Saturday, 15 June 2019
Dengan Identitas Baru, QRIM Express Optimis Bisnis Kurirnya Tumbuh di Indonesia

kiri-kanan: Tetsushi KurodaChief Strategy Officer, QRIM Express; Abdul Rahim TahirChief Executive Officer, QRIM Express; WidiatmokoChief Operations Officer, QRIM Express


Reka Cakrabuana Logistik (QRIM Express), perusahaan yang berkomitmen menghadirkan solusi bagi segala kebutuhan logistik, memperkuat bisnisnya di segmen costumer-to-costumer (C2C) dengan melakukan transformasi bisnis yang signifikan.

Di tahun 2019 ini, perusahaan yang dahulu bernama RCL Logistik, berkat pertumbuhan yang luar biasa dalam bisnisnya, percaya diri menghadirkan identitas baru perusahaan, dengan nama QRIM Express. Perusahaan ini merupakan joint venture Lippo Group dan Sumitomo Corporation (Jepang).

"Langkah bisnis yang strategis ini dilakukan di tengah suasana optimistisme industri logistik di Tanah Air, yang diprediksi akan terus bertumbuh pada 2019. Identitas baru ini diharapkan dapat memenuhi semua harapan dan pada saat yang sama memajukan brand yang sedang menjalani proses pendewasaan, aksesibilitas, dan kesederhanaan layanan yang disajikan QRIM Express," Abdul Rahim Tahir, Chief Executive Officer QRIM Express Indonesia, menyampaikan di depan wartawan pada acara "Quliah Bareng Qrim", di Artotel Hotel, Jakarta (13/06/2019)

Identitas yang baru diperbaharui ini, lanjutnya, mencerminkan misi QRIM Express untuk menghadirkan pengalaman layanan pengiriman ekspres yang inovatif dan berbasis solusi.

QRIM Express membina dan mendukung Logistik dan Transportasi melalui berbagi pengetahuan, meningkatkan kesadaran untuk mendorong inovasi untuk memanfaatkan peluang dengan lebih baik, sambil membantu bisnis bersaing secara efektif dan efisien di tengah pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Transformasi bisnis yang penting ini adalah salah satu langkah strategis yang diambil perusahaan dalam rangka mengoptimalisasi bisnis di tengah hawa segar pertumbuhan ekonomi dan bisnis logistik nasional,” CEO QRIM Express Indonesia itu menjelaskan.  

Menurut pria yang sudah berpengalaman 30 tahun lebih di dunia logisitk, pertumbuhan ini, terutama didukung oleh industri e-commerce yang naik dengan pesat, kapitalisasi jasa kurir telah meningkat luar biasa. Begitu juga peningkatan konektivitas baik melalui jalur udara maupun darat, termasuk pembangunan infrastruktur, juga menjadi faktor yang tak bisa diabaikan, katanya.

Sektor logistik adalah multi-industry enabler yang mendukung perekonomian nasional selama ini. Sejak 2017, logistik mengalami peningkatan luar biasa ditopang maraknya e-commerce. Sektor logistik berkontribusi 5,41 persen pada total GDP Indonesia tahun 2017 yang mencapai Rp14.837 triliun. Pada tahun lalu, pertumbuhan bisnis logistik mencapai 8,44 persen (naik menjadi Rp735,2 triliun) dibandingkan 2017.

Tahun 2019, optimisme merebak di antara pelaku jasa logistik. Sebab pada tahun ini, sektor logistik diprediksi tumbuh 11,56 persen, menjadi Rp 889,4 triliun dan berkontribusi sebesar 5,55 persen pada GDP nasional.

Oleh sebab itu di tengah industri yang menjanjikan, QRIM Express berkomitmen untuk menyediakan solusi untuk berbagai kebutuhan logistik, didukung oleh jangkauan jaringan nasional dan sistem tracking online selama 24 jam.

Hasrat QRIM Express adalah membantu konsumen menumbuhkan bisnisnya dengan menyajikan layanan Courier, Express, dan Parcel Services (CEP) yang dapat diandalkan, mudah dijangkau, dan nyaman.

“Visi kami adalah menyediakan solusi jasa delivery dan platform pembayaran, untuk berkontribusi bagi pembangunan masyarakat lokal dan menjadi provider logistik terkemuka yang menyediakan layanan pengiriman ekspres yang inovatif dan berbasis solusi,” kata Tetsushi Kuroda, Chief Strategy Officer QRIM Express.

Tahun 2019 ini kami akan berkolaborasi dengan Bank BTPN, OVO, true money, dan juga Grab Indonesia, kata Tetsushi, pria asal Jepang yang bertanggung jawab pada strategi dan pengembangan bisnis perusahaan. 

Dari sudut operasionalnya, dengan dukungan tim yang terdiri dari para pakar di bidang logistik, QRIM Express optimistis pada komitmennya memenuhi segala yang dibutuhkan pengguna jasa. Sebab layanan QRIM sudah dimulai sejak paket hendak dikirim.

“Kami mengatur segala proses back-end dalam rangka mendukung bisnis, mulai dari pengambilan inventaris hingga pengiriman, QRIM Express akan menjamin barang tiba tepat waktu di tempat tujuan,” kata Widiatmoko, Chief Operations Officer QRIM Express.

Dengan jangkauan jaringan di sekitar 156 kota di seluruh Indonesia, QRIM Express berkomitmen menyediakan solusi untuk segala kebutuhan logistik, yang didukung sekitar 400 armada kendaraan cakupan jaringan nasional, sistem pelacakan online 24/7, serta gudang strategis seluas sekitar 4.500 m2 sebagai tempat penyimpanan dan distribusi, kata Widiatmoko sebagai orang yang bertanggung jawab pada operasional harian perusahan,

Author: Martin Jop
GO Ina

Dari survey tentang penggunaan dompet digital yang dilakukan terhadap 757 orang responden di keempat kota tersebut, jumlah pengguna dompet digital terbesar terdapat di Bandung (69,4%), diikuti Jakarta (65,996), Yogyakarta (63,8%), dan Surabaya (37,5%). Sementara dari 1.046 orang responden, jumlah pengguna layanan e-commerce terbesar ada di Bandung (85,9%), diikuti Jakarta (82,8%), Yogyakarta (81.3%), dan Surabaya (76,9%). 

Details
October 15, 2019

Bandar Udara Letung memiliki panjang landas pacu dengan dimensi 1400 x 30 meter, apron 70 x 125 meter dan taxiway 15 x 125 meter, sehingga mampu melayani pesawat sejenis ATR 72. Operasional penerbangan dilaksanakan oleh maskapai Wings Air dengan pesawat berjenis ATR 72 500/600 dengan rute Batam-Letung PP seminggu empat kali dan Tanjung Pinang-Letung PP seminggu sekali.

Details
October 15, 2019

VP Corporate Secretary Garuda Indonesia M. Ikhsan Rosan menyatakan bahwa "Garuda Indonesia telah melakukan pemeriksaan terhadap beberapa pesawat yang memiliki 30.000 siklus terbang (flight cycle). Adapun, mayoritas pesawat Boeing Seri NG yang dioperasikan Garuda Indonesia masih tergolong baru, sehingga banyak yang belum mencapai angka flight cycle tersebut. 

Details
October 15, 2019

"Kepulauan Anambas merupakan destinasi wisata yang sangat indah, dengan adanya Bandara Letung dapat menunjang potensi-potensi tersebut dengan mendatangkan banyak turis asing maupun lokal" ucap Menhub Budi Karya.

Details
October 15, 2019

GENERAL NEWS