Monday, 20 May 2019
OTBAN IV BALI INSPEKSI RANDOM HARGA TIKET PESAWAT

BALI 20/5/2019 – Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan melalui Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah IV ikut serta melaksanakan inspeksi terkait penerapan KM 106 Tahun 2019 tentang Tarif Batas Atas Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri, hari ini, Senin (20/5). 

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana B Pramesti mengatakan, inspeksi dilakukan untuk memastikan maskapai menerapkan aturan sesuai dengan KM 106 Tahun 2019. 

“Sejauh ini, berdasarkan laporan belum ditemukan adanya maskapai yang menerapkan tarif di atas TBA, untuk itu diharapkan maskapai dapat secara konsisten untuk mematuhi ketentuan yang berlaku tersebut,” kata Polana di Jakarta. 

Berdasarkan inspeksi yang dilaksanakan oleh Inspektur angkutan udara  di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali. Sebanyak 4 maskapai yaitu Garuda Indonesia, Citilink Indonesia, Sriwijaya Air dan Nam Air secara random dilakukan   pengecekan tarif tiket pesawat yang dijual maskapai tersebut kepada calon pengguna jasa angkutan udara. 

Sebagai perbandingan, untuk maskapai Garuda Indonesia dengan kategori full service, rute penerbangan Denpasar – Jakarta menerapkan tarif penumpang Rp 1.431.000, dengan TBA yang tercatat di KM 106 tahun 2019 Rp 1.431.000.

Rute Denpasar  - Surabaya Garuda Indonesia menerapkan tarif penumpang sebesar Rp 638.000, dengan TBA yang tercatat di KM 106 tahun 2019 Rp 638.000.

“Sedangkan PT Citilink Indonesia, Sriwijaya Air, NamAir telah menerapkan peraturan KM 106 2019, dimana secara random check dibeberapa rute baik secara manual maupun online, hasilnya tidak ditemukan pelanggaran TBA maupun TBB", jelas Kepala Otoritas Bandar Udara (OBU) Wilayah IV Elfi Amir. 

Elfi menambakan, pemantauan dan evaluasi di wilayah kerjanya akan terus dilakukan secara berkala, tidak hanya pada musim libur Lebaran saja. “Tidak hanya melakukan inspeksi penerapan aturan baru terkait TBA, kami juga terus mengingatkan  maskapai dan stakeholder penerbangan terkait untuk menjaga keselamatan, keamanan dan kenyamanan bagi pengguna jasa transportasi udara,” tutup dia. 

Author: Eko Nugroho
GO Ina

Sebagai anak usaha dari Maskapai Sangat Besar, Lion Air dengan PT Lion Air, merk dagangnya yaitu Lion Parcel terus melakukan terobosan dan inovasi baru guna meningkatkan kepuasan pelanggan dengan memperkenalkan program promo terbaru berjudul DUIT yaitu Dua Kilo Irit

Details
June 19, 2019

Iwan Senjaya, Key Account Manager J&T Express mengatakan “Setiap tahun pengiriman pada masa Ramadhan selalu meningkat dikarenakan adanya berbagai promo di e-Commerce yang memberikan dampak positif pada kami".

Details
June 19, 2019

“Pemerintah pusat berkomitmen untuk mengatur semua stakeholder agar pelayanan di Kertajati ini menjadi baik. Kita rencanakan paling lambat 1 Juli, karena bertahap. Di sini (Kertajati) ada 28 take off, 28 landing, berarti ada 56 take off dan landing yang pindah ke Kertajati yaitu semua pesawat jet (rute) dalam negeri,” ujar Menhub.

Details
June 18, 2019

Dari jumlah tersebut, penumpang di rute domestik tercatat 3,39 juta orang dan di rute internasional mencapai 845.957 orang.   

Details
June 16, 2019

GENERAL NEWS