Monday, 10 June 2019
PENURUNAN JUMLAH PENUMPANG SAAT LEBARAN 2019 DI AP I

JAKARTA - Terjadi penurunan penumpang di sejumlah bandara yang ada di Indonesia, "Ini juga dialami oleh PT Angkasa Pura I (Persero) tercatat bahwa selama musim mudik Lebaran 2019 telah terjadi penurunan penumpang pesawat di sejumlah bandara wilayahnya. Direktur Utama AP I mengatakan, penurunan penumpang pesawat tahun ini sudah mencapai 18 persen jika dibandingkan tahun lalu," jelas Faik kepada Cargo Times.

"Dulu 3,1 juta penumpang sekarang hanya 2,5 juta penumpang," kata Faik saat ditemui seusai Halal Bihalal bersama jajaran BUMN di Gedung Sinergi 8, Jakarta Pusat, Senin (10/6/2019).

Namun, Faik menjelaskan bahwa penghitungan penumpang tahun ini masih belum selesai dan persentasenya akan terus berubah. "Akan terus dihitung sampai tanggal 12 Juni nanti," katanya.

Faik juga menambahkan, akan bersiap-siap untuk menambah kapasitas bandara yang dikelolanya. Dia juga merasa tidak masalah apabila maskapai asing benar-benar masuk ke Indonesia.

Secara terpisah, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan ada sejumlah faktor yang memicu penurunan jumlah penumpang pesawat selama masa mudik Lebaran 2019. 

"Salah satunya adalah adanya pengurangan jumlah pesawat, itu kan banyak sekali," ujar Budi Karya.

Selain soal jumlah pesawat, Budi mengatakan persoalan tarif pesawat juga membuat masyarakat enggan menggunakan angkutan udara untuk pulang kampung. Kendati, di saat yang sama ia melihat permintaan untuk angkutan udara sebenarnya relatif baik.

Berdasarkan data Kementerian Perhubungan dari H-7 hingga H+4 Lebaran 2019, jumlah keberangkatan penumpang moda angkutan udara turun 30,73 persen dibanding periode yang sama pada tahun lalu. Pada tahun ini, jumlah kumulatif keberangkatan penumpang tercatat 2.700.995 keberangkatan, sementara pada tahun lalu mencapai 3.899.278 keberangkatan.

Author: DPar
GO Ina

Outlet ini adalah salah satu transpormasi bisnis APLog untuk menjangkau lebih luas masyarakat yang ingin kirim barang dengan penerbangan domestik atau internasional.

Details
September 17, 2019

“ Peringatan Harhubnas dimaknai sebagai momentum untuk merenungkan kembali terhadap kinerja kita, dan berbagai peristiwa yang terjadi di sektor Perhubungan serta menyatukan persepsi dan tekad kita untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat."ujar Menhub Budi.

Details
September 17, 2019

Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan raih sertifikasi manajemen ISO 9001 : 2015 yang diberikan oleh Badan Sertifikasi TÜV NORD Indonesia  dan diserahkan pada hari Selasa (17/9) di kantor Badan Litbang Perhubungan. 

Details
September 17, 2019

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan terus memantau dan berkoordinasi intens dengan sejumlah pihak terkait sebaran  asap yang berasal dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia. Akibat dari kondisi ini, beberapa layanan bandara ditutup dan maskapai mengalami penundaan bahkan dibatalkan. 

Details
September 17, 2019

GENERAL NEWS