Breaking News:
Saturday, 15 July 2023
TIKI Gandeng ITL Trisakti, Ajak Talenta Muda Majukan Sektor Kurir & Logistik Nasional

Direktur Pelaksana TIKI Trie Maulana A. (tengah kanan), dengan Rektor ITL Trisakti, Dr. Yuliantini l, AMTrU, MM (tengah kiri) sedang menandatangani perjanjian kerjasama strategis dalam pengembangan talenta muda di sektor kurir dan logistik di Jakarta (12/07).



PT. Citra Van Titipan Kilat (TIKI), perusahaan jasa pengiriman terkemuka di Indonesia dengan rekam jejak 53 tahun di Indonesia, mengumumkan kerjasamanya dengan Institut Transportasi dan Logistik Trisakti (ITL Trisakti), perguruan tinggi swasta terkemuka dengan reputasi global di bidang transportasi dan logistik.

Hal ini dilakukan sebagai upaya TIKI untuk mendukung dan mengembangkan potensi industri logistik di kalangan anak muda di Indonesia. Kerjasama strategis ini merupakan bagian dari inisiatif TIKI dalam merangkul dan mendorong partisipasi generasi muda Indonesia untuk menjadi bagian dari masa depan logistik Indonesia. TIKI menggandeng universitas seperti ITL Trisakti untuk mengampanyekan #LogistikIndonesiaButuhTalentaMuda.

Pengumuman kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman yang dilakukan oleh Direktur Pelaksana TIKI, Trie Maulana A. dan Rektor Institut Transportasi dan Logistik Trisakti, Dr. Yuliantini, AMTrU, MM, disaksikan oleh Senior Manager Nasional TIKI Adam Ismanto, Senior Manager Human Capital & Business Development TIKI Ferry Wirasaputra, Wakil Rektor II ITL Trisakti Aditya Wardana,S.Sos,MM, dan Wakil Rektor IV ITL Trisakti Dr. Juliater Simarmata,SE,MM.

Pertumbuhan industri logistik di Indonesia terus menunjukkan trend yang positif, Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik masih terus bertumbuh dan diyakini mencapai 5%-8%. Tahun ini, Supply Chain Indonesia (SCI) memprediksi kontribusi logistik terhadap Produk Domestik Bruto diproyeksikan menembus angka Rp 1.090 triliun. Hal ini didorong oleh meningkatnya konsumsi domestik dan bisnis online yang merebak di kalangan masyarakat.

Dengan trend yang positif ini, dibutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang ahli dan andal untuk dapat mendukung pertumbuhan di sektor ini.

“Selama 53 tahun TIKI ikut andil dalam pembangunan dan pengembangan sektor kurir dan logistik di Indonesia. Regenerasi di sektor ini perlu terus diupayakan dengan melibatkan para pelaku industri agar kompetensi yang dicetak sesuai dengan kebutuhan industri masa depan yang semakin digital. TIKI berkomitmen terus mendukung dan berpartisipasi dalam pengembangan pendidikan di industri transportasi dan logistik yang bermanfaat bagi generasi mendatang, serta sekaligus mempersiapkan generasi muda yang ahli untuk turut memajukan industri ini yang potensinya akan semakin besar ke depannya”, ucap Yulina Hastuti, Direktur Utama TIKI.

Trie Maulana A., Direktur Pelaksana TIKI menambahkan, “Melalui kerjasama strategis ini, TIKI ingin menumbuhkan minat dan potensi para generasi muda berkarir sebagai profesional di industri logistik, maupun menjadi pemilik usaha kurir. Potensi bisnis kurir & logistik nasional yang sangat besar ini membutuhkan partisipasi aktif generasi muda agar industri nasional dapat terus maju. TIKI tidak hanya membuka kesempatan bagi generasi muda untuk berkarir di perusahaan namun kami juga mendukung anak muda untuk menekuni usaha kurir. Melalui konsep waralaba, TIKI memungkinkan putra-putri daerah untuk membangun bisnis TIKI di daerahnya karena pendiri TIKI percaya bahwa untuk membangun jaringan logistik yang kuat dan tangguh dengan luas wilayah Indonesia yang sangat luas ini tidak dapat dilakukan sendirian”.

Lebih lanjut, Dr. Yuliantini, AMTrU, MM Rektor Institut Transportasi dan Logistik Trisakti menyampaikan, “Kami menyambut baik inisiatif TIKI dalam mendukung penguatan sistem pendidikan transportasi dan logistik di kampus kami. Digitalisasi telah mendisrupsi berbagai sektor usaha, tak terkecuali transportasi dan logistik. Sebagai lembaga pendidikan yang mencetak talenta muda Indonesia, kami perlu melihat, mendengarkan, dan berkolaborasi dengan pelaku industri agar materi pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan terkini. Kami yakin TIKI dengan pengalaman 53 tahun di sektor kurir dan logistik merupakan mitra yang tepat dalam memperkaya materi pembelajaran bagi para mahasiswa kami.”

Dr. Juliater Simarmata ,SE,MM., Wakil Rektor IV Institut Transportasi dan Logistik Trisakti menambahkan, “Sinergitas antara ITL Trisakti dan TIKI mencakup berbagai aspek yang dapat semakin menumbuhkan minat dan meningkatkan kualitas pendidikan mulai dari program beasiswa untuk karyawan TIKI, pendidikan dan pelatihan mahasiswa, program magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), kunjungan mahasiswa hingga pembukaan gerai TIKI di ITL Trisakti.”

Author: Martin Jop
GO Ina

Hasil penjualan didonasikan kepada penyandang disabilitas dan juga disumbangkan kepada 10 UMKM yang dimiliki oleh penyandang disabilitas.

Details
April 27, 2024

Bea Cukai fasilitasi pengiriman 900 paket parasut untuk Air Drop bantuan kemanusiaan yang dilakukan TNI melalui pesawat TNI AU di Gaza, Palestina

Details
April 12, 2024

Monitoring juga memastikan untuk meningkatkan kualitas layanan pendukung yang diberikan kepada penumpang dan pengguna bandara secara keseluruhan.

Details
April 9, 2024

Menjelang buka puasa, anak-anak binaan Yayasan Kumala mengikuti sosialisasi pemilahan sampah yang kemudian dilombakan secara berkelompok

Details
April 5, 2024

GENERAL NEWS