Breaking News:
Monday, 26 October 2020
Konser Pertama Kalinya di Bandara Indonesia, diadakan oleh Bandara Internasional Yogyakarta

Jakarta, 26 Oktober 2020 – PT Angkasa Pura I (Persero) menyelenggarakan Konser Virtual Sumpah Pemuda 2020 di Bandara Internasional Yogyakarta untuk menyemarakkan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-92 tahun 2020. Selain untuk membangkitkan semangat persatuan Indonesia bagi seluruh generasi, kegiatan ini juga diharapkan menjadi momentum bangkitnya pariwisata dan perekonomian Indonesia.

“Konser Virtual Sumpah Pemuda di Bandara Internasional Yogyakarta yang bertajuk ‘Dari Yogyakarta untuk Indonesia’ ini merupakan konser virtual pertama di Indonesia yang diadakan di bandara. Konser ini diselenggarakan untuk membangkitkan semangat persatuan Indonesia dan diharapkan menjadi momen kebangkitan pariwisata dan perekonomian Indonesia yang terpukul sejak awal tahun ini akibat pandemi Covid-19,” ujar Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT Angkasa Pura I (Persero) Devy Suradji.

Pemilihan Yogyakarta sebagai lokasi penyelenggaraan acara, lanjut Devy Suradji, karena Yogyakarta merepresentasikan wadah beragam budaya di mana kearifan lokal, ragam karya seni, dan budaya sangat dijunjung tinggi. Hal tersebut juga terepresentasi pada Bandara Internasional Yogyakarta yang di dalamnya terdapat beragam karya seni yang terpampang di beberapa titik di area terminal dan sisi darat. Berbagai karya seni tersebut berfungsi sebagai media apresiasi terhadap nilai budaya lokal dan masyarakat desa yang wilayahnya digunakan untuk dibangun menjadi Bandara Internasional Yogyakarta. Terdapat kurang lebih 15 karya seni yang menghiasi beberapa titik YIA di mana 5 karya seni dinamai dengan 5 nama desa yang wilayahnya digunakan untuk YIA yaitu Sindutan, Palihan, Kebonrejo, Jangkaran, dan Glagah.

Adapun 10 karya seni sisanya yaitu Patung Hamemayu Hayuningrat di area gerbang masuk YIA, Patung Bedhaya Kinjeng Wesi di area terminal keberangkatan, pop-up relief "Jogja on the Move", Patung Among Bocah di area terminal, Patung Tetanduran yang membungkus pilar-pilar terminal, relief craft yang berada pada sebagian dinding terminal, pop-up relief "Among Tamu Dagang Layar", Lawang Papat yang menempel pada sebagian dinding terminal, Semar Tinandu yang mengemas signage YIA di gerbang masuk bandara, serta Bale Kambang, yaitu gazebo yang terletak di dua sisi area bandara.

Selain wadah untuk kesenian, Bandara Internasional Yogyakarta juga merupakan wadah bagi para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM). Hal ini ditunjukkan melalui penyediaan Galeri UMKM di bandara terbesar di Indonesia bernama Pasar Kota Gede dengan luasan mencapai 1.513 meter persegi untuk merangkul sekitar 300 hingga 600 UMKM lokal Yogyakarta dan sekitarnya. Upaya ini merupakan wujud kontribusi perusahaan terhadap pengembangan ekonomi masyarakat.

*Konser Virtual Dapat Disaksikan Siapa Saja dan dari Mana Saja*

Konser Virtual Sumpah Pemuda 2020 ini terbuka untuk umum yang dapat disaksikan secara langsung pada akun Youtube Angkasa Pura Airports (https://www.youtube.com/c/angkasapuraairports) dan akun media sosial para sponsor pada Rabu 28 Oktober 2020 pukul 19.00 WIB. Konser virtual ini berisi pertunjukkan musik dari musisi nasional yaitu Once Mekel dan musisi lokal Shaggydog, serta mengangkat unsur kesenian Yogyakarta melalui pertunjukkan tari. Rangkaian kegiatan konser virtual ini akan akan dibuka oleh tarian pembuka, perpaduan antara tari tradisional dan kontemporer, yang bercerita tentang kebangkitan dan keberanian menghadapi kondisi saat ini. Dilanjutkan dengan penampilan dari dua pengisi acara utama yaitu Once Mekel dan Shaggydog. Di sela-sela penampilan dari para pengisi acara juga akan terdapat kuis berhadiah bagi para penonton virtual dengan hadiah utama satu buah motor. Tarian “Satu Indonesia” akan menjadi penutup konser virtual tersebut di mana tarian ini merepresentasikan persatuan Indonesia dengan tajuk “To embrace the glorious”.

Penyelenggaraan konser virtual ini juga sangat memperhatikan penerapan protokol kesehatan bagi seluruh pihak yang terlibat, seperti para pengisi acara, para tamu undangan, dan pihak penyelenggara. Untuk dapat mengikuti acara ini, seluruh pihak yang terlibat diwajibkan melakukan rapid test dengan hasil non-reaktif. Sebelum memasuki area acara, para tamu undangan akan diminta menunjukkan hasil rapid test non-reaktif, kemudian diperiksa suhu tubuh menggunakan thermal scanner, wajib mencuci tangan, dan selama acara berlangsung tamu undangan juga panitia wajib menggunakan masker.

*Bagian dari Kampanye #SafeTravel #TerbangLagi #DiIndonesiaAja*

Konser Virtual Sumpah Pemuda 2020 ini merupakan bagian dan upaya mendukung kampanye #SafeTravel #TerbangLagi #DiIndonesiaAja yang dikemas menjadi #KonserSumpahPemudaYIA, di mana pada konser virtual ini disampaikan berbagai informasi edukatif mengenai amannya melakukan perjalanan udara pada masa adaptasi kebiasaan baru. Kemanan tersebut ditunjukkan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, baik di pesawat udara maupun di bandara, sehingga hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan diri masyarakat untuk kembali melakukan perjalanan udara.

Kampanye #TerbangLagi melalui penerapan #SafeTravel ini terus dilakukan untuk mengantisipasi potensi peningkatan penumpang pesawat udara pada masa libur Panjang cuti bersama peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW sejak 28 Oktober hingga 1 November 2020.

“Kami selaku penyedia jasa pendukung transportasi udara senantiasa menyampaikan kepada masyarakat untuk konsisten mematuhi protokol kesehatan di setiap kondisi, termasuk ketika akan dan sedang melakukan perjalanan udara. Selaku penyedia jasa kebandarudaraan, kami senantiasa menerapkan protokol kesehatan secara ketat di seluruh area bandara sehingga masyarakat tidak perlu khawatir mengenai potensi penyebaran virus di bandara,” ujar Devy Suradji.

Selain itu, Devy Suradji berterima kasih kepada berbagai pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan ini. Adapun pihak-pihak yang menjadi pendukung acara ini yaitu PT PP (Persero), PT Pertamina (Persero), PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk., PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), Kementerian Perhubungan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian BUMN, dan Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Author: DPar
GO Ina

Program yang diberi nama Dapur TIKI ini akan tayang setiap Kamis selama Bulan Ramadhan di Youtube Channel TIKI ID.

Details
March 25, 2024

TIKI memprediksi akan terjadi pertumbuhan volume kiriman antara 20-25 persen di Bulan Ramadhan 2024

Details
March 14, 2024

Melalui kerjasama sebagai pendukung logistik BBW tahun ini, diharapkan dapat menjadi solusi bagi para pecinta buku di Indonesia

Details
March 1, 2024

IAS memastikan seluruh logistik tiba dengan aman, menyambut tim dan para peserta dengan keramahtamahan khas Indonesia, hingga kebersihan area balap

Details
February 29, 2024

GENERAL NEWS