Breaking News:
Thursday, 1 August 2019
Posindo dan Poslog Gandeng Agritrade Dalam Kerjasama Layanan Ekspor

BUMN layanan jasa pos dan kurir,PT Pos Indonesia (Posindo) dan anak perusahaannya, PT Pos Logistik Indonesia (Poslog) menggandeng perusahaan trading internasional, Agritrade International Ltd. (Agritrade), untuk bekerja sama dalam hal penyediaan jasa pembiayaan kredit supplier yang logistiknya akan ditangani Pos Indonesia Group, baik dalam negeri maupun luar negeri. 

Langkah ini diambil Posindo dalam rangka mewujudkan transformasinya menuju pemain global logistik. Nantinya Posindo akan melayani sektor riil dalam negeri dalam memenuhi kebutuhan pasokan input bahan baku maupun untuk perdagangan dengan para eksportir luar negeri.

Dalam kerjasama Kredit Supplier (Supplier’s Credit Agreement) ini, Posindo akan dibantu oleh Agritrade untuk mengatur dan menyusun transaksi perdagangan Internasional bagi para pelanggannya - BUMN, Swata Nasional, dan UMKM - dengan memasok kebutuhan barang dagangannya. 

Peran Posindo ini sehubungan dengan Mandat Fasilitasi Perdagangan (Trade Facilitation) yang diembannya sesuai dengan Piagam Universal Postal Union (UPU). Berdasarkan Piagam ini, peran Posindo dalam memfasilitasi perdagangan Internasional mewakili Republik Indonesia.

Penandatanganan dokumen perjanjian kerjasama layanan export  dalam bentuk kredit supplier, yang dilaksanakan pada tanggal 1 Agustus 2019 di Jakarta, menandai transformasi Posindo dari layanan pos ke layanan yang diamanatkan oleh Universal Postal Union, yaitu program Fasilitasi Perdagangan. 

Dengan memulai jalur ini, Posindo akan membantu sektor riil dan dalam melakukan perdagangannya. 

Posindo mengharapkan program ini untuk dapat memberikan kontribusi positif bagi Neraca Perdagangan Indonesia. Di samping itu juga berharap program Fasilitasi Perdagangan ini juga akan menciptakan lapangan kerja dan membantu membawa kesejahteraan bagi masyarakat di seluruh tanah air.

Author: Martin Jop
GO Ina

Program yang diberi nama Dapur TIKI ini akan tayang setiap Kamis selama Bulan Ramadhan di Youtube Channel TIKI ID.

Details
March 25, 2024

TIKI memprediksi akan terjadi pertumbuhan volume kiriman antara 20-25 persen di Bulan Ramadhan 2024

Details
March 14, 2024

Melalui kerjasama sebagai pendukung logistik BBW tahun ini, diharapkan dapat menjadi solusi bagi para pecinta buku di Indonesia

Details
March 1, 2024

IAS memastikan seluruh logistik tiba dengan aman, menyambut tim dan para peserta dengan keramahtamahan khas Indonesia, hingga kebersihan area balap

Details
February 29, 2024

GENERAL NEWS