Breaking News:
Monday, 9 September 2019
UJI COBA TAKSI LISTRIK DI BANDARA SOETTA

Jakarta -  Usai melakukan kunjungan kerja di Runway 3 Bandara Soekerno Hatta, Menhub Budi Karya Sumadi menjajal taksi listrik Bluebird menunju Jakarta. " Kendaraan ini  convenient sekali. Tidak ada suara dan saya tadi sengaja kecepatannya sampai 100 km/jam itu stabil. Tadi saya sempat berbincang dengan pengendara taksi katanya pendapatan  per hari meningkat dari Rp. 300 ribu menjadi Rp.450 ribu," demikian disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Jakarta, Minggu (8/9). 

Menhub Budi mengatakan bahwa taksi berbasis listrik ini merupakan  proses uji coba yang harus didukung. Dirinya mengapresiasi Bluebird dan PT. Angkasa Pura II yang  menjadi pioneer pengoperasian taksi tersebut. 

Menhub Budi menambahkan pemerintah berupaya memberikan insentif guna mendorong operator angkutan umum menggunakan listrik. "Kita harus memberikan insentif misalnya menggratiskan sekian mobil untuk angkutan umum, parkir gratis, atau bebas memasuki wilayah ganjil genap. Karena proses kendaraan umum berbasis listrik banyak berkaitan dengan harga, operasional, penunjang yang harus dirangkai dan dipersiapkan dengan baik," lanjut Menhub Budi.

Menhub Budi mengharapkan dalam 2 tahun mendatang ada proses pembelajaran dan diskusi bagi stakeholder agar pengoperasian mobil listrik menjadi maksimal. " Tentu kita ingin angka polusi turun dan kendaraan listrik ini menjadi komoditi ekspor kalau jumlahnya banyak," lanjut Menhub.

Ia juga mendorong pengadaan 100 mobil berbasis listrik untuk kendaraan dinas pejabat Kementerian Perhubungan. " Kami mendorong pihak swasta menggunakan kendaraan berbasis listrik secara simultan seperti kendaraan umum dengan dengan listrik dan penggunaan pribadi dengan hybrid. Untuk kendaraan umum mungkin perlu charging station lebih banyak dan ada hal lain yang dipenuhi seperti fiskal,' tutupnya.

Author: DPar
GO Ina

Tidak ada pembatasan jumlah barang bawaan pribadi penumpang dan tetap mengacu pada PMK 203/2017 tentang Ketentuan Ekspor Dan Impor Barang Yang Dibawa Oleh Penumpang Dan Awak Sarana Pengangkut

Details
May 10, 2024

DJBC sadar sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat belum menjangkau masif sehingga timbul permasalahan yang dialami para importir seperti sekarang.

Details
May 10, 2024

Hasil penjualan didonasikan kepada penyandang disabilitas dan juga disumbangkan kepada 10 UMKM yang dimiliki oleh penyandang disabilitas.

Details
April 27, 2024

Bea Cukai fasilitasi pengiriman 900 paket parasut untuk Air Drop bantuan kemanusiaan yang dilakukan TNI melalui pesawat TNI AU di Gaza, Palestina

Details
April 12, 2024

GENERAL NEWS