Monday, 10 June 2019
PENURUNAN JUMLAH PENUMPANG SAAT LEBARAN 2019 DI AP I

JAKARTA - Terjadi penurunan penumpang di sejumlah bandara yang ada di Indonesia, "Ini juga dialami oleh PT Angkasa Pura I (Persero) tercatat bahwa selama musim mudik Lebaran 2019 telah terjadi penurunan penumpang pesawat di sejumlah bandara wilayahnya. Direktur Utama AP I mengatakan, penurunan penumpang pesawat tahun ini sudah mencapai 18 persen jika dibandingkan tahun lalu," jelas Faik kepada Cargo Times.

"Dulu 3,1 juta penumpang sekarang hanya 2,5 juta penumpang," kata Faik saat ditemui seusai Halal Bihalal bersama jajaran BUMN di Gedung Sinergi 8, Jakarta Pusat, Senin (10/6/2019).

Namun, Faik menjelaskan bahwa penghitungan penumpang tahun ini masih belum selesai dan persentasenya akan terus berubah. "Akan terus dihitung sampai tanggal 12 Juni nanti," katanya.

Faik juga menambahkan, akan bersiap-siap untuk menambah kapasitas bandara yang dikelolanya. Dia juga merasa tidak masalah apabila maskapai asing benar-benar masuk ke Indonesia.

Secara terpisah, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan ada sejumlah faktor yang memicu penurunan jumlah penumpang pesawat selama masa mudik Lebaran 2019. 

"Salah satunya adalah adanya pengurangan jumlah pesawat, itu kan banyak sekali," ujar Budi Karya.

Selain soal jumlah pesawat, Budi mengatakan persoalan tarif pesawat juga membuat masyarakat enggan menggunakan angkutan udara untuk pulang kampung. Kendati, di saat yang sama ia melihat permintaan untuk angkutan udara sebenarnya relatif baik.

Berdasarkan data Kementerian Perhubungan dari H-7 hingga H+4 Lebaran 2019, jumlah keberangkatan penumpang moda angkutan udara turun 30,73 persen dibanding periode yang sama pada tahun lalu. Pada tahun ini, jumlah kumulatif keberangkatan penumpang tercatat 2.700.995 keberangkatan, sementara pada tahun lalu mencapai 3.899.278 keberangkatan.

Author: DPar
GO Ina

Sebagai anak usaha dari Maskapai Sangat Besar, Lion Air dengan PT Lion Air, merk dagangnya yaitu Lion Parcel terus melakukan terobosan dan inovasi baru guna meningkatkan kepuasan pelanggan dengan memperkenalkan program promo terbaru berjudul DUIT yaitu Dua Kilo Irit

Details
June 19, 2019

Iwan Senjaya, Key Account Manager J&T Express mengatakan “Setiap tahun pengiriman pada masa Ramadhan selalu meningkat dikarenakan adanya berbagai promo di e-Commerce yang memberikan dampak positif pada kami".

Details
June 19, 2019

“Pemerintah pusat berkomitmen untuk mengatur semua stakeholder agar pelayanan di Kertajati ini menjadi baik. Kita rencanakan paling lambat 1 Juli, karena bertahap. Di sini (Kertajati) ada 28 take off, 28 landing, berarti ada 56 take off dan landing yang pindah ke Kertajati yaitu semua pesawat jet (rute) dalam negeri,” ujar Menhub.

Details
June 18, 2019

Dari jumlah tersebut, penumpang di rute domestik tercatat 3,39 juta orang dan di rute internasional mencapai 845.957 orang.   

Details
June 16, 2019

GENERAL NEWS