Breaking News:
Saturday, 9 February 2019
DIRJEN HUBUD APRESIASI LANGKAH ASPERINDO, CIPTAKAN KONDISI KONDUSIF

Jakarta, 09/2/2019 - Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana B Pramesti mengapresiasi langkah Asosiasiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres Indonesia (Asperindo) yang melakukan pertemuan dengan badan usaha angkutan udara dan stakeholder terkait. 

Pertemuan tersebut dilakukan untuk  meluruskan miskomunikasi dan kesalahpahaman yang terjadi terkait tarif Surat Muatan Udara (SMU).  “Kami mengapresiasi langkah Asperindo yang  melakukan pertemuan, sehingga kesalahpahaman yang terjadi dapat terselesaikan dengan baik,” kata Polana di Jakarta, hari ini. 

Polana mengimbau kepada Badan Usaha Angkutan Udara dan pengguna jasa kargo agar  dapat mencari solusi dan bersepakat terkait tarif kargo. Pada dasarnya, Kemenhub tidak mengatur tarif kargo, sesuai dengan Undang-undang Nomor 1 Pasal 128 Ayat 1 tentang Tarif Penumpang Pelayanan Non-Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal dan Angkutan Kargo Berjadwal Dalam Negeri Ditentukan Berdasarkan Mekanisme Pasar. 

“Bisnis penerbangan berlangsung cepat dan dinamis. Untuk itu, banyak hal yang harus dijaga agar keberlangsungan bisnis masing-masing pihak bisa berjalan. Berkomitmen untuk menjaga suasana tetap kondusif dan saling mendukung satu sama lainya,” Polana menambahkan. 

Asperindo melakukan pertemuan dengan badan usaha angkutan udara dan  stakeholder lainnya  untuk melakukan klarifikasi atas beberapa isu yang berkembang saat ini.  Dalam pertemuan itu, Asperindo dan seluruh anggota tidak pernah menyatakan akan menghentikan pengiriman kargo lewat maskapai penerbangan.  Serta tidak pernah menyatakan secara resmi menyetop pengiriman barang/kargo dari seluruh anggota Asperindo. 

Melalui kesempatan tersebut, Asperindo mengganggap bahwa tidak lagi terdapat kesalahpahaman antara Asperindo dan seluruh anggotanya dengan badan usaha angkutan udara sehingga segala keputusan bisnis yang diambil pihak badan usaha angkutan udara  serta  masing-masing pihak adalah untuk keberlangsungan bisnis dan industri kargo secara jangka panjang. 

Asperindo juga sepakat dengan badan usaha angkutan udara untuk sama-sama membangun industri logistik nasional yang sustainable dan terus meningkatkan komunikasi yang kondusif guna meningkatkan daya saing regional dan global. 

Author: Eko Nugroho
GO Ina

Hasil penjualan didonasikan kepada penyandang disabilitas dan juga disumbangkan kepada 10 UMKM yang dimiliki oleh penyandang disabilitas.

Details
April 27, 2024

Bea Cukai fasilitasi pengiriman 900 paket parasut untuk Air Drop bantuan kemanusiaan yang dilakukan TNI melalui pesawat TNI AU di Gaza, Palestina

Details
April 12, 2024

Monitoring juga memastikan untuk meningkatkan kualitas layanan pendukung yang diberikan kepada penumpang dan pengguna bandara secara keseluruhan.

Details
April 9, 2024

Menjelang buka puasa, anak-anak binaan Yayasan Kumala mengikuti sosialisasi pemilahan sampah yang kemudian dilombakan secara berkelompok

Details
April 5, 2024

GENERAL NEWS