Breaking News:
Saturday, 28 October 2017
Bandara Internasional Silangit Resmi Layani Rute Internasional

(foto ketiga dari kiri): Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Menteri Menko Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan, perwakilan Dirut Garuda Indonesia, perwakilan Dirut Angkasa Pura 2, pejabat Pemprov, serta pejabat lokal lainnya di acara Inaugural Flight Singapore - Silangit di Bandara Internasional Silangit di Siborong-borong, Tapanuli Utara (28 Oktober)


Pada Sabtu lalu (28 Oktober 2017), Bandara Internasional Silangit secara resmi melayani penerbangan internasional ditandai dengan mendaratnya Garuda Indonesia nomor penerbangan GA 8510 pukul 13.30 WIB dari Bandara Internasional Changi Singapura.

Pesawat Bombardier CRJ 1000 tersebut membawa wisatawan mancanegara dari Singapura yang langsung disambut dengan tari tradisional Tortor. Tidak hanya itu, penyambutan juga dilakukan langsung oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Menteri Menko Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan dengan mengalungkan ulos kepada perwakilan penumpang.

Bandara berkode DTB ini dilengkapi dengan terminal baru dengan desain modern serta mengedepankan kearifan lokal guna meningkatkan standar pelayanan bagi penumpang pesawat serta membuka berbagai konektivitas baru.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, "Hari ini sangat bersejarah bagi Bandara Silangit karena pertama kali melayani penerbangan internasional dan juga pertama kali didarati oleh pesawat Airbus A320 yang dioperasikan oleh Citilink dari Jakarta. Apabila ingin menjadi destinasi wisata kelas dunia, maka memang harus memiliki bandara internasional. Danau Toba akan menjadi destinasi pariwisata kelas dunia."

Sementara itu, Menko Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan menuturkan Bandara Internasional Silangit yang berada di ketinggian 1.300 meter ini memiliki kelebihan tersendiri sehingga waktu tempuh dari Singapura hanya kurang dari 1 jam dan memungkinkan adanya pembangunan fasilitas internasional seperti hotel dan lain sebagainya. "Selamat datang saya ucapkan kepada para wisatawan asal Singapura."

Terminal baru Bandara Internasional Silangit ini berkapasitas 500.000 penumpang dengan luas mencapai 2.155 m2, dilengkapi 8 check-in counter, smart baggage conveyor belt, VIP boarding lounge dan fasilitas lainnya. 

Pada awal tahun depan, ditargetkan luas terminal dapat mencapai 3.054 m2 sehingga terminal domestik dan internasional dapat semakin memadai serta didukung total 12 check-in counter. 

Beroperasinya layanan penerbangan dari Silangit ini nantinya diharapkan dapat memaksimalkan potensi pasar kunjungan wisatawan dari Singapura - kota tersibuk didunia – yang dikunjungi lebih dari 15 juta wisman setiap tahunnya. 

Penerbangan Silangit – Singapura vv tersebut merupakan bentuk dari sinergi BUMN, seperti: Garuda Indonesia, Badan Otoritas Danau Toba, PT Angkasa Pura II (Persero), dan AirNav Indonesia, yang didukung penuh oleh Kementerian BUMN, Kemenko Kemaritiman, Kementerian Pariwisata, Kementerian Perhubungan, serta seluruh pemangku kepentingan lain seperti Ditjen Imigrasi, Bea dan Cukai, TNI & Polri, serta pihak-pihak lainnya.

Author: Eko Nugroho
GO Ina

Hasil penjualan didonasikan kepada penyandang disabilitas dan juga disumbangkan kepada 10 UMKM yang dimiliki oleh penyandang disabilitas.

Details
April 27, 2024

Bea Cukai fasilitasi pengiriman 900 paket parasut untuk Air Drop bantuan kemanusiaan yang dilakukan TNI melalui pesawat TNI AU di Gaza, Palestina

Details
April 12, 2024

Monitoring juga memastikan untuk meningkatkan kualitas layanan pendukung yang diberikan kepada penumpang dan pengguna bandara secara keseluruhan.

Details
April 9, 2024

Menjelang buka puasa, anak-anak binaan Yayasan Kumala mengikuti sosialisasi pemilahan sampah yang kemudian dilombakan secara berkelompok

Details
April 5, 2024

GENERAL NEWS