Breaking News:
Monday, 19 August 2019
HIMBAUAN AGAR SELURUH BANDARA MENINGKATKAN KEWASPADAAN KEAMANAN

Jakarta,19/08/2019 – Dengan mempertimbangkan kondisi keamanan di daerah Papua, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara mengambil langkah-langkah agar keselamatan, keamanan dan pelayanan penerbangan berjalan dengan normal dan sesuai ketentuan.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana B. Pramesti menghimbau agar seluruh seluruh Unit Penyelenggara Bandar Udara  (UPBU) dan Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) untuk terus meningkatkan kewaspadaan. “Kami menghimbau kepada seluruh Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah untuk meningkatkan keamanan bandar udara di wilayah kerjanya  dan juga setiap  Bandar Udara untuk meningkatkan kewaspadaan keamanan di bandaranya karena bandara adalah objek vital nasional dan  bandara satu-satunya akses yang cepat untuk mobilisasi” tegas Polana.
 
Himbauan ini dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan melalui  surat edaran No SE 14 Tahun 2019 agar setiap  Kantor  Otoritas Bandar Udara Wilayah , UPBU serta  BUBU melakukan :

1. Peningkatan pengamanan dan penjagaan terhadap batas – batas wilayah kerja bandara khususnya daerah keamanan terbatas.

2. Meningkatkan pemeriksaan keamanan terhadap orang dan barang bawaannya , kendaraan dan barang muatannya serta kargo dan pos yang akan masuk ke daeran keamanan terbatas.

3. Melakukan penilaian resiko terhadap adanya potensi ancaman kerusuhan massa yang akan menimbulkan terjadinya tindakan melawan hukum penerbangan.

4. Meningkatkan koordinasi dan komunikasi dengan Kantor  Otoritas Bandar Udara Wilayah dalam hal pengawasan keamanan secara maksimal terhadap penanggulangan keadaaan darurat keamanan bandar udara.

5. Menetapkan perubahan status kondisi bandara berdasarkan hasil penilaian resiko.

6. Meningkatkan kordinasi dan komunikasi dengan TNI/Polri dalam rangka penanggulangan keadaaan darurat.

7. Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah   untuk meningkatkan pengawasan terhadap bandara di dalam wilayah kerjanya  dan memastikan langkah – langkah keamanan yang dilakukan sesuai dengan prosedur. 

Sementara itu Kantor  Otoritas Bandar Udara Wilayah  IX  dan Wilayah X  telah   meminta kepada  seluruh bandara di wilayah kerjanya masing – masing untuk berkoordinasi  dan berkomunikasi dengan dengan pihak pemerintah daerah dan  juga aparat keamanan TNI/Polri untuk bekerjasama dalam menjaga keamanan agar dapat menghindari meluasnya kerusuhan ke wilayah bandara. 

Author: EN
GO Ina

Bea Cukai fasilitasi pengiriman 900 paket parasut untuk Air Drop bantuan kemanusiaan yang dilakukan TNI melalui pesawat TNI AU di Gaza, Palestina

Details
April 12, 2024

Monitoring juga memastikan untuk meningkatkan kualitas layanan pendukung yang diberikan kepada penumpang dan pengguna bandara secara keseluruhan.

Details
April 9, 2024

Menjelang buka puasa, anak-anak binaan Yayasan Kumala mengikuti sosialisasi pemilahan sampah yang kemudian dilombakan secara berkelompok

Details
April 5, 2024

TIKI siap menjadi mitra pengiriman yang andal bagi seluruh masyarakat Indonesia yang merayakan Hari Raya Idul Fitri

Details
April 4, 2024

GENERAL NEWS