Breaking News:
Thursday, 3 September 2020
Peringati 50 Tahun Emas, TIKI Luncurkan Buku “Pelopor Kurir di Tanah Air”

(kiri ke kanan): Ahmad Ferwito, Operational & Network Director TIKI, Ester Wiraseputra, Vice President Director TIKI, dan Th. Nia Handayani, Business Support Director TIKI, meluncurkan buku berjudul “Pelopor Kurir di Tanah Air” bertepatan dengan Hari Ulang Tahun TIKI ke-50.


PT. Citra Van Titipan Kilat (TIKI), perusahaan jasa pengiriman terkemuka di Indonesia, memperingati 5 dekade perusahaannya pada 1 September 2020 dengan berbagai aktivitas, seperti meluncurkan buku "Pelopor Kurir di Tanah Air", promo cashback 50%, dan berbagi kebahagiaan dengan anak yatim, yang diinisiasi oleh seluruh kantor cabang TIKI.

Promo cashback 50% berlaku untuk produk ONS, REG dan ECO dengan berat minimal 3 kg untuk wilayah Jawa – Bali – Sumatera mulai dari 27 Agustus hingga 26 September 2020.[1]

Selama 50 tahun, TIKI semakin memantapkan posisinya sebagai pionir dan pemimpin di industri jasa kurir dan logistik yang telah terbukti menjadi mitra yang tangguh dan dapat diandalkan oleh para pelaku bisnis di berbagai situasi ekonomi termasuk kondisi pandemi seperti saat ini.

Ke depannya, TIKI akan terus berkomitmen melayani negeri dan menggerakkan roda aktivitas ekonomi di Indonesia melalui jaringan yang tersebar di seluruh pelosok negeri, serta inovasi layanan pengiriman yang disesuaikan dengan kebutuhan pelaku usaha, baik besar maupun UMKM; baik korporasi maupun perorangan.

Dalam sambutannya di acara konperensi media 50 tahun TIKI Melayani Negeri, Yulina Hastuti Presiden Direktur TIKI mengatakan, “TIKI telah melalui berbagai fase perkembangan jaman dan perubahan perilaku konsumen, melakukan pembenahan dan memperkuat internal secara terus menerus. Berkat komitmen dan kegigihan para pendiri TIKI lintas generasi serta kerjasama yang solid dengan para mitra waralaba dan karyawan, saat ini TIKI telah menjadi perusahaan jasa kurir dengan jaringan distribusi terluas setelah PT Pos Indonesia, dan bahkan dipercaya menjadi jasa kurir pilihan milenial.”

“Perjalanan dan transformasi bisnis perusahaan selama 50 tahun ini merupakan sebuah pencapaian dan menjadi pengalaman dan pengetahuan yang layak untuk dibagikan kepada masyarakat terutama generasi muda Indonesia. Oleh karena itu bertepatan dengan peringatan 50 Tahun TIKI hari ini, kami meluncurkan buku "Pelopor Kurir di Tanah Air". Buku ini mendokumentasikan perkembangan jasa kurir di Indonesia dan langkah kepemimpinan para pendiri TIKI sehingga dapat sukses membangun bisnis TIKI hingga sekarang ini," lanjut Yulina yang sekaligus menandai peluncuran buku 50 Tahun TIKI.

Kilas balik sejarah perusahaan, PT. Citra Van Titipan Kilat atau TIKI pertama kali didirikan pada 1 September 1970 oleh Alm. Bpk Soeprapto Soeparno dan Ibu Nuraini Soeprapto yang kemudian semakin diperkuat dengan bergabungnya Alm. Bp Irawan Saputra, Bpk Gideon Wiraseputra dan Bpk Raphael Rusmadi di tahun 1972.

Diawali dengan dua cabang utama di Pangkalpinang dan Semarang, TIKI saat ini memiliki jaringan operasional yang meliputi 66 kota besar di Indonesia, didukung oleh lebih dari 500 kantor perwakilan, lebih dari 3700 gerai dan lebih dari 6.000 karyawan di seluruh Indonesia.

TIKI membangun kemitraan dengan para wirausaha lokal, bertumbuh bersama dan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah melalui kemitraan waralaba dengan lebih dari 3.000 mitra keagenan/waralaba di seluruh Indonesia.

TIKI juga terus melakukan inovasi layanan yang disesuaikan dengan perkembangan kebutuhan konsumen dan memperkuat pemanfaatan teknologi dalam setiap aspek bisnis perusahaan dalam rangka meningkatkan produktivitas, efisiensi serta kemudahan interaksi antara perusahaan dengan konsumen. Hal terus dilakukan untuk dapat tetap kompetitif dan merangkul para konsumen milenial.

“TIKI secara konsisten menjadi pionir dalam berbagai produk dan layanan yang menjadi unggulan tiap masanya dan hingga saat ini. Pertengahan tahun ini kami kembali meluncurkan produk dan layanan baru untuk wilayah DKI Jakarta yaitu TIKI PUTAR (Jemput Antar) yang memberikan pilihan pengantaran dalam hitungan jam di hari yang sama, dan lebih cepat dari produk Same Day Service, serta TIKI SERLOK (Seller Online Booking) - Layanan baru bagi para online seller yang menawarkan berbagai kemudahan dalam melakukan transaksi pengiriman dengan TIKI mulai dari gratis pick up, diskon, fasilitas COD hingga pelunasan H+2 setelah transaksi," urai Ester Wiraseputra Vice President Director TIKI.

Adapun beberapa produk dan layanan unggulan TIKI antara lain produk Same Day Service (SDS) dan Over Night Service (ONS), layanan TIKI Drive Thru 24 hours, dan layanan Jemput Online / JEMPOL. Produk International (INT) TIKI juga sangat kompetitif mulai dari Rp 100 ribu untuk pengiriman luar negeri. Tidak hanya itu, TIKI juga menjadi jasa kurir pertama dan satu-satunya yang dapat melalukan pengiriman ikan dan tanaman termasuk pengurusan kelengkapan surat-surat yang dibutuhkan.

“Terima kasih kepada para mitra waralaba, karyawan, para konsumen, pemangku kebijakan dan rekan-rekan media atas dukungan dan kepercayaannya kepada kami. Target kami 3-5 tahun ke depan untuk dapat terus mempertahankan kepemimpinan kami di industri ini dengan fokus dalam pengembangan jaringan distribusi agar dapat menjangkau hingga lebih dari 90% wilayah Indonesia, pengembangan dan perluasan cakupan produk dan layanan kami di seluruh Indonesia antara lain layanan TIKI Drive Thru 24 hours, TIKI PUTAR dan TIKI SERLOK, inovasi untuk layanan korporat serta memperkuat infrastruktur operasional dengan mengutamakan teknologi otomasi dan teknologi digital,” tutup Ester.

[1] Syarat dan ketentuan terkait promo cashback 50% dapat diakses di www.tiki.id

Author: Martin Jop
GO Ina

Bea Cukai fasilitasi pengiriman 900 paket parasut untuk Air Drop bantuan kemanusiaan yang dilakukan TNI melalui pesawat TNI AU di Gaza, Palestina

Details
April 12, 2024

Monitoring juga memastikan untuk meningkatkan kualitas layanan pendukung yang diberikan kepada penumpang dan pengguna bandara secara keseluruhan.

Details
April 9, 2024

Menjelang buka puasa, anak-anak binaan Yayasan Kumala mengikuti sosialisasi pemilahan sampah yang kemudian dilombakan secara berkelompok

Details
April 5, 2024

TIKI siap menjadi mitra pengiriman yang andal bagi seluruh masyarakat Indonesia yang merayakan Hari Raya Idul Fitri

Details
April 4, 2024

GENERAL NEWS