Breaking News:
Friday, 17 May 2019
TERMINAL 4 & KARGO DIGENJOT PEMBANGUNAN OLEH AP 2

Jakarta - Bandara Soekarno Hatta akan memiliki terminal baru, yaitu Terminal 4. Saat ini, prosesnya memasuki tahap perencanaan yakni desain terminal.

PT Angkasa Pura II (Persero) mengatakan dalam perancangan desain terminal 4 Bandara Internasional Soekarno Hatta akan melibatkan perencana internasional atau arsitek internasional. Langkah ini dinilai dapat meningkatkan kualitas Terminal 4 dibandingkan terminal-terminal sebelumnya.

"Karena kita menghendaki kualitas yang cukup bagus sehingga kita mengundang juga adanya keterlibatan perencana internasional. Selain transfer of knowledge-nya jalan juga, kualitasnya bisa lebih baik lagi, jelas Direktur Teknis dan Operasi AP II Djoko Murjatmodjo, Jakarta, Jumat (17/5/2019)

Namun, Djoko menegaskan bahwa keterlibatan perencana asing ini tidak sepenuhnya. Karena, pada implementasinya tetap akan bekerja sama dengan perencana atau konsultan dalam negeri untuk perancangan desain Terminal 4 Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

"Nanti benderanya tetap ada dua. Internasional dan konsultan dalam negeri itu kerja sama," kata Djoko.

Lalu, pemenang lelang desain yang sebelumnya direncanakan untuk diumumkan Mei ini diundur menjadi Agustus 2019. Setelah itu, pemenang lelang desain akan mendapatkan kontrak kerja sama selama 18 bulan.

"Di dalam tender ini diperlukan waktu panjang karena konsultan yang ikut tender nanti harus membuat konsep perencanaannya. Jadi nanti terminal itu mau dibuat seperti apa, dia nanti ada yang bikin maket, ada yang grafis dan sebagainya sehingga perlu waktu. Nanti setelah ditetapkan pemenangnya dia akan bekerja selama 1,5 tahun atau 18 bulan," terang Djoko.

Setelah proses desain, tahap selanjutnya adalah konstruksi. Namun, AP II saat ini masih fokus dalam pembangunan terminal kargo baru. Pasalnya, lokasi Terminal 4 berada di lokasi terminal kargo dan lapangan golf CengkarengI

Sehingga, AP II perlu mempercepat pembangunan terminal kargo untuk memindahkan semua kegiatan ke terminal kargo baru nantinya. Kemudian, baru tahap konstruksi Terminal 4 Soetta dapat dimulai.


"Lokasi Terminal 4 ini adanya di daerah lapangan golf dan kargo. Sehingga kita sekarang sedang proses pembangunan terminal kargo. Supaya nanti ketika desain terminal sudah jadi kargonya pindah jadi di situ bisa dibangun terminal 4," ujarnya.

Sebagai informasi, Terminal 4 Soetta sendiri ditargetkan rampung pada tahun 2024 yang diproyeksikan memakan biaya sebesar Rp 11 triliun. Luas lahan Terminal 4 sendiri yaitu 120 hektare dengan kapasitas mencapai 45 juta penumpang. .

Author: Eko Nugroho
GO Ina

Hasil penjualan didonasikan kepada penyandang disabilitas dan juga disumbangkan kepada 10 UMKM yang dimiliki oleh penyandang disabilitas.

Details
April 27, 2024

Bea Cukai fasilitasi pengiriman 900 paket parasut untuk Air Drop bantuan kemanusiaan yang dilakukan TNI melalui pesawat TNI AU di Gaza, Palestina

Details
April 12, 2024

Monitoring juga memastikan untuk meningkatkan kualitas layanan pendukung yang diberikan kepada penumpang dan pengguna bandara secara keseluruhan.

Details
April 9, 2024

Menjelang buka puasa, anak-anak binaan Yayasan Kumala mengikuti sosialisasi pemilahan sampah yang kemudian dilombakan secara berkelompok

Details
April 5, 2024

GENERAL NEWS