Breaking News:
Saturday, 7 October 2017
Garuda Indonesia Terbangkan Sepasang Giant Panda dari Chengdu

Pada Kamis (28/09) lalu, flag carrier, Garuda Indonesia (Garuda) menyambut kedatangan sepasang "Giant Panda" pinjaman dari pemerintah Republik Rakyat Tiongkok (Tiongkok) di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta, dengan penerbangan pesawat berkode GA887 dari Chengdu menuju Jakarta, dalam waktu tempuh sekitar 6 jam 50 menit.(dapat dilihat di VIDEO NEWS, www.indocargotimes.com)

Fasilitas pengangkutan kedua panda raksasa jenis "Ailuropoda Melanoleuca" tersebut merupakan bentuk dukungan Garuda terhadap upaya pelestarian dan konservasi populasi Panda di dunia yang juga turut menandai peningkatan hubungan bilateral yang telah dijalin antara Indonesia dan Republik Rakyat Tiongkok.

Di acara seremonial penerimaan Giant Panda, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dalam sambutannya mengatakan, “Tahun ini Indonesia mendapat kehormatan untuk menjadi negara ke-16 yang mendapatkan peminjaman pengembangbiakan (breeding loan) Giant Panda. Kami harapkan kerjasama ini semakin mempromosikan persahabatan antar kedua negara.”

Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala N. Mansury mengungkapkan, “Sebagai flag carrier, merupakan kehormatan tersendiri bagi kami untuk dapat ambil bagian dalam upaya tindak lanjut dari inisiasi konservasi panda yang telah dijalin oleh Indonesia dan Tiongkok sejak peringatan 60 tahun hubungan diplomatik antar kedua negara di tahun 2010 lalu.”

"Persiapan penerbangan Panda ini telah kami lakukan sejak tiga bulan lalu melalui koordinasi intensif dan safety risk assessment yang dilakukan antara seluruh pihak terkait, mulai dari jajaran operasional penerbangan, pihak manufaktur, hingga otoritas terkait lainnya, sehingga saat ini pengangkutan sepasang Giant Panda dari Chengdu ke Jakarta dapat berlangsung dengan lancar,” lanjutnya.

Untuk menjaga kenyamanan dan keselamatan hewan langka ini, dalam melaksanakan pengangkutannya Garuda menggunakan pesawat Airbus A330-200 yang dioperasikan pada penerbangan GA887 yang secara khusus di re-route menjadi Chengdu-Jakarta-Denpasar, dari sebelumnya Chengdu-Denpasar-Jakarta.

Dengan pengalihan rute tersebut waktu penerbangan menjadi lebih singkat, dari umumnya selama kurang lebih 11 hingga 13 jam dengan transit di Denpasar dan risiko pemindahan dan proses ground handling juga dapat diminimalisir. Penerbangan GA887 tersebut berangkat dari Bandara Shungliu Chengdu pukul 04.10 waktu setempat dan tiba di Jakarta pada pukul 08.50 WIB.

Selain re-route, Garuda juga menyiapkan kompartemen khusus dengan memaksimalkan ruang kargo di perut pesawat untuk memuat kandang masing-masing Giant Panda yang berumur tujuh tahun tersebut, yaitu panda jantan bernama Cai Tao yang berbobot 128 Kg dan panda betina bernama Hu Chun dengan bobot 113 Kg.

Selama penerbangan GA887 tersebut, Garuda juga menghadirkan tema khusus pada aspek layanan inflight service, seperti design head rest di kursi pesawat yang menampilkan gambar kartun panda, lalu juga snack dan dessert dengan bentuk Panda. Selain itu, Garuda juga menampilkan livery sticker panda di badan pesawat.

Kedua Giant Panda pinjaman tersebut selanjutnya dibawa ke Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor untuk dirawat dan untuk pengembangbiakan (breeding loan).

Author: Martin Jop
GO Ina

Bea Cukai fasilitasi pengiriman 900 paket parasut untuk Air Drop bantuan kemanusiaan yang dilakukan TNI melalui pesawat TNI AU di Gaza, Palestina

Details
April 12, 2024

Monitoring juga memastikan untuk meningkatkan kualitas layanan pendukung yang diberikan kepada penumpang dan pengguna bandara secara keseluruhan.

Details
April 9, 2024

Menjelang buka puasa, anak-anak binaan Yayasan Kumala mengikuti sosialisasi pemilahan sampah yang kemudian dilombakan secara berkelompok

Details
April 5, 2024

TIKI siap menjadi mitra pengiriman yang andal bagi seluruh masyarakat Indonesia yang merayakan Hari Raya Idul Fitri

Details
April 4, 2024

GENERAL NEWS