Breaking News:
Tuesday, 23 February 2021
PERUSAHAAN NEGARA POS INDONESIA SIAP MELAYANI KARGO SEJAWA BARAT

Majalengka, 23 Februari 2021 - Penerbangan Kargo Bandara Kertajati resmi beroperasi tanggal 23 Februari 2021. Peresmian Bandara Kertajati dilakukan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Peresmian Kargo Bandara Kertajati dihadiri oleh Direktur Utama Garuda Indonesia, Direktur Utama Pos Indonesia, Direktur Utama Pos Logistik Indonesia, dan beberapa direksi perusahaan kargo.

Peresmian Kargo Bandara Kertajati ditandai dengan penandatanganan kerjasama antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan PT Garuda Indonesia. Komitmen kerja sama ini diharapkan dapat mendukung akselerasi pertumbuhan ekonomi Jawa Barat sekaligus menjadikan Bandara Kertajati sebagai pusat logistik nasional.

Penerbangan kargo perdana yang menandai peresmian bandara dilakukan dengan pengoperasian penerbangan ke Batam. Pos Indonesia memanfaatkan peluang ini dengan mengirimkan satu 1,5 ton kiriman kargo udara. Direktur Utama Pos Indonesia berharap setiap hari selasa akan ada penerbangan rutin dari BIJB ke Batam. Pos Indonesia akan mulai menggarap kontrak logistik di bidang pertanian dan potensi kargo lainnya dari Jawa Barat menuju Batam dan kota tujuan lainnya yang dilayani darri bandara Kertajati.

Layanan kargo yang baru saja diresmikan di Bandara Kertajati, Majalengka ditargetkan mampu bersaing dengan layanan kargo bandara di Jakarta. Hal itu disampaikan langsung oleh Direktur Utama Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Salahudin Rafi.

Menurut Rafi, BIJB telah siap menyambut kehadiran layanan kargo dengan maskapai Garuda Indonesia jenis boeing 737-800. Selain memiliki landasan pacu sepanjang 3.000 meter, kapasitas terminal kargo yang tersedia juga mencapai 35 ton. Pihaknya juga akan mempersiapkan cargo village yang ditargetkan bisa rampung satu hingga dua tahun ke depan.

"Kapasitas terminal kargo 35 ton dan runway-nya 3.000 jadi tidak ada masalah karena sudah memenuhi standar internasional. Sedang dipersiapkan juga cargo village mudah-mudahan 1-2 tahun bisa dibangun," tandasnya.

Sementara itu Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputera menambahkan saat ini layanan kargo rute Kertajati - Batam mampu mengangkut komoditas unggulan Jawa Barat hingga 10 ton. Sebagai penyedia bisnis logistik Indonesia, PT Pos Indonesia bersama anak usaha PT Pos Logistik akan memanfaatkan penerbangan kargo bandara Kertajati untuk melayani kebutuhan berbagai pelanggan UKM, korporat dan bahkan individu.

Author: EN
GO Ina

Bea Cukai fasilitasi pengiriman 900 paket parasut untuk Air Drop bantuan kemanusiaan yang dilakukan TNI melalui pesawat TNI AU di Gaza, Palestina

Details
April 12, 2024

Monitoring juga memastikan untuk meningkatkan kualitas layanan pendukung yang diberikan kepada penumpang dan pengguna bandara secara keseluruhan.

Details
April 9, 2024

Menjelang buka puasa, anak-anak binaan Yayasan Kumala mengikuti sosialisasi pemilahan sampah yang kemudian dilombakan secara berkelompok

Details
April 5, 2024

TIKI siap menjadi mitra pengiriman yang andal bagi seluruh masyarakat Indonesia yang merayakan Hari Raya Idul Fitri

Details
April 4, 2024

GENERAL NEWS