Wednesday, 22 May 2019
KEAMANAN, KENYAMANAN BANDARA TETAP UTAMA SERTA HARGA TIKET PESAWAT

JAKARTA- PT Angkasa Pura I (AP I) memutuskan untuk memperketat pengamanan pada bandara-bandara kelolaannya di seluruh Indonesia.

Pengetatan keamanan ini dilakukan menyusul aksi massa 22 Mei hari ini, di beberapa titik di Jakarta, seperti di sekitar Gedung Bawaslu Jalan MH Thamrin, Tanah Abang dan Petamburan.

Direktur Utama AP I Faik Fahmi mengatakan, pihaknya telah mengeluarkan surat edaran di 15 bandara yang dikelolanya untuk mengetatkan keamanan.

Dan untuk masalah tiket pesawat yang dianggap mahal oleh masyarakat menyebabkan pengguna pesawat berkurang. Penurunan jumlah penumpang ini menggerus pendapatan pengelola bandara, PT Angkasa Pura I atau Airport.

Direktur Utama AP I Faik Fahmi mengatakan, pihaknya kehilangan pendapatan mencapai Rp 300 miliar sejak awal tahun hingga Mei 2019.

"Jadi penurunan traffic sampai dengan Mei ini ya ke kita itu sekitar 15-20% penurunannya dibandingkan tahun lalu. Dampak terhadap finansial hitungan kita kemarin sampai dengan bulan Mei sekitar Rp 300 miliar, dari awal tahun," kata Faik saat menggelar buka puasa bersama dengan media di Plaza Indonesia, Jakarta, Rabu (22/5/2019).

Pihaknya berharap pada bulan-bulan berikutnya jumlah pengguna pesawat bisa kembali meningkat. Dengan demikian pendapatan perusahaan bisa membaik.

"Nah tapi ini mudah-mudahan bisa kita recovery di periode berikutnya ini ya. Jadi dampak secara langsung Rp 300 miliar," sebutnya.

Dia melanjutkan, pihaknya bakal mendorong pendapatan dari sektor lainnya di luar aktivitas penerbangan pesawat.

"Jadi yang Rp 300 miliar kan penurunan dari pendapatan aero. Non aeronya kan masih bisa ditingkatkan. Jadi in total revenue kita masih bisa kita capai," tambahnya.

Author: Eko Nugroho
GO Ina

Outlet ini adalah salah satu transpormasi bisnis APLog untuk menjangkau lebih luas masyarakat yang ingin kirim barang dengan penerbangan domestik atau internasional.

Details
September 17, 2019

“ Peringatan Harhubnas dimaknai sebagai momentum untuk merenungkan kembali terhadap kinerja kita, dan berbagai peristiwa yang terjadi di sektor Perhubungan serta menyatukan persepsi dan tekad kita untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat."ujar Menhub Budi.

Details
September 17, 2019

Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan raih sertifikasi manajemen ISO 9001 : 2015 yang diberikan oleh Badan Sertifikasi TÜV NORD Indonesia  dan diserahkan pada hari Selasa (17/9) di kantor Badan Litbang Perhubungan. 

Details
September 17, 2019

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan terus memantau dan berkoordinasi intens dengan sejumlah pihak terkait sebaran  asap yang berasal dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia. Akibat dari kondisi ini, beberapa layanan bandara ditutup dan maskapai mengalami penundaan bahkan dibatalkan. 

Details
September 17, 2019

GENERAL NEWS