Breaking News:
Friday, 13 October 2017
Angkasa Pura Kargo Membangun dan Menuju Kawasan Digital Kargo Airport

kiri - kanan: Denni Fikri, Direktur Utama Angkasa Pura Kargo, Harson, Komisaris Angkasa Pura Kargo, Dorma Manalu, Executive General Manager Angkasa Pura 2, Andika Maryaman, Cargo Business Senior Manager Angkasa Pura 2, Riyanto H.Cahyono, Direktur Operasi Angkasa Pura Kargo.

PT Angkasa Pura Kargo, anak usaha strategis dari PT Angkasa Pura II (Persero) yang fokus pada layanan jasa operator terminal kargo dan pos, pada Senin pagi 9 Oktober 2017 merayakan hari jadinya yang pertama di Kantor Pusat Angkasa Pura Kargo, di Kawasan Cargo Area, Bandara Soekarno Hatta, Tangerang.

Sebetulnya perayaan hari jadi Angkasa Pura Kargo (APK) adalah 7 Oktober 2017, tetapi karena tanggal itu adalah hari libur, maka acara dilangsungkan pada 9 Oktober 2017 (Senin).

Hadir di hari jadinya, Angkasa Pura Kargo yakni, Denni Fikri, Direktur Utama PT Angkasa Pura Kargo, Riyanto H.Cahyono, Direktur Operasional PTAngkasa Pura Kargo, Harson, Komisaris PT Angkasa Pura Kargo. Dan tentu saja turut hadir pula Dorma Manalu, Executive General Manager PT Angkasa Pura II (Persero), didampingi Andika Nuryaman, Cargo Business Senior Manager PT Angkasa Pura II (Persero).

Dalam sambutannya Denni Fikri mengatakan: "Sedikit mengingat kembali tujuan didirikannya APK oleh pemegang saham yaitu untuk menjadi penyedia jasa layanan kargo dan terminal di bandara yang terpercaya, dan menjadi andalan dalam menyediakan solusi di bidang logistik untuk kedepannya.

Tentunya tugas ini tidak akan mudah tanpa dukungan dari induk perusahaan PT Angkasa Pura II (Persero), rekan-rekan subsidiary,  serta rekan-rekan partner bisnis lainnya."

Denny melanjutkan, ke depannya, Angkasa Pura Kargo dapat memberikan pelayanan yang lebih baik untuk komunitas bandara dan mampu meningkatkan pendapatan serta memberikan kesejahteraan bagi seluruh karyawan.

"Rencana kami dari APK akan membangun Gudang Inventory seluas 5 hektar di luar Lini 1 kawasan bandara ini, dengan tujuan meringankan beban volume di bandara tersibuk dan terpadat di Indonesia. Dan rencana jangka panjangnya  yaitu membangun Cargo Village di Bandara International Soekarno-Hatta ini", Denny menjelaskan.

Kegiatan Usaha Angkasa Pura Kargo terdiri dari Tiga Pilar yang disebut "Manage Service", yaitu : 
1). Memperbaiki dan Mencatat Real Estate seperti di Gudang Inventory, Perpakiran dll, 2). Pengelolaan Cargo Service,seperti Kepabeanan, Regulated Agent.Human Remain dll, dan, 3). Mengembangkan Kawasan Kargo terintegrasi dengan satu system.

Saat ini, kata Denni, terdapat 9 (sembilan) perusahaan yang berbisnis di Kawasan Kargo Area, Bandara International Soekarno-Hatta, yakni: Jasa Angkasa Semesta/CAS, Gapura, Garuda Indonesia, RPX, UNEX, Pos Logistik, Duta Bandara Mandiri (DBM), Bangun Desa Logistindo (BDL), dan Banten Global Development (BGD). Dari stakeholders tersebut, menurut Denni, Angkasa Pura Kargo dapat melakukan kolaborasi dan sinergi untuk memberikan inovasinya dan tindakan nyata dalam menurunkan biaya logistik, khususnya di sektor perhubungan udara. 

"Untuk itu kami butuh kerjasama semua pihak komunitas bandara agar bisa mewujudkannya (sinergi menurunkan biaya logistik)", kata dia di depan undangan dan karyawan Angkasa Pura Kargo. 

"Tentunya masih banyak target yang harus dicapai APK pada tahun-tahun mendatang, agar nantinya mampu meningkatkan daya saing di bandara yang kita kelola", Denni menutup sambutannya.  

Sedangkan Riyanto H.Cahyono, Direktur Operasional PTAngkasa Pura Kargo menyatakan bahwa tim kerja Angkasa Pura Kargo bersama-sama telah membangun pondasi dan kerjasama yang baik, sehingga perusahaan bisa menjadi lebih kokoh dan tangguh dalam menjalankan tugas yang diamanatkan.

"Semoga tercapai visi dan misi yang diamanatkan oleh pemegang saham, sehingga mampu memberikan sumbangsih bagi komunitas bandara ke depannya", Riyanto menambahkan.

Sebagai info, awalnya di 2007, usaha pelayanan kargo oleh PT. Angkasa Pura II dengan mengoperasikan terminal kargo untuk memenuhi kebutuhan perusahaan-perusahaan yang bergerak di sektor logistik. Seiring perkembangan infrastuktur bandara di Indonesia dan perbaikan atas layanan bandara yang mengedepankan keamanan dan keselamatan atas pengiriman dan pengelolaan kargo dan pos, maka di 2016 PT. Angkasa Pura II (Persero) membentuk anak usaha strategis, salah satunya PT. Angkasa Pura Kargo dengan fokus layanan di bidang jasa operator terminal kargo dan pos, pelayanan kargo dan pos udara serta pengembangan prasarana dan sarana terminal kargo dan pos. PT. Angkasa Pura Kargo beroperasi di sejumlah bandara Indonesia yang dikelola oleh PT Angkasa Pura II.

Author: Eko Nugroho
GO Ina

Program yang diberi nama Dapur TIKI ini akan tayang setiap Kamis selama Bulan Ramadhan di Youtube Channel TIKI ID.

Details
March 25, 2024

TIKI memprediksi akan terjadi pertumbuhan volume kiriman antara 20-25 persen di Bulan Ramadhan 2024

Details
March 14, 2024

Melalui kerjasama sebagai pendukung logistik BBW tahun ini, diharapkan dapat menjadi solusi bagi para pecinta buku di Indonesia

Details
March 1, 2024

IAS memastikan seluruh logistik tiba dengan aman, menyambut tim dan para peserta dengan keramahtamahan khas Indonesia, hingga kebersihan area balap

Details
February 29, 2024

GENERAL NEWS