Breaking News:
Friday, 18 September 2020
Langganan Terus 3 Bandara di Angkasa Pura I Mendapatkan Award Dunia

Jakarta, 18 September 2020 - Dari release yang Cargo Times dapatkan bahwa, PT Angkasa Pura I (Persero) menerima sebanyak 9 penghargaan prestisius Airport Service Quality Awards (ASQ Awards) dari Airports Council International (ACI) yang berbasis di Montreal, Kanada.

Adapun 9 penghargaan ini dianugerahkan kepada 3 bandara yang dikelola oleh Angkasa Pura I yaitu:

1. Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan meraih 4 penghargaan pada kategori bandara dengan trafik penumpang 5-15 juta pernumpang per tahun :

- "Best Airport by Size in Asia Pacific",

- "Best Environment & Ambience by Size",

- "Best Customer Service", dan

- "Best Infrastructure & Facilitation".

2. Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali meraih 3 penghargaan pada kategori bandara dengan trafik 15-25 penumpang per tahun :

- "Best Airport by Size in Asia Pacific",

- "Best Customer Service",

- "Best Infrastructure & Facilitation".

3. Bandara Sultan Hasanuddin Makassar meraih 2 penghargaan pada kategori bandara dengan trafik 5-15 juta penumpang per tahun :

- "Best Airport by Size"

- "Best Infrastructure & Facilitation".

"Penghargaan ini telah diumumkan oleh ACI pada Maret lalu dan baru pada hari ini kami terima secara langsung. Kami sangat bersyukur dapat menerima penghargaan yang merupakan apresiasi dan pengakuan dunia internasional atas terus meningkatnya kinerja pelayanan di 3 bandara yang kami kelola ini,” ujar Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi.

Penghargaan ini, lanjut Faik Fahmi, merupakan buah kerja keras insan Angkasa Pura I dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi pengguna jasa bandara. "Manajemen mengucapkan terima kasih kepada insan Angkasa Pura I, khususnya di ketiga bandara tersebut, atas kerja kerasnya selama ini. Semoga penghargaan ini menjadi penyemangat bagi insan Angkasa Pura I di tengah masa pandemi ini," ujar Faik Fahmi.

Sebagai informasi, ketiga bandara ini merupakan bandara yang "langganan" mendapat penghargaan pada ajang ASQ Awards. Pada ajang ASQ Awards 2018, yang penganugerahan penghargaannya dilakukan pada 2019 lalu, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan juga meraih 4 penghargaan yang sama pada kategori yang juga sama. Pada ASQ 2017, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan juga meraih penghargaan "2nd place Best Airport by Size: 5-15 million passenger per year".

Begitu juga Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali yang sudah sejak 2015 meraih penghargaan ASQ Awards di mana pada 2015 dan 2017 Bandara Bali meraih Peringkat Ketiga Bandara Terbaik Dunia pada kategori bandara dengan 15-25 juta penumpang per tahun. Terakhir, pada ajang ASQ Awards 2017, Bandara Bali menyabet 3 penghargaan sekaligus yaitu “Best Airport by Size and Region: Asia Pacific, 15-25 million passenger per year”, “1st place tie Best Airport by Size: 15-25 million passenger per year”, dan “2nd place tie Best Airport in Asia-Pacific (over 2 million passengers per year".

Sedangkan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar sebelumnya pada 2017 pernah meraih penghargaan ASQ Awards sebagai "The Most Imoroved Airport in Asia Pacific 2016".

ASQ merupakan satu-satunya program _benchmarking_ global yang mengukur tingkat kepuasan penumpang di bandara yang dilakukan oleh ACI. Pada ASQ Awards tahun ini terdapat 140 penghargaan yang dianugerahkan kepada 84 bandara, di mana jumlah ini merupakan jumlah pemenang terbanyak selama penyelenggaraan ASQ Awards.

Terus Tingkatkan Level of Services & Customer Experience

Berbagai upaya terus dilakukan oleh Angkasa Pura I untuk mewujudkan layanan berstandar internasional kepada seluruh penumpang pesawat udara di Tanah Air. Sejak Agustus 2019 lalu sebanyak 10 bandara Angkasa Pura I telah memperoleh akreditasi Airport Customer Experience Accreditation Program dari ACI sebagai komitmen peningkatan level of services dan customer experience.

Adapun kesepuluh bandara Angkasa Pura I yang berhasil memperoleh akreditasi yaitu:

1. Bandara I Gusti Ngurah Rai - Bali

2. Bandara Juanda - Surabaya

3. Bandara Sultan Hasanuddin - Makassar

4. Bandara SAMS Sepinggan - Balikpapan

5. Bandara Jenderal Ahmad Yani - Semarang

6. Bandara Sam Ratulangi - Manado

7. Bandara El Tari - Kupang

8. Bandara Pattimura - Ambon

9. Bandara Adi Soemarmo - Solo

10. Bandara Internasional Lombok - Praya

"Kami bangga dapat menjadi operator bandara pertama yang memperoleh akreditasi ini di Asia-Pasifik. Ini merupakan komitmen kami untuk terus meningkatkan level of service serta customer experience dan yang paling utama mengukuhkan pelayanan di bandara yang kami kelola setara dengan bandara-bandara kelas dunia lainnya," tambah Faik Fahmi.

Tahun ini, Angkasa Pura I telah mengoperasikan Bandara Sentani Jayapura. Bandara tersebut akan didorong untuk menjadi peserta ASQ pertama dari Papua. Kelak, kesiapan Angkasa Pura I dalam ajang penghargaan tersebut akan semakin siap dengan selesainya pengembangan perluasan terminal dan penambahan fasilitas beberapa bandara seperti Terminal 1 Bandara Juanda Surabaya, Bandara El Tari Kupang, Bandara Lombok Praya, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara Sam Ratulangi Manado, dan Bandara Pattimura Ambon.

Author: EN
GO Ina

Program yang diberi nama Dapur TIKI ini akan tayang setiap Kamis selama Bulan Ramadhan di Youtube Channel TIKI ID.

Details
March 25, 2024

TIKI memprediksi akan terjadi pertumbuhan volume kiriman antara 20-25 persen di Bulan Ramadhan 2024

Details
March 14, 2024

Melalui kerjasama sebagai pendukung logistik BBW tahun ini, diharapkan dapat menjadi solusi bagi para pecinta buku di Indonesia

Details
March 1, 2024

IAS memastikan seluruh logistik tiba dengan aman, menyambut tim dan para peserta dengan keramahtamahan khas Indonesia, hingga kebersihan area balap

Details
February 29, 2024

GENERAL NEWS