Breaking News:
Friday, 5 February 2021
Unggulan Ekspor Nasional, Garuda Indonesia Angkut 33 Ton Buah Manggis dari Padang ke China

Garuda Indonesia mengangkut produk ekspor pertanian berupa 33 ton komoditas buah Manggis dari Padang, Sumatera Barat ke Guangzhou, China. Pengangkutan produk ekspor tersebut dilayani dengan charter flight khusus rute Padang – Guangzhou pada Rabu (3/2), melalui penerbangan GA 8960 yang dioperasikan oleh dengan Airbus A330-300 yang punya kapasitas angkut mencapai 40 ton per flight.

Penerbangan charter kargo tersebut berangkat dari Bandar Udara Internasional Minangkabau (PDG), pada pukul 09.05 waktu setempat, dan tiba pada pukul 14.45 waktu setempat di Bandar Udara Internasional Baiyun Guangzhou (CAN), China.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengungkapkan bahwa pengangkutan ekspor komoditas manggis tersebut merupakan salah satu bentuk komitmen Garuda Indonesia dalam mendukung percepatan pemulihan ekonomi khususnya melalui penyediaan aksesibilitas layanan penerbangan dalam memfasilitasi peningkatan daya saing produk ekspor nasional, terutama hasil pertanian masyarakat lokal.

“Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengan tingkat biodiversitas tertinggi di dunia yang memiliki hasil kekayaan bumi yang melimpah. Hal tersebut tentunya menjadi potensi tersediri untuk meningkatkan perekonomian lokal masyarakat Indonesia khususnya pelaku sektor pertanian nasional. Dengan berbagai potensi tersebut, tentunya kami harapkan komitmen dukungan yang kami hadirkan dalam peningkatan daya saing produk ekspor nasional dapat mendukung visi Indonesia sebagai negara eksportir produk agraris unggulan di kancah global”.

Hal ini didukung dengan klaim oleh Kementrian Pertanian yang menyatakan bahwa Indonesia menjadi eksportir manggis terbesar ke-5 di dunia (data tahun 2019).

Di Indonesia, produksi buah manggis tersebar di berbagai wilayah diantaranya yaitu di Provinsi Jawa Barat, Jawa Timur, Banten, dan Sumatra Barat sebagai daerah penghasil buah manggis terbesar.

Beberapa negara utama pengimpor buah manggis dari Indonesia antara lain: China, Thailand, Vietnam, Hongkong, Perancis, dan UEA.

Irfan menambahkan dengan penerbangan ini, harapkan dapat menyediakan layanan penerbangan langsung dengan waktu pengiriman yang lebih singkat tanpa transit, sehingga kualitas dan kesegaran produk menjadi lebih terjaga serta dengan cost logistic yang lebih kompetitif. Ke depannya kami harapkan dapat meningkatkan geliat ekspor produk produk unggulan Indonesia, kata Irfan.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno turut menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya atas upaya Garuda Indonesia dalam mendukung ekspor manggis asli Sumatera Barat sebagai langkah awal dalam pemenuhan kebutuhan pasar global. Menurutnya hal tersebut secara langsung juga telah mendorong kesuksesan program pemberdayaan masyarakat di Sumatera Barat melalui pemberian bibit manggis yang telah dirintis sejak beberapa tahun silam.

“Dengan terbukanya jalur ekspor produk pertanian Sumatera Barat khususnya melalui ketersediaan penerbangan khusus kargo langsung dari Padang ini, diharapkan dapat menjadi semangat tersendiri bagi para petani untuk terus meningkatkan hasil kualitas pertaniannya”, kata Irwan.

Direct flight

Seiring dengan peningkatan tren kebutuhan pengangkutan kargo yang terus tumbuh, Garuda Indonesia terus memperkuat pengembangan lini bisnis sektor kargo. Selain memaksimalkan pengiriman kargo melalui pemanfaatan kompartemen penumpang.

Garuda Indonesia sebelumya juga mengoptimalisasi jaringan penerbangan kargo dalam mendukung aktivitas direct flight komoditas ekspor unggulan nasional di Indonesia Timur dengan membuka penerbangan khusus kargo Makassar – Singapura, Denpasar – Hongkong dan Manado – Narita yang dilayani sebanyak 1 kali per minggu dengan armada Airbus A330.

Author: Martin Jop
GO Ina

Bea Cukai fasilitasi pengiriman 900 paket parasut untuk Air Drop bantuan kemanusiaan yang dilakukan TNI melalui pesawat TNI AU di Gaza, Palestina

Details
April 12, 2024

Monitoring juga memastikan untuk meningkatkan kualitas layanan pendukung yang diberikan kepada penumpang dan pengguna bandara secara keseluruhan.

Details
April 9, 2024

Menjelang buka puasa, anak-anak binaan Yayasan Kumala mengikuti sosialisasi pemilahan sampah yang kemudian dilombakan secara berkelompok

Details
April 5, 2024

TIKI siap menjadi mitra pengiriman yang andal bagi seluruh masyarakat Indonesia yang merayakan Hari Raya Idul Fitri

Details
April 4, 2024

GENERAL NEWS