Breaking News:
Saturday, 21 September 2019
PATUHI ATURAN PROHIBITED ITEMS, DEMI KEAMANAN PENERBANGAN

Manado, 20/09/2019 – Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana B Pramesti mengapresiasi pemusnahan barang prohibited items atau barang yang dilarang dibawa di dalam bagasi tercatat atau kabin pesawat. Pemusnahan barang berlangsung di Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi Manado, pada Jumat (20/9) hari ini. 

Ratusan barang prohibited items merupakan hasil sitaan petugas Avsec di Security Check Point (SCP) Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado, terhadap barang yang dibawa calon penumpang dalam kurun waktu tiga bulan terakhir. “Kami mengapreasiasi pemusnahan yang dilakukan, sebab keselamatan dan keamanan merupakan prioritas utama dalam  penerbangan. No Go Item jika masih ditemukan hal-hal yang membahayakan penerbangan” kata Polana.

Berdasarkan Peraturan Menteri Nomor PM 80 Tahun 2017 tentang Program Keamanan Penerbangan poin 6.2.8, dijelaskan apabila dalam pemeriksaan keamanan ditemukan barang dilarang (prohibited items) yang ada pada penumpang dan bagasi kabin yang dilarang masuk pesawat udara, harus ditahan/disita oleh personel keamanan bandar udara dan selanjutnya diproses sesuai ketentuan yang berlaku. 

 “Diharapkan pengguna jasa transportasi udara dapat mematuhi peraturan yang berlaku dan kooperatif pada saat dilakukan pemeriksaan sebelum berangkat,” tambah Polana. 

Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah VIII – Manado, Sarmanto menjelaskan, pemusnahan dilaksanakan PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi Manado yang disaksikan Otoritas Bandar Udara Wilayah VIII-Manado, TNI, Polri dan stakeholder penerbangan. Adapun barang-barang yang dimusnahkan adalah minuman cap tikus sebanyak 250 liter, korek api gas 3 kardus (5 kg), benda tajam 3 kardus, power bank 117 unit, aerosol 6 buah. 

“Pemusnahan ini sebagai salah satu bentuk kesungguhan dan kepedulian kita terhadap keselamatan dan keamanan penerbangan, ke depan diharapkan pengguna transportasi udara kepada aturan yang berlaku sehingga makin berkurang temuan barang terlarang yang dibawa kedalam pesawat,” kata Sarmanto disela-sela pemusnahan barang bersama  dengan perwakilan PT Angkasa Pura I Cabang Bandara Sam Ratulangi dan stakeholder penerbangan. 

Regulasi melarang minuman captikus dibawa dalam penerbangan tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan No PM 90 Tahun 2013 Tentang Keselamatan Pengangkutan Barang Berbahaya. “Captikus yang dimusnahkan adalah captikus yang kemasannya tidak bersegel dan kadar alkoholnya diperkirakan lebih dari 70%. Untuk power bank yang dilarang di atas 20.000 mAh,” jelasnya.

Adapun tata cara pemunahan barang prohibited items antara lain untuk cap tikus dituang ke wadah berisi air, power bank direndam ke dalam wadah berisi air, benda tajam dan korek api diserahkan kepada Unit Airport Terminal Landside and Environment untuk diamankan. Selanjutnya limbah dari hasil pemusnahan diserahkan kepada Airport Landside and Environment. 

Author: EN
GO Ina

Hasil penjualan didonasikan kepada penyandang disabilitas dan juga disumbangkan kepada 10 UMKM yang dimiliki oleh penyandang disabilitas.

Details
April 27, 2024

Bea Cukai fasilitasi pengiriman 900 paket parasut untuk Air Drop bantuan kemanusiaan yang dilakukan TNI melalui pesawat TNI AU di Gaza, Palestina

Details
April 12, 2024

Monitoring juga memastikan untuk meningkatkan kualitas layanan pendukung yang diberikan kepada penumpang dan pengguna bandara secara keseluruhan.

Details
April 9, 2024

Menjelang buka puasa, anak-anak binaan Yayasan Kumala mengikuti sosialisasi pemilahan sampah yang kemudian dilombakan secara berkelompok

Details
April 5, 2024

GENERAL NEWS