Breaking News:
Friday, 22 November 2019
BGR Inovasi Solusi Buang Barang Elektronik Tak Terpakai

Bagi masyarakat (perkantoran/perusahaan) yang ingin membuang (memindahkan) barang bekas elektronik yang dimiliki karena sudah rusak atau tidak dipakai lagi digunakan, kini ada solusinya.

BUMN penyedia jasa layanan logistik terintegrasi, PT Bhanda Ghara Reksa (Persero)/BGR Logistics, baru-baru ini meluncurkan "BGR access", aplikasi digital yang memberikan solusi bagi masyarakat yang ingin membuang/memindahkan barang bekas elektronik yang tidak dipakai/rusak

Direktur Utama BGR Logistics, M. Kuncoro Wibowo, menjelaskan bahwa aplikasi BGR Access ini, menjawab kebutuhan masyarakat yang kesulitan membuang barang bekas elektronik yang dimiliki.

"Hal ini sejalan dengan komitmen BGR Access yang ingin memberikan manfaat secara ekonomi, menjaga lingkungan, dan menggandeng masyarakat untuk menambah penghasilan, serta sesuai dengan tagline BGR sebagai Digtal Logistics Company," katanya.

Tidak hanya sekedar aplikasi, namun BGR Access juga telah membangun ekosistem logistik dalam pemindahan barang bekas elektonik milik masyarakat tersebut.

Untuk memperlancar proses logistik, BGR Access telah bekerjasama dengan Grab dan Triplogic, yang bertindak sebagai picker yang mengambil barang dari customer dan diantar ke Mitra BGR Access.

Ekosistem selanjutnya adalah Mitra BGR Access, dapat berupa perorangan, UMKM, ataupun kelompok masyarakat yang berperan menyediakan tempat untuk meletakkan sementara barang bekas elektronik dari masyarakat sebelum nantinya diambil oleh transporter BGR Logistics untuk dibawa ke pengolahan.

“Kami saat ini tengah menggandeng BRI yang memiliki banyak agen BRILink di Jakarta dan juga Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta yang membina ribuan bank sampah di Jakarta,” Kuncoro menjelaskan.

Tambahnya, bahwa semua kegiatan yang terjadi pada aplikasi ini, akan berlangsung secara digital dan telah diolah oleh sistem. Atas semua usaha yang dilakukan oleh pengguna dan mitra, BGR akan memberikan dana kompensasi, yang dapat langsung dilihat pada aplikasi BGR Access.

“Pengguna dan mitra cukup melihat informasi pada aplikasi atas perkiraan besaran dana kompensasi yang akan didapat, tidak perlu timbang-menimbang barang lagi,” ungkapnya.

Untuk layanan transfer dana kompensasi bagi pengguna/pelanggan dan mitra, BGR Logistics juga telah bekerjasama dengan Bank BRI dan Bank BCA. "Selain itu kedepannya, kami juga telah melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan LinkAja, sebagai variasi pilihan transfer saldo milik pengguna BGR Access," kata Dirut BGR Logistics itu.

Ke depannya, layanan BGR Access tidak saja pada barang bekas elektronik, tapi juga sejumlah layanan logistik balikan lainnya, yang akan memberikan manfaat lebih besar dan juga layanan e-commerce yang akan mempermudah pengguna mendapatkan komoditas pangan dan bahan makanan pokok.

Sementara ini aplikasi BGR Access baru dapat digunakan untuk pengguna di wilayah Jakarta, Tangerang, dan Bekasi. Setelah itu, bertahap layanan BGR Access akan melayani masyarakat lebih luas. Aplikasi BGR Access sudah dapat diunduh di smartphone berbasis android.

Author: Martin Jop
GO Ina

Bea Cukai fasilitasi pengiriman 900 paket parasut untuk Air Drop bantuan kemanusiaan yang dilakukan TNI melalui pesawat TNI AU di Gaza, Palestina

Details
April 12, 2024

Monitoring juga memastikan untuk meningkatkan kualitas layanan pendukung yang diberikan kepada penumpang dan pengguna bandara secara keseluruhan.

Details
April 9, 2024

Menjelang buka puasa, anak-anak binaan Yayasan Kumala mengikuti sosialisasi pemilahan sampah yang kemudian dilombakan secara berkelompok

Details
April 5, 2024

TIKI siap menjadi mitra pengiriman yang andal bagi seluruh masyarakat Indonesia yang merayakan Hari Raya Idul Fitri

Details
April 4, 2024

GENERAL NEWS