelas Agoes.

Seperti diketahui, bahwa kebakaran hutan dan lahan terus berlangsung, apabila jarak pandang tidak memenuhi dapat mengganggu aktifitas penerbangan.

Author: DPar
GO Ina

Hasil penjualan didonasikan kepada penyandang disabilitas dan juga disumbangkan kepada 10 UMKM yang dimiliki oleh penyandang disabilitas.

Details
April 27, 2024

Bea Cukai fasilitasi pengiriman 900 paket parasut untuk Air Drop bantuan kemanusiaan yang dilakukan TNI melalui pesawat TNI AU di Gaza, Palestina

Details
April 12, 2024

Monitoring juga memastikan untuk meningkatkan kualitas layanan pendukung yang diberikan kepada penumpang dan pengguna bandara secara keseluruhan.

Details
April 9, 2024

Menjelang buka puasa, anak-anak binaan Yayasan Kumala mengikuti sosialisasi pemilahan sampah yang kemudian dilombakan secara berkelompok

Details
April 5, 2024

GENERAL NEWS