Breaking News:
Friday, 30 December 2022
Jumlah Penumpang di Pelabuhan dan Bandara Manokwari Alami Lonjakan

Cargo Times | Papua - Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Novie Riyanto, Jumat (30/12) melakukan pemantauan monitoring dan evaluasi Angkutan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di Pelabuhan Manokwari dan Bandara Rendani, Manokwari, Papua. "Hasil pantauan di pelabuhan dan bandara tersebut menunjukkan jumlah penumpang mengalami lonjakan, namun pelayanan angkutan umum sampai hari ini masih tetap berjalan lancar, aman, dan terkendali, "ujar Sesjen Novie.

Di Bandara Rendani, terdapat tren peningkatan penumpang angkutan udara yang didominasi rute Manokwari menuju Sorong sebanyak 5 penerbangan per hari. Peningkatan jumlah penumpang pesawat udara di Bandar Udara Rendani meningkat sebanyak 20% dibandingkan dengan tahun 2021.

Lonjakan penumpang terjadi lantaran pada libur nataru tahun ini, penumpang dapat bepergian tanpa ada syarat tes PCR/Antigen seperti tahun sebelumnya. Sesjen Novie mengatakan, penerapan protokol kesehatan tetap dilaksanakan di Bandar Udara Rendani Manokwari.

“Pihak pengelola atau Unit Pelaksana Bandar Udara/UPBU Rendani telah berkoordinasi dengan maskapai untuk menyiagakan pesawat tambahan, guna mengantisipasi lonjakan penumpang,” tutur Novie.

Sementara itu, untuk mengantisipasi lonjakan penumpang kapal di Pelabuhan Manokwari, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas IV (KSOP) Manokwari, telah menyiagakan kapal sebanyak 18 unit kapal terdiri dari 7 unit kapal penumpang yang dioperasikan oleh PT. Pelni berukuran ± 14.000 GT; 9 unit Kapal Perintis berukuran 1000 - 2000 GT; dan 2 unit kapal swasta berukuran 250 - 500 GT. Jumlah kapal meningkat 6 % dari jumlah kapal pada angkutan nataru tahun sebelumnya.

Sedangkan, jumlah penumpang kapal pada tahun ini sebanyak 6.733 penumpang turun dan 9.164 penumpang turun, atau naik sekitar 21 persen jika dibandingkan dengan angkutan nataru tahun sebelumnya. Adapun asal dan tujuan penumpang pada Pelabuhan Manokwari meliputi Sorong, Wasior, Numfor, Biak, Nabire, Serui, Oransbari, Saurokem.

Turut hadir dalam peninjauan, Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah IX , Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Manokwari, Kepala Kantor UPBU Rendani, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Manokwari, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Manokwari, Kepala Cabang PT. Pelni, General Manager PT. PELINDO Regional 4, dan unsur dari TNI dan POLRI.

Author: ekonugroho24
GO Ina

Bea Cukai fasilitasi pengiriman 900 paket parasut untuk Air Drop bantuan kemanusiaan yang dilakukan TNI melalui pesawat TNI AU di Gaza, Palestina

Details
April 12, 2024

Monitoring juga memastikan untuk meningkatkan kualitas layanan pendukung yang diberikan kepada penumpang dan pengguna bandara secara keseluruhan.

Details
April 9, 2024

Menjelang buka puasa, anak-anak binaan Yayasan Kumala mengikuti sosialisasi pemilahan sampah yang kemudian dilombakan secara berkelompok

Details
April 5, 2024

TIKI siap menjadi mitra pengiriman yang andal bagi seluruh masyarakat Indonesia yang merayakan Hari Raya Idul Fitri

Details
April 4, 2024

GENERAL NEWS