Breaking News:
Monday, 20 May 2019
OTBAN IV BALI INSPEKSI RANDOM HARGA TIKET PESAWAT

BALI 20/5/2019 – Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan melalui Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah IV ikut serta melaksanakan inspeksi terkait penerapan KM 106 Tahun 2019 tentang Tarif Batas Atas Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri, hari ini, Senin (20/5). 

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana B Pramesti mengatakan, inspeksi dilakukan untuk memastikan maskapai menerapkan aturan sesuai dengan KM 106 Tahun 2019. 

“Sejauh ini, berdasarkan laporan belum ditemukan adanya maskapai yang menerapkan tarif di atas TBA, untuk itu diharapkan maskapai dapat secara konsisten untuk mematuhi ketentuan yang berlaku tersebut,” kata Polana di Jakarta. 

Berdasarkan inspeksi yang dilaksanakan oleh Inspektur angkutan udara  di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali. Sebanyak 4 maskapai yaitu Garuda Indonesia, Citilink Indonesia, Sriwijaya Air dan Nam Air secara random dilakukan   pengecekan tarif tiket pesawat yang dijual maskapai tersebut kepada calon pengguna jasa angkutan udara. 

Sebagai perbandingan, untuk maskapai Garuda Indonesia dengan kategori full service, rute penerbangan Denpasar – Jakarta menerapkan tarif penumpang Rp 1.431.000, dengan TBA yang tercatat di KM 106 tahun 2019 Rp 1.431.000.

Rute Denpasar  - Surabaya Garuda Indonesia menerapkan tarif penumpang sebesar Rp 638.000, dengan TBA yang tercatat di KM 106 tahun 2019 Rp 638.000.

“Sedangkan PT Citilink Indonesia, Sriwijaya Air, NamAir telah menerapkan peraturan KM 106 2019, dimana secara random check dibeberapa rute baik secara manual maupun online, hasilnya tidak ditemukan pelanggaran TBA maupun TBB", jelas Kepala Otoritas Bandar Udara (OBU) Wilayah IV Elfi Amir. 

Elfi menambakan, pemantauan dan evaluasi di wilayah kerjanya akan terus dilakukan secara berkala, tidak hanya pada musim libur Lebaran saja. “Tidak hanya melakukan inspeksi penerapan aturan baru terkait TBA, kami juga terus mengingatkan  maskapai dan stakeholder penerbangan terkait untuk menjaga keselamatan, keamanan dan kenyamanan bagi pengguna jasa transportasi udara,” tutup dia. 

Author: Eko Nugroho
GO Ina

Bea Cukai fasilitasi pengiriman 900 paket parasut untuk Air Drop bantuan kemanusiaan yang dilakukan TNI melalui pesawat TNI AU di Gaza, Palestina

Details
April 12, 2024

Monitoring juga memastikan untuk meningkatkan kualitas layanan pendukung yang diberikan kepada penumpang dan pengguna bandara secara keseluruhan.

Details
April 9, 2024

Menjelang buka puasa, anak-anak binaan Yayasan Kumala mengikuti sosialisasi pemilahan sampah yang kemudian dilombakan secara berkelompok

Details
April 5, 2024

TIKI siap menjadi mitra pengiriman yang andal bagi seluruh masyarakat Indonesia yang merayakan Hari Raya Idul Fitri

Details
April 4, 2024

GENERAL NEWS