Friday, 30 December 2022
Jumlah Penumpang di Pelabuhan dan Bandara Manokwari Alami Lonjakan

Cargo Times | Papua - Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Novie Riyanto, Jumat (30/12) melakukan pemantauan monitoring dan evaluasi Angkutan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di Pelabuhan Manokwari dan Bandara Rendani, Manokwari, Papua. "Hasil pantauan di pelabuhan dan bandara tersebut menunjukkan jumlah penumpang mengalami lonjakan, namun pelayanan angkutan umum sampai hari ini masih tetap berjalan lancar, aman, dan terkendali, "ujar Sesjen Novie.

Di Bandara Rendani, terdapat tren peningkatan penumpang angkutan udara yang didominasi rute Manokwari menuju Sorong sebanyak 5 penerbangan per hari. Peningkatan jumlah penumpang pesawat udara di Bandar Udara Rendani meningkat sebanyak 20% dibandingkan dengan tahun 2021.

Lonjakan penumpang terjadi lantaran pada libur nataru tahun ini, penumpang dapat bepergian tanpa ada syarat tes PCR/Antigen seperti tahun sebelumnya. Sesjen Novie mengatakan, penerapan protokol kesehatan tetap dilaksanakan di Bandar Udara Rendani Manokwari.

“Pihak pengelola atau Unit Pelaksana Bandar Udara/UPBU Rendani telah berkoordinasi dengan maskapai untuk menyiagakan pesawat tambahan, guna mengantisipasi lonjakan penumpang,” tutur Novie.

Sementara itu, untuk mengantisipasi lonjakan penumpang kapal di Pelabuhan Manokwari, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas IV (KSOP) Manokwari, telah menyiagakan kapal sebanyak 18 unit kapal terdiri dari 7 unit kapal penumpang yang dioperasikan oleh PT. Pelni berukuran ± 14.000 GT; 9 unit Kapal Perintis berukuran 1000 - 2000 GT; dan 2 unit kapal swasta berukuran 250 - 500 GT. Jumlah kapal meningkat 6 % dari jumlah kapal pada angkutan nataru tahun sebelumnya.

Sedangkan, jumlah penumpang kapal pada tahun ini sebanyak 6.733 penumpang turun dan 9.164 penumpang turun, atau naik sekitar 21 persen jika dibandingkan dengan angkutan nataru tahun sebelumnya. Adapun asal dan tujuan penumpang pada Pelabuhan Manokwari meliputi Sorong, Wasior, Numfor, Biak, Nabire, Serui, Oransbari, Saurokem.

Turut hadir dalam peninjauan, Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah IX , Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Manokwari, Kepala Kantor UPBU Rendani, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Manokwari, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Manokwari, Kepala Cabang PT. Pelni, General Manager PT. PELINDO Regional 4, dan unsur dari TNI dan POLRI.

Author: ekonugroho24
GO Ina

Konser musik menjadi salah satu pagelaran hiburan yang selalu dinanti-nanti kalangan anak muda, sehingga TIKI berinisiatif meluncurkan program BATIK.

Details
January 12, 2023

Perayaan ini menjadi momentum menjalin persatuan antar karyawan, dan menghadirkan semangat untuk perubahan yang lebih baik lagi.

Details
January 12, 2023

Fokus koloborasi adalah pengiriman produk kepada konsumen secara langsung melalui rute penerbangan, operasional bandara, dan jaringan pos darat.

Details
January 4, 2023

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Maria Kristi Endah Murni mengatakan “Pada saat penandatangan, Kami berkomitmen awal tahun 2023 kegiatan angkutan udara perintis ini dapat beroperasi, dan alhamdulillah Korwil Dabo Singkep sudah memulainya. Korwil-korwil lain untuk segera mengoperasikan pelayanan perintisnya agar manfaatnya dapat langsung dirasakan oleh masyarakat.”

Details
January 2, 2023

GENERAL NEWS